on

Spesifikasi dan Harga Meizu MX4 Smartphone Android Octa-core Harga Terjangkau

Meizu MX4 Smartphone Android Octa-core harga terjangkau menjadi salah satu bukti kemajuan produsen ponsel asal Cina yang banyak mengalami peningkatan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Nama-nama seperti Meizu, OnePlus, Xiaomi, Oppo, Huawei dan ZTE seolah mengubah persepsi konsumen terhadap produk ponsel dari Cina yang sebelumnya identik dengan kendali mutu yang meragukan. Kini perusahaan-perusahaan tersebut bukan saja hampir setara dengan Samsung dan HTC dari sisi kualitas namun bahkan mampu menekan ongkos produksi hingga harga jualnya jauh lebih murah dibanding para kompetitor dari merek mapan tersebut.

Meizu MX4 meski bukan merupakan produk pertama Meizu namun adalah produk pertama yang menempatkannya diakui sebagai salah satu pemain dominan di industri ponsel. Sejak dirilis pertama kali pada bulan September 2014 lalu, Meizu MX4 segera menjadi buah pembicaraan bukan saja di pasar dalam negeri namun juga di pasar Eropa, Amerika serta negara-negara lain di kawasan Asia. Seperti apakah sebenarnya kehebatan smartphone Android Meizu MX4?

Harga Meizu MX4


Spesifikasi Meizu MX4 Smartphone Android Harga Terjangkau

Model Meizu MX4
Color Black / White
Operating System Flyme 4.0 base on Android 4.4 OS
Network GSM, WCDMA (HSUPA, HSDPA), 4G LTE FDD
Band GSM 850/900/1800/1900MHz WCDMA 850/900/1900/2100MHz FDD-LTE 1800/2100/2600MHz
Carrier Unlocked
Screen 5.36 inch, Full HD+ Sharp Screen (1920x1152 pixels)
Processor CPU: 2.2GHz MediaTek MT6595 octa-core processor, GPU: PowerVR G6200, 600MHz
RAM 2GB
ROM 16GB / 32GB / 64GB
Rear Camera 20.7-megapixel SONY IMX220 Exmor RS camera, F/2.2, 1/2.3 inch lens, 25 shoot/sec
Front Camera 2-megapixel, SONY IMX208 camera
Battery 3100mAh
SIM Card micro SIM card slot (Single SIM card slot)
Dimension 144 x 75.2 x 8.9mm
Weight 147g

Spesifikasi memang bukan satu-satunya poin dalam menentukan kecanggihan sebuah ponsel ataupun menetapkan harganya. Namun sejauh ini spesifikasi sebuah smartphone “dipersepsi” oleh konsumen di emerging markets sebagai komponen yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam menentukan kualitas serta harga sebuah produk smartphone.
Dan di sinilah produsen-produsen ponsel asal Cina sangat jeli menangkap pola perilaku konsumen yang seperti itu dengan cara memproduksi ponsel dengan spesifikasi sekelas produk buatan produsen terkenal dan membanderol dengan harga lebih murah. Solusi jitu tersebut telah terbukti sukses membuat cukup banyak konsumen beralih dari merek mapan ke ponsel buatan Cina karena dianggap lebih masuk akal dari sisi ekonomis.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Meizu ketika membesut Meizu MX4. Spesifikasi Meizu MX4 dengan mengusung prosesor octa-core seketika membuat konsumen terheran-heran bagaimana harga smartphone Android octa-core bisa semurah itu? Rahasianya terletak pada chipset MediaTek. Selama ini merek-merek mapan mengandalkan chispet Qualcomm atau Exynos, sementara ponsel Android Cina mengandalkan chipset MediaTek yang lebih murah. Meski demikian pada produk terbarunya yaitu Meizu MX4 Pro, pabrikan ini pun sudah menggunakan chipset Exynos.

Meizu MX4 di Indonesia

Di luar penghematan pada chipset bagaimanapun Meizu MX4 layar disejajarkan dengan smarpthone model flagship dari merek-merek terkenal. Tengok saja misalnya fitur kamera yang bukan sekedar mengandalkan megapixel tinggi namun juga menggunakan sensor buatan Sony, tepatnya Sony Exmor RS sebagaimana digunakan pula oleh Sony Xperia Z3 yang harganya jauh lebih mahal dibanding Meizu MX4.

Kualitas Kamera Meizu MX4

Meizu tampaknya ingin memadupadankan kelebihan dari ponsel high-end buatan produsen-produsen ternama. Jika pada kamera perusahaan asal Cina itu mencoba mengadopsi keunggulan kamera pada Sony Xperia Z3, sementara untuk layarnya Meizu MX4 mengadopsi layar Super AMOLED seperti yang digunakan oleh lini produk Samsung Galaxy di kelas high-end. Namun pada sisi lain Meizu juga tak ingin mengadopsi begitu saja, selama ini kelemahan layar Super AMOLED terletak pada reproduksi warna yang tidak natural seperti yang mampu ditampilkan oleh layar IPS LCD, lebih-lebih untuk warna hitam. Sadar akan kelemahan ini maka Meizu memodifikasi sehingga tampilan layar Super AMOLED lebih natural dan lebih pekat dibandingkan Samsung Galaxy. Meski tentu masih belum bisa disejajarkan dengan IPS LCD.

Build quality-nya sendiri sangat solid, sama halnya dengan Meizu MX4 Pro yang sudah pernah diulas beberapa waktu lalu.

Untuk performa kecepatannya sendiri meski nama MediaTek T6595 tak setenar Qualcomm Snapdragon 801 namun ternyata kecepatan keduanya cukup berimbang. Bahkan meski MediaTek T6595 ini dibebani oleh resolusi layar 1920 x 1152 pixels yang jauh lebih tinggi dari rata-rata smartphone buatan merek ternama yang menggunakan Snapdragon 801 dan hanya dibebani oleh resolusi layar 1920 x 1080 namun aplikasi-aplikasi kompleks bisa berjalan dengan lancar atau bahkan dalam beberapa kasus justru lebih baik jika dibandingan smartphone yang menggunakan Qualcomm 801.

Fakta bahwa prosesor Meizu MX4 hanya didampingi oleh RAM sebesar 2 GB dan bukannya 3 GB seperti para kompetitor tidak menjadikan performa smartphone Android Meizu ini kalah dibanding kompetitor. Bahkan jika dibandingkan sesama ponsel flagship dari produsen asal Cina lainnya seperti Xiaomi Mi4 dan OnePlus One, performa kecepatan Meizu MX4 jauh lebih unggul atas kedua rival senegaranya itu.

Namun pada sisi lain muncul kelemahan Meizu MX4 yang dimiliki juga oleh Xiaomi Mi4, OnePlus One dan ponsel Android buatan Cina lainnya ketika melakukan multitasking. Sama seperti Meizu MX4 Pro, kemungkinan besar masalah ini terjadi pada kualitas perakitan komponen dan bukan spesifikasi atau komponennya sendiri. Di sini terlihat bagaimana dalam hal kualitas perakitan ponsel buatan Cina masih kalah dari kompetitornya yang berasal dari AS, Jepang, Korea dan bahkan tetangganya: Taiwan.

Spesifikasi Meizu MX4

Harga Meizu MX4 Smartphone Android Octa-core Harga Terjangkau


Harga Meizu MX4
Hitam
Harga Meizu MX5
Jual Meizu MX5

Harga Meizu MX4 yang kini sudah dijual secara global dibanderol mulai dari kisaran $379. Harga tersebut sudah pasti merupakan penawaran yang terlalu sayang dilewatkan bukan semata-mata karena spesifikasinya namun juga build quality serta fitur yang diusung oleh Meizu MX4 seperti kamera dengan sensor Sony Exmor RS, Dirac HD audio dan beberapa lainnya.