on

Komparasi Smartphone Android Kelas High-end Harga Terjangkau Meizu MX4 vs. Meizu MX4 Pro

Komparasi Meizu MX4 vs. Meizu MX4 Pro berikut mencoba memberikan panduan bagi pembaca yang masih bingung memilih antara kedua ponsel Android kelas high-end terbaru buatan Meizu tersebut. Sama halnya dengan Xiaomi, Meizu berhasil melepaskan diri dari persaingan berdarah-darah (red ocean) di industri ponsel dalam negeri (Cina) maupun global dengan menghadirkan ponsel Android murah berkualitas tinggi. Berbekal kesuksesan dan rasa percaya diri itulah Meizu menghadirkan dua smartphone Android murah di kelas high-end hanya dalam selisih waktu empat bulan.

Memilih antara Meizu MX4 vs. Meizu MX4 Pro bagi sebagian konsumen bukan perkara gampang. Karena pengambilan keputusan tersebut tak semata-mata didasarkan pada spesifikasi di atas kertas namun diimplementasikan juga dalam kebutuhan harian serta ketersediaan dana yang diagihkan. Berikut adalah panduan singkat perbandingan atau komparasi Meizu MX4 vs. Meizu MX4 Pro.

Komparasi Meizu MX4 vs. Meizu MX4 Pro


Komparasi Desain & Spesifikasi Meizu MX4 vs. Meizu MX4 Pro

Desain yang diusung oleh kedua ponsel Android Meizu ini tampak begitu identik satu sama lain. Keduanya juga sama-sama mengusung perpaduan material aluminium dengan faux leather berikut finishing yang sangat rapi. Dimensi Meizu MX4 Pro yang mengusung layar lebih besar tentu sedikit lebih besar pula dibanding dimensi Meizu MX4. Namun dengan perbandingan 150.1 x 77 x 9 mm vs. 144 x 75.2 x 8.9 mm perbedaan itu tak terlalu terasa. Hal yang sama juga berlaku pada selisih bobot keduanya dimana Meizu MX4 Pro memiliki bobot 158 gram sedangkan Meizu MX4 147 gram.

Layar IPS LCD pada Meizu MX4 memiliki ukuran 5.36 inch dengan resolusi 1920 x 1152 pixels, sedangkan pada Meizu MX4 Pro layarnya sedikit lebih besar yaitu 5.5 inch dengan resolusi 2560 x 1536 pixels.
Meski sama-sama mengusung prosesor octa-core namun chipset yang digunakan kedua ponsel tersebut sama sekali berbeda. Pada Meizu MX4 pabrikan asal Cina itu masih menggunakan chipset yang umum digunakan oleh ponsel Android Cina lainnya yaitu MediaTek M695 dengan GPU PowerVR G6200 MP4. Sedangkan Meizu MX4 Pro yang dibanderol sedikit lebih mahal dan dirilis belakangan sudah menggunakan chipset besutan Samsung Mobile yaiu Exynos 5430 dengan dukungan GPU Mali T628.

Untuk mendukung kebutuhan sumber daya yang lebih besar akibat layar dengan resolusi lebih tinggi maka Meizu MX4 Pro dilengkapi dengan baterai berdaya 3350 mAh dimana Meizu MX4 mengusung baterai 3100 mAh.

Sedangkan pada fitur kamera meski keduanya mengandalkan kamera utama yang identik yaitu kamera dengan sensor 20.7 MP buatan Sony namun pada bagian depan Meizu MX4 menggunakan kamera 2 MP sementara Meizu MX4 Pro 5 MP.

Komparasi Harga Meizu MX4 vs. Meizu MX4 Pro

Komparasi Harga Meizu MX4 vs. Meizu MX4 Pro

Point terakhir dalam komparasi Meizu MX4 vs. Meizu MX4 Pro seperti biasa tentu saja adalah soal harga. Dan sebagaimana bisa ditebak bahwa harga Meizu MX4 Pro yang mengusung beberapa keunggulan dibanding Meizu MX4 dibanderol lebih mahal dibanding Meizu MX4. Harga Meizu MX4 Pro saat ini di kisaran 2,499 Yuan ($406), sedangkan harga Meizu MX4 dibanderol sedikit lebih murah yaitu 1,799 Yuan ($292).