on

Pilih Sony Xperia C3 atau Sony Xperia T2 Ultra?

Sony Xperia C3 selama ini lebih dikenal dikalangan para maniak foto selfie sehingga kurang diminati oleh kelompok usia mapan. Karena alasan yang sama pula maka perbandingan Sony Xperia C3 selama ini hanya dilakukan dengan sesama ponsel selfie. Padahal ada begitu banyak hal yang ditawarkan oleh ponsel Android terbaru Sony Mobile ini selain fitur pendukung kegiatan selfie.

Sony Xperia C3 sendiri dibanderol di kisaran harga yang sama dengan Sony Xperia T2 Ultra, phablet Android yang cukup banyak diminati oleh kelompok usia mapan karena kemampuannya mendukung produktivitas kerja. Dalam beberapa hal Sony Xperia C3 yang lebih baru dibanding T2 Ultra sanggup menggantikan fungsi Sony Xperia T2 Ultra. Karena itu pada artikel kali ini kami mencoba membandingkan keduanya sebagai pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan untuk membeli Sony Xperia C3 atau Sony Xperia T2 Ultra.

Perbandingan Spesifikasi Sony Xperia C3 dan Sony Xperia T2 Ultra

Perbandingan Spesifikasi Sony Xperia C3 dan Sony Xperia T2 Ultra


Perbandingan Spesifikasi Sony Xperia C3 dan Sony Xperia T2 Ultra

Perbedaan antara spesifikasi Sony Xperia C3 dan Sony Xperia T2 Ultra sebenarnya tidak signifikan. Kedua ponsel Android Sony ini sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 400 dan GPU Adreno 305. Bedanya jika kecepatan prosesor Sony Xperia C3 dipatok pada 1.2 Ghz, Sony Xperia T2 Ultra sedikit lebih tinggi yaitu 1.4 GHz. Sedangkan di sektor RAM dan kapasitas media penyimpanan lagi-lagi keduanya dilengkapi dengan RAM 1 GB dan internal memori 8 GB yang bisa ditambahkan eksternal memori hingga kapasitas 32 GB.

Meski di atas kertas Sony Xperia T2 Ultra tampak lebih unggul namun saat digunakan perbedaan performa antara keduanya tak terlalu kentara.

Masuk ke kualitas layar baru mulai kentara perbedaan antara keduanya. Memang layar Sony Xperia T2 Ultra yang memiliki ukuran 6 inch sekilas tampak membuatnya unggul atas Sony Xperia C3. Namun jika dilihat lebih dalam maka akan terlihat bahwa meski layar Sony Xperia C3 hanya 5.5 inch namun tingkat kedalaman warnanya lebih tinggi jika dibandingkan layar Sony Xperia T2 Ultra. Hasilnya kualitas warna serta gambar yang dihasilkan oleh layar Sony Xperia C3 pun lebih baik jika dibanding Sony Xperia T2 Ultra.

Lagi-lagi perbedaan keduanya tampak pada perbandingan kamera. Sony Xperia C3 sebagaimana diketahui mengusung kamera depan 5 MP dengan dukungan LED flash, sementara kamera depan Sony Xperia T2 Ultra hanya 1.1 MP itupun tanpa LED flash. Namun untuk kamera belakang Sony Xperia T2 Ultra menawarkan kamera dengan sensor 13 MP yang didukung autofocus serta LED flash. D pihak lain Sony Xperia C3 hanya dlengkapi kamera belakang dengan sensor 8 MP.

Di sektor baterai meski daya tahan keduanya berimbang namun pemilik Sony Xperia C3 diuntungkan oleh baterai yang bisa diganti. Sementara baterai pada Sony Xperia T2 Ultra tak bisa diganti, sehingga saat baterainya tak lagi sanggup menyimpan daya maka berakhir pula riwayat Sony Xperia T2 Ultra.

Perbandingan Harga Sony Xperia C3 dan Sony Xperia T2 Ultra

Cek Harga Sony Xperia C3 dan Sony Xperia T2 Ultra
Sony Xperia C3 Sony Xperia T2 Ultra
Sony Xperia Z3 Compact Sony Xperia Z3
Sony Xperia Z2 beli sekarang

Soal harga memang cukup variatif karena setiap retailer memiliki sedikit perbedaan dalam menetapkan harga. Namun dari kisarannya harga Sony Xperia C3 saat ini dibanderol Rp 3,8 juta-an untuk tipe dual SIM dan Rp 3,7 juta untuk single SIM. Sementara harga Sony Xperia T2 Ultra sedikit lebih murah yaitu Rp 3,6 juta untuk dual SIM dan Rp 3,5 juta untuk single SIM.

Pada dasarnya ada demikian banyak kesamaan antara Sony Xperia C3 dan Sony Xperia T2 Ultra, termasuk dalam build quality serta desainnya. Meski demikian beberapa fitur seperti kamera jelas-jelas saling trade-off satu sama lain. Karena itu sebelum menentukan mana yang akan dibeli Anda harus masak-masak mempertimbangkan kira-kira mana yang lebih penting bagi Anda. Apakah kamera depan dengan resolusi tinggi namun kompensasinya kamera belakang hanya 5 MP, atau sebaliknya lebih penting kamera belakang 13 MP namun kamera depan sekedar layak untuk video chatting.