on

HP Android KitKat ZTE Blade Vec: Penantang Serius di Kelas Mid-low

HP Android KitKat ZTE Blade Vec memperketat persaingan di segmen mid-low yang saat ini disesaki oleh begitu banyak pemain unggulan seperti smartphone Asus Zenfone 5, smartphone Xiaomi Mi3 dan Motorola Moto G 5 inch (Gen.2). Pihak yang paling diuntungkan dari makin ketatnya kompetisi tentu saja adalah konsumen. Namun apa sebenarnya yang membuat pabrikan asal Cina tersebut percaya diri merilis ZTE Blade Vec di pasar yang sudah sesak oleh kompetitor ini?

Spesifikasi HP Android KitKat ZTE Blade Vec

HP Android KitKat ZTE Blade Vec mengusung layar 5 inch seperti para kompetitor dengan resolusi 1280 x 720 pixels dan menghasilkan kerapatan warna 294 pixels. Dari sini bisa dilihat bahwa kualitas layar smartphone ZTE ini setara dengan Asus Zenfone 5 dan Motorola Moto G meski masih kalah dari Xiaomi Mi3 yang menawarkan resolusi Full HD dengan kerapatan 441 ppi. Motorola Moto G sebelumnya diakui sebagai ponsel dengan tingkat brightness terbaik di kelasnya, namun ternyata ZTE mampu mengungguli lewat ZTE Blade Vec.

Keunggulan HP Android KitKat ZTE Blade Vec


General 2G Network GSM 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 900 / 2100
SIM Micro-SIM
Body Dimensi 139.3 x 69.8 x 7.8 mm (5.48 x 2.75 x 0.31 in)
Berat -
Display Type TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Size 720 x 1280 pixels, 5.0 inches (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Sound Alert Type Vibration; MP3, WAV ringtones
Multitouch Yes
3.5mm Jack Yes
Memori Card Slot microSD, up to 32 GB
Internal 8 GB, 1 GB RAM
Data GPRS Yes
EDGE Yes
Speed HSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
USB microUSB v2.0
Kamera Primary 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection
Video 1080p@30fps
Secondary 5 MP
Fitur OS Android OS, v4.4.2 (KitKat)
Chipset Mediatek MT6582
CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400MP2
Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5
Radio FM radio
GPS Yes, with A-GPS
Java Yes, via Java MIDP emulator
Colors Black
- Active noise cancellation with dedicated mic

– MP4/H.264/H.263 player

– MP3/WAV/eAAC+ player

– Organizer

– Document viewer

– Photo viewer/editor

– Voice memo/dial

– Predictive text input
Battery Li-Ion 2300 mAh battery

Hal berikutnya yang menjadi keunggulan HP Android KitKat ZTE Blade Vec ini adalah dua kamera di bagian belakang dan bagian depan yang masing-masing menawarkan sensor 8 MP dan 5 MP didukung oleh mode Panorama dan HDR. Sama seperti kamera smartphone kelas menengah lainnya kedua kamera pada ZTE Blade Vec ini memiliki autofocus yang lambat namun kualitas foto yang dihasilkan sendiri relatif baik dalam hal detil maupun reproduksi warna.

Meski sudah banyak HP Android dual SIM dari pabrikan lain namun sistem dual SIM pada ZTE Blade Vec sedikit berbeda dari kebanyakan ponsel Android sekelasnya. Smartphone ZTE ini menyediakan dua kompartemen untuk meletakkan keping SIM dimana kompartemen pertama dimaksudkan untuk koneksi HSPA berkecepatan tinggi, sementara kompartemen kedua dikhususkan untuk SMS dan telepon serta hanya mendukung jaringan 2G.

Pemilik tak perlu khawatir akan dibuat bingung oleh pemisahan ini, sebab ZTE sudah menyertakan perangkat lunak yang bertugas untuk secara otomatis mengatur kartu SIM mana yang hendak digunakan untuk melakukan penggilan dan SMS serta kartu SIM mana yang digunakan untuk melakukan transfer data (internet). Satu-satunya yang perlu diperhatikan oleh pemilik adalah meletakkan masing-masing kartu SIM pada kompartemen yang tepat.

Harga HP Android KitKat ZTE Blade Vec

Sistem operasi yang dijalankan pada ZTE Blade Vec sendiri adalah Android 4.4 KitKat. Di sektor ini kelemahan ZTE Blade Vec yang muncul seperti halnya dengan smartphone ZTE lainnya adalah inkonsistensi pihak pabrikan dalam mengatur layout sehingga seringkali terasa tidak efisien dalam pengoperasiannya.

Memastikan sistem operasi dan berbagai aplikasi dijalankan dengan lancar pihak pabrikan menempatkan prosesor quad-core 1.3 GHz Cortex A7 didampingi RAM dengan kapasitas 1 GB. Secara keseluruhan aplikasi berjalan dengan lancar meski sama seperti umumnya ponsel Android kelas menengah tetap ada gejala loading yang cukup lama dan penurunan performa yang tak bisa diabaikan kala melakukan multitasking. Selain itu kelemahan lain dari ZTE Blade Vec adalah belum adanya dukungan terhadap eksternal memori tipe microSDXC yang artinya kapasitas maksimal eksternal memori yang bisa dibaca adalah 32 GB. Pada sisi lain kapasitas internal memorinya sebesar 8 GB rasanya cukup standar untuk ukuran ponsel kelas menengah masa kini.

Spesifikasi HP Android KitKat ZTE Blade Vec

Kelebihan dan Kekurangan HP Android KitKat ZTE Blade Vec

Harga HP Android KitKat ZTE Blade Vec

Cek Harga HP ZTE Android
ZTE Kis 3 Max ZTE Nubia Z5s Mini
ZTE Blade Vec ZTE Nubia Z5s Mini
Sony Xperia Z2 beli sekarang

Harga HP Android KiKat ZTE Blade Vec dibanderol kurang dari Rp 3 juta-an dan seperti sudah disebut bahwa di kelas ini terdapat beberapa pemain kuat yaitu smartphone Xiaomi Mi3, Asus Zenfone 5 dan Motorola Moto G. Seperti halnya di kelas low-end smartphone Xiaomi menjadi unggulan di kelasnya, sayang proses kepemilikannya yang tidak mudah sering membuat calon konsumen berpaling ke alternatif lain.


Cek Harga HP Asus Zenfone 5 dan Motorola Moto G
Asus Zenfone 5 Motorola Moto G
Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5? Pilih Motorola Moto G atau Asus Zenfone 5?
Sony Xperia Z2 beli sekarang


ZTE Blade Vec sendiri bukanlah yang terbaik di kelasnya, kentara sekali bahwa demi mengedepankan fitur kamera dan layar pabrikan asal Cina itu memotong kualitas di sektor lain seperti desain dan material casing. Namun demikian tak bisa dikesampingkan bahwa keunggulan HP Android KitKat ZTE Blade Vec di sektor kamera mampu menjadikan ZTE Blade Vec sebagai salah satu penantang serius di kelas mid-low.