on

Spesifikasi dan Harga Oppo Neo 5 HP Android Quad-core 1 Juta-an

Oppo Neo 5 menjadi andalan pabrikan asal Cina tersebut untuk bersaing di kelas mid-low dengan kisaran harga Rp 1 juta-an. Setelah banyak konsumen mengakui keunggulan Oppo Find 7 maka tidaklah mengherankan jika banyak sorotan tertuju pada smartphone Oppo Neo 5. Konsumen tentu memiliki ekspektasi bahwa smartphone Oppo di kelas mid-low ini mampu menawarkan banyak keunggulan sebagaimana sudah terbukti pada smartphone Oppo Find 7 yang bermain di kelas high-end.

Oppo Neo 5 sudah pasti tak bisa begitu saja disetarakan dengan Oppo Find 7 karena harga dan kelas yang berbeda. Namun setidaknya sukses Oppo lewat Find 7 memberikan persepsi positif bagi merek Oppo sendiri berikut produk-produk buatannya. Build quality yang baik berikut performa layak setidaknya menjadi ekspektasi minimal calon konsumen terhadap Oppo Neo 5.

Harga Oppo Neo 5


Spesifikasi Oppo Neo 5 HP Android Quad-core

GENERAL 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 2100
4G Network LTE
SIM Yes
BODY Body dimension 132 x 65.8 x 9.2 mm (5.20 x 2.59 x 0.36 in)
Body weight 132.5 g (4.69 oz)
DISPLAY Display type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Display size 480 x 854 pixels, 4.5 inches (~218 ppi pixel density)
Multitouch Yes
- Color OS v1.4
SOUND Alert type Vibration, MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
MEMORY Internal memory 4 GB, 1 GB RAM
Card slot microSD, up to 32 GB
DATA GPRS ; EDGE Yes
Speed HSDPA 42 Mbps, HSUPA; LTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
USB microUSB v2.0, USB On-the-go
CAMERA Primary camera 5 MP, 2592 х 1944 pixels, LED flash
Features Geo-tagging, panorama, HDR
Video Yes
Secondary camera 2 MP
FEATURES OS Android OS, v4.3 (Jelly Bean)
Chipset Qualcomm Snapdragon 400
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
Sensors Accelerometer, proximity
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser HTML
Radio FM radio
GPS Yes, with A-GPS
Java Yes, via Java MIDP emulator
Colors Black
- MP4/H.263/H.264/FLAC player

– MP3/eAAC+/WAV player

– Organizer

– Document viewer

– Photo viewer/editor

– Voice memo/dial

– Predictive text input
BATTERY Li-Ion 1900 mAh battery
Stand-by
Talk time

Desain Oppo Neo 5 memang tak semenarik Oppo Find 7 dan jelas bukan pula salah satu yang terbaik di kelasnya dari sisi estetika, namun juga tidak terkategori buruk. Singkatnya dari sisi estetika, kualitas desain casing Oppo Neo 5 termasuk rata-rata. Bahkan dengan tambahan kontur pada beberapa bagian menjadikan casing Oppo Neo 5 terasa setara dengan ponsel Android kelas menengah. Pendekatan ini jelas lebih baik ketimbang HP Android Samsung Galaxy kelas low-end yang hanya mengandalkan casing plastik glossy tanpa sentuhan apapun.

Bagian tepi sama sekali tidak terasa licin meski material casing-nya hanya terbuat dari plastik. Lagi-lagi dalam hal ini Oppo mampu mengungguli Samsung Mobile. Layar berukuran 4.5 inch-nya sendiri tidak bisa disebut istimewa karena hanya menawarkan resolusi 480 x 854 pixels dengan kerapatan warna 220 ppi. Dari sini kentara bahwa dari sisi kualitas layar Oppo Neo 5 belum mampu menyamai kualitas Motorola Moto G dan Asus Zenfone 5. Meski demikian secara umum kualitasnya masih dalam kategori layak untuk ukuran smartphone Android di rentang harga Rp 1 juta-an dan tak cukup buruk untuk bisa disebut sebagai kelemahan Oppo Neo 5.

Jika memang Motorola Moto G dan Asus Zenfone 5 lebih baik dari Oppo Neo 5 lantas apa alasan orang perlu melirik smartphone buatan Oppo ini sebelum menjatuhkan pilihan? Jawabnya ada pada tampilan antar muka. Keunggulan Oppo Neo 5 dibanding dua kompetitornya itu adalah tampilan antar muka yang bukan saja menarik dari sisi estetika namun juga tidak memakan sumber daya berlebihan.
Bahkan prosesor quad-core Cortex A7 yang sebenarnya tidak terlalu istimewa dan hanya dibantu oleh RAM berkapasitas 1 GB pun sanggup menjalankan sistem operasi Android Jelly Bean berikut aplikasi di dalamnya dengan sangat mulus.

Kelebihan Kekurangan Oppo Neo 5

Walau demikian ada beberapa kelemahan pula di sektor ini. Salah satunya adalah widget kamera Oppo yang tidak bisa dihilangkan. Padahal kualitas foto yang dihasilkan dengan aplikasi ini jauh lebih buruk dari aplikasi serupa bawaan Android Jelly Bean. Ukuran widget-nya sendiri cukup besar sehingga lumayan mengkonsumsi memori.

Kapasitas internal memori yang disediakan juga relatif terbatas yaitu 4 GB dan tentu masih dikurangi oleh sistem serta aplikasi bawaan. Untungnya tersedia slot microSD untuk memori eksternal meski maksimal kapasitasnya hanya 32 GB.

Masuk ke sektor kamera secara mengejutkan kamera Oppo Neo 5 mampu menghasilkan foto dengan kualitas detil dan reproduksi warna yang sangat baik untuk ukuran smartphone kelas mid-low. Bahkan pada siang hari dengan kondisi pencahayan memadai kualitas foto yang dihasilkan setara dengan HP Android lain yang harganya dua kali lipat dari harga Oppo Neo 5.

Spesifikasi Oppo Neo 5

Pengalaman Oppo Neo 5

Harga Oppo Neo 5 HP Android Quad-core

Bandingkan Harga Oppo Neo 5 dan Motorola Moto G
Oppo Neo 5 Motorola Moto G
Harga Oppo Neo 5 Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5?
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Harga Oppo Neo 5 ada di kisran Rp 1,8 juta-an, seperti sudah disebut bahwa pemain kuat di kisaran harga ini adalah Motorola Moto G dan Asus Zenfone 5. Di atas kertas Oppo Neo 5 unggul karena sudah mendukung koneksi 4G/LTE. Namun berdasar pengalaman para pengguna di negara-negara yang sudah jamak menyediakan koneksi 4G/LTE ternyata kecepatan transfer data Oppo Neo 5 tidak maksimal, bahkan hanya berselisih sedikit dibanding 3G.

Keunggulan utama Oppo Neo 5 terletak pada kamera, tentu pada kondisi pencahayaan memadai. Bagi Anda yang biasa bergonta-ganti HP setiap tahun mungkin ponsel Oppo di kelas mid-low ini takkan menarik perhatian. Namun bagi Anda yang sudah dua tahun atau lebih belum berganti ponsel dan sedang mempertimbangkan ponsel dengan harga kurang dari Rp 2 juta rasa-rasanya Oppo Neo 5 takkan mengecewakan.