on

Spesifikasi iPad Mini 3 dan Estimasi Harga

iPad Mini 3 bersama dengan iPad Air 2 diperkenalkan oleh Apple di Cupertino beberapa waktu lalu. Selain tambahan fitur berupa pemindai sidik jari serta pilihan internal memori yang lebih beragam sekilas tampak banyak kesamaan antara iPad Mini 3 dengan iPad Mini 2. Pemilik iPad Mini 2 pun menjadi bertanya-tanya, sepadankah jumlah uang yang mereka keluarkan jika hendak mengganti iPad Mini 2 yang sudah dimiliki dengan penerusnya itu?

iPad Mini 3 dari sisi desainnya sendiri sangat identik dengan pendahulunya, kecuali fakta bahwa kini tersedia pilihan warna emas. Dimensinya sendiri tak banyak berubah, namun tentu sangat wajar mengingat dimensi iPad Mini 2 saja sudah sangat kompak untuk ukuran sebuah tablet. Justru akan menjadi aneh jika Apple mencoba merampingkan iPad Mini 3 karena nantinya takkan banyak berbeda dengan iPhone 6 Plus.

Perbedaan iPad Mini 3 dan iPad Mini 2


Desain dan Spesifikasi iPad Mini 3

  • 7.9-inches
  • 2048 x 1536 (326ppi)
  • 331 grams
  • iOS 8.1
  • 1.2-megapixel
  • 5-megapixel
  • A7 processor
  • 1GB RAM
  • 16GB, 64GB, 128GB
  • Yes (in cellular model)
  • Touch ID

iPad Mini 3 tetaplah sebuah tablet yang ringan dan tipis sebagaimana pendahulunya. Oleh karena ukuran yang kompak ini Anda masih bisa mengoperasikannya dengan satu tangan tanpa bobotnya membuat kerepotan atau bahkan lelah, selain itu saat dimasukkan ke dalam tas pun takkan banyak memakan ruang. Mengenai pilihan warna baru yaitu emas (gold) yang ditawarkan pada iPad Mini 3 pun pendapat konsumen terpecah, beberapa memberikan apresiasi sementara beberapa sisanya justru menganggap estetikanya ternodai.

Di sektor layar nyaris tak ada perubahan, layar yang diusungnya masih berukuran 7.9 inch sebagaimana iPad Mini 2. Meski faktanya kualitas layar ini sangat baik namun bagaimanapun banyak orang bakal merasa kecewa karena dianggap tak ada perubahan signifikan dibanding generasi sebelumnya.
Sebelumnya lewat iPad Mini 2 perusahaan asal Cupertino, AS itu membuat terobosan dengan menghadirkan layar super tipis yang berakibat pada minimnya refleksi serta meningkatkan ketajaman layar sendiri. Kini bisa dibilang tak ada revolusi atau pun evolusi dari iPad Mini 2 ke iPad Mini 3 di sektor layar.

Bagaimanapun dengan kedalaman warna 326 ppi menonton video atau foto bakal terasa optimal dengan layar iPad Mini 3. Selain viewing angle-nya luas juga tingkat brightness layar ini sangat memadai untuk membuatnya tetap mudah terbaca di luar ruangan.

Spesifikasi iPad Mini 3

Sejauh ini tidak ada perbedaan antara iPad Mini 3 dengan iPad Mini 2. Lantas apa maksud Apple merilis generasi ketiga dari iPad Mini ini? Perubahan terbesar dari iPad Mini 3 seperti sudah disinggung di awal adalah keberadaan pemindai sidik jari sebagaimana diketemukan pada iPhone 5s dan iPhone 6. Tentu saja untuk sebuah tablet manfaatnya tak sebesar pada smartphone.

Perubahan lain yang terdengar sepele namun justru terasa penting adalah pilihan internal memori yang lebih beragam. Mengingat bahwa iPad Mini 3 tidak menawarkan opsi untuk menggunakan memori eksternal maka jelas menentukan kapasitas internal memori di awal bakal menjadi sebuah keputusan yang berdampak seumur pakai tablet itu sendiri. Sementara pendahulunya hanya menawarkan pilihan 16 GB dan 32 GB, kali ini iPad Mini 3 tersedia dalam opsi 16 GB, 64 GB dan 128 GB.

Sama halnya dengan kedua generasi sebelumnya iPad Mini 3 tersedia dalam versi selular dimana Anda bisa menempatkan SIM card di dalam tablet dan juga versi yang hanya dilengkapi dengan modul Wi-Fi saja. Sayang sama seperti generasi sebelumnya iPad Mini 3 baru menyediakan dukungan Wi-Fi 802.11n dan bukan 802.11ac sebagaimana diharapkan oleh banyak calon konsumen selama ini.

Di sektor performa tak ada perbedaan antara iPad Mini 2 dan iPad Mini 3 mengingat keduanya mengusung konfigurasi hardware yang identik. Dan lagi-lagi kamera kedua generasi iPad Mini ini pun juga sama persis alias tak ada perubahan.

Harga iPad Mini 3

iPad Mini 3
iPad Mini 3
beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Harga iPad Mini 3 menurut situs resmi Apple saat ini dibanderol mulai £319 untuk versi Wi-Fi dengan memori internal berkapasitas 16 GB, sementara harga iPad Mini 2 dengan spesifikasi sama sendiri dibanderol mulai £239. Hanya karena tambahan fitur pemindai sidik jari keduanya berselisih harga £80 atau setara Rp 1.545.440 layak atau tidakkah silakan Anda menilai sendiri. Bagi kami untuk saat ini memiliki iPad Mini 2 terasa lebih masuk akal ketimbang membeli iPad Mini 3, lebih-lebih jika Anda sudah memiliki iPad Mini generasi kedua tersebut.