on

Spesifikasi Nokia Lumia 930 dan Estimasi Harga

Nokia Lumia 930 dihadirkan oleh Microsoft sebagai pengganti dari Lumia 920 yang dinilai sudah mulai ketinggalan. Mengusung sistem operasi terbaru Windows Phone 8.1 smartphone ini diharapkan mampu mendongkrak sistem operasi buatan Microsoft tersebut. Selain WP 8.1 beberapa unggulan pada Nokia Lumia 930 termasuk prosesor quad-core dan kamera dengan sensor 20 MP.

Nokia Lumia 930 menggunakan desain yang aman, artinya dalam beberapa tahun kedepan modelnya tak bakal tampak kuno. Meski sudut-sudutnya tampak meruncing namun ternyata smartphone Nokia terbaru ini tetap nyaman digenggam. Dengan mengandalkan bahan aluminium dan lapisan Gorilla Glass 3 kesan premium pun mampu dipancarkan oleh desain Nokia Lumia 930.

Nokia Lumia 930 masuk Indonesia


Spesifikasi Nokia Lumia 930


Operating System Windows Phone 8.1
Form Factor Touch Screen
CPU 2.2 GHz , Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800, Krait 400 , Quad-Core
RAM 2 GB
SIM Card Type Nano SIM
SIM Type Single
Network Type GSM
3.5mm Jack Yes
Dimensions 137 x 71 x 9.8 mm
Weight 167 grams
Size 5 inches , 1920 X 1080 pixels
Type AMOLED Capacitive Touch Screen 16M Colors, Corning Gorilla Glass 3
Pixel Density 440.6 PPI
Card Slot no card slot
Internal Storage 32 GB
Bluetooth Yes
GPRS Yes
3G Yes
4G / LTE Yes
Radio Yes
WiFi Yes
USB microUSB version 2.0
NFC No
Primary 20 MP
Details 1/2.5'' sensor size, 1.12 µm Pixel Size, PureView Technology, Dual Capture, Geo-Tagging, Face Detection, Panorama
Secondary Camera 1.2 MP
HD Video Recording 1080p
Flash Light Yes
Auto Focus Yes
Battery Type BV-5QW , Non-Removable Lithium-Ion, 2420 mAh
Stand-By Time 2G: 432 hours
Talk Time 2G: 11.5 hours 3G: 15.5 hours


Diamati lebih teliti kentara sekali bagaimana Nokia yang meski namanya sudah tidak setenar beberapa tahun silam sangat memberikan perhatian terhadap hal-hal detil. Penempatan masing-masing tombol misalnya bukan sekedar semata-mata pertimbangan ergonomis atau fungsional namun juga estetika. Dalam hal ini Nokia Lumia 930 jauh lebih unggul dibandingkan Samsung Galaxy S5 ataupun Sony Xperia Z3.

Dua kompetitor yang mampu mengimbangi keunggulan Nokia Lumia 930 dalam hal detil hanya HTC One M8 dan tentu saja iPhone 6. Di luar itu smartphone merek lain langsung tampak murahan ketika diletakkan bersebelahan dengan Lumia 930.

Nokia Lumia 930 Indonesia

Untuk bagian layarnya Nokia menggunakan layar OLED dengan resolusi full HD dan kedalaman warna 440 ppi. Maka tak heran jika gambar dan huruf yang ditampilkan cukup tajam, demikian pula dengan warnanya yang natural.

Namun fitur unggulan Nokia Lumia 930 yang sesungguhnya adalah kamera dengan sensor 20 MP dan teknologi PureView yang menempatkan Nokia Lumia 930 jauh melewati HTC One M8 maupun Samsung Galaxy S5 di sektor kamera. Lebih-lebih kamera tersebut kini dilengkapi dengan dual LED flash yang memberi pencahayaan berimbang dalam kondisi gelap. LED flash pada kamera Nokia Lumia seri tertinggi ini juga perlu diapresiasi karena tidak seperti umumnya lampu flash yang meski memberi penerangan namun merusak kualitas foto. LED flash pada Nokia Lumia 930 seperti sudah disebut memberi cahaya berimbang yang tidak terlalu merusak kualitas foto namun tetap mampu memberi pencahayaan yang dibutuhkan.

Spesifikasi Harga Nokia Lumia 930

Pada kondisi ruangan dengan tingkat pencahayaan memadai image noise yang muncul pada foto nyaris tidak terdeteksi, namun tetap masih ada. Sementara pada kondisi pencahayaan yang minim gejala image noise mulai kelihatan namun tidak menganggu dan pastinya tetap lebih baik dibanding kamera smartphone lainnya.

Seperti biasa yang masih menjadi kekurangan dari kamera dengan teknologi PureView ini adalah ketidakmampuannya untuk mengambil foto dalam mode panoramic ataupun HDR karena memang sejauh ini belum ada perangkat lunak yang mampu mendukungnya.

Dengan sistem operasi yang baru tersedia dua aplikasi untuk mengoperasikan kamera Nokia Lumia 930 yaitu aplikasi dari Windows dan aplikasi dari Nokia. Nokia sendiri merekomendasikan aplikasi buatan Nokia karena sudah dirancang secara spesifik untuk kamera PureView.

Beberapa tahun lalu spesifikasi Nokia Lumia selalu tertinggal dibanding smartphone Android keluaran Samsung atau HTC. Namun kini tidak lagi demikian, smartphone flagship ini menggunakan prosesor quad-core 2.2 GHz dan RAM 2 GB yang menjadikannya setara dengan para kompetitor sekelas.

Spesifikasi Nokia Lumia 930

Harga Nokia Lumia 930

Harga Nokia Lumia 930

Harga Nokia Lumia 930 di Indonesia belum bisa disebut saat ini karena unitnya sendiri belum resmi masuk Indonesia, namun di situs resmi Microsoft smartphone Nokia terbaru ini dibanderol £405.00 tanpa kontrak atau jika dikonversi ke mata uang rupiah dengan nilai tukar saat ini setara Rp 7,9 juta.

Siapapun yang mengutamakan fleksibilitas dan jumlah aplikasi sudah pasti akan melirik Samsung Galaxy S5, LG G3 atau Sony Xperia Z3. Namun jujur saja di luar kelebihan ketiga smartphone tersebut yang utamanya dikarenakan sistem operasi Android tak satupun dari smartphone tersebut yang lebih baik ketimbang Nokia Lumia 930. Dan sama seperti para pengguna iPhone, mayoritas dari mereka yang sudah pernah menggunakan Nokia Lumia cenderung enggan berpindah ke sistem operasi lain meski dengan iming-iming aplikasi yang lebih beragam.