on

Apple Berencana Hentikan Produksi iPad Mini

iPad Mini yang saat ini sudah memasuki generasi ketiga rupa-rupanya segera akan diakhiri daur hidupnya oleh perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS tersebut. Semakin ketatnya persaingan di industri Tablet membuat Apple berniat memfokuskan diri pada kompetensi intinya di industri komputer terutama lewat lini produk MacBook. Tanda-tanda ini sebelumnya sudah sempat diprediksi oleh beberapa pengamat pasar meski kala itu mayoritas konsumen Apple sendiri tidak terlalu meyakininya.

Meski besar kemungkinan produksi iPad Mini takkan berlanjut namun bukan berarti bahwa Apple bakal sepenuhnya menarik diri dari industri Tablet. Perusahaan itu tetap akan memproduksi tablet hanya saja lewat lebih sedikit produk dan dengan diferensiasi yang lebih jelas. Keputusan untuk tidak sepenuhnya menarik dari dari industri tablet tersebut dengan pertimbangan bahwa hingga saat ini iPad masih mampu memberi keuntungan penjualan bagi Apple meski jumlahnya sendiri menurun drastis. Sedangkan dari profit yang merosot itu sendiri seri iPad Mini hanya menyumbangkan sekitar 5% dari total laba yang diperoleh Apple di industri tersebut.

iPad Mini Dibunuh


Sebelumnya Apple banyak mendapat kritik saat merilis iPad Mini 3 karena tidak ada perubahan serta perbedaan berarti antara iPad Mini 2 dengan iPad Mini 3. Kritik itu tentu saja dilayangkan sebelum terkuak kabar bahwa perolehan laba iPad Mini yang merosot drastis merupakan biang masalahnya.

Sebagai kompensasi berakhirnya produksi iPad Mini nantinya perusahaan tersebut bakal memperkuat lini produk iPad Air yang rumornya akan ditandai dengan lahirnya iPad Air Plus pada pertengahan tahun depan. iPad Air Plus sendiri konon merupakan versi yang lebih tipis dari iPad Air. Prosesor yang bakal diusung oleh iPad Air Plus sejauh ini diyakini merupakan prosesor A8X yang saat ini digunakan oleh iPad Air 2.

Selain iPad Air Plus perusahaan tersebut juga akan merilis MacBook terbaru serta prosesor A9 di tahun yang sama.

Untuk MacBook Air sendiri spekulasi yang beredar saat ini menyebutkan bahwa laptop ringan keluaran Apple tersebut akan dilengkapi dengan USB tipe C, layar 12 inch dan hadir dalam pilihan warna grey, gold dan silver.

Benar atau tidaknya berbagai rumor serta spekulasi seputar produk terbaru Apple tahun 2015 termasuk iPad Air Plus masih belum dikonfirmasi secara resmi oleh Apple. Namun demikian beberapa sumber yang memberitakan spekulasi tersebut meski bukan sumber resmi namun kredibilitasnya selama ini cukup diakui dan relatif akurat.

Sumber 1, Sumber 2