on

Perbandingan Blackberry Passport vs. Blackberry Classic

Perbandingan Blackberry Passport vs. Blackberry Classic berikut mencoba untuk memberikan panduan bagi para calon pembeli smartphone Blackberry. Sebagaimana diketahui bahwa setelah cukup sukses meredefinisi mereknya dan merilis Blackberry Passport, perusahaan asal Kanada itu makin percaya diri dengan jati dirinya yang diwujudkan lewat hadirnya Blackberry Classic. Dengan mengusung desain khas Blackberry Bold, smartphone Blackberry terbaru ini menjanjikan pengalaman dan optimasi yang lebih baik lewat sistem operasi Blackberry 10.

Perbandingan Blackberry Passport vs. Blackberry Classic di mata kelompok usia muda atau mereka yang lebih banyak menjadikan smartphone sebagai perangkat hiburan pribadi mungkin dianggap tidak penting. Namun seperti sudah pernah disinggung pada review Blackberry Passport beberapa waktu lalu bahwa redefinisi dan penemuan jati diri kembali Blackberry mendapat apresiasi tinggi dari kalangan profesional yang memang merupakan pangsa pasar utama dari perusahaan Kanada tersebut. Berikut adalah perbandingan Blackberry Passport vs. Blackberry Classic.

Perbandingan Blackberry Passport vs. Blackberry Classic


Perbandingan Spesifikasi Blackberry Passport vs. Blackberry Classic

Meski sekilas keduanya memiliki kemiripan karena sama-sama mengusung QWERTY keyboard namun pada sisi lain ada beberapa perbedaan antara Blackberry Passport dan Blackberry Classic. Perbedaan tersebut mula-mula bisa dilihat dari ukuran serta resolusi layar keduanya. Blackberry Passport mengandalkan layar berukuran 4.5 inch IPS LCD yang memiliki resolusi 1440 x 1440 pixels dan kerapatan warna 453 ppi.

Pada sisi lain Blackberry Classic menggunakan layar LCD berukuran 3.5 inch dengan resolusi 720 x 720 pixels yang menghasilkan kerapatan warna 291 ppi. Karena itu soal ketajaman gambar sudah jelas Blackberry Passport unggul atas Blackberry Classic. Tidak seperti smartphone berbasis iOS, Android atau WP dimana ketajaman warna serta gambar lebih bertujuan memberikan pengalaman optimal dalam menontong film, pada smartphone Blackberry ketajaman tersebut lebih dimaksudkan untuk mengoptimalkan kala membaca teks, blog ataupun program olah data.

Meski kualitas layar Blackberry Classic kalah dibanding Blackberry Passport namun kebanyakan konsumen setia Blackberry akan menghargai keberadaan trackpad yang sudah lama ditinggalkan oleh perusahaan asal Kanada itu semenjak comeback-nya di industri ponsel.
Menyadari bahwa konsumen loyal mereka kecewa dengan absennya trackpad tersebut maka Blackberry memutuskan mengusungnya kembali, dan Blackberry Classic adalah device pertama yang dilengkapi dengan fitur tersebut.

Dari sisi dimensi seperti sudah banyak kritikan ditujukan kepadanya, Blackberry Passport memiliki dimensi yang sangat besar untuk ukuran smartphone modern hingga banyak calon konsumen wanita yang mengurungkan niat untuk membelinya. Sebaliknya dimensi Blackberry Classic yang 131 x 72.4 x 10.2 mm terasa lebih nyaman digenggam.

Untuk sektor performa kecepatan Blackberry Passport mengandalkan konfigurasi hardware yang lebih baik yaitu prosesor quad-core berkecepatan 2.26 GHz Snapdragon 801 berikut RAM sebesar 3 GB. Sedangkan Blackberry Classic masih mengandalkan prosesor dual-core Snapdragon S4 dengan kecepatan maksimal 1.5 GHz didampingi oleh RAM 2 GB.

Perbandingan Blackberry Passport vs. Blackberry Classic

Fitur kamera memang bukan fitur penting untuk smartphone Blackberry, meski demikian keberadaannya tetap dihargai oleh konsumen. Blackberry Passport mengandalkan kamera utama 13 MP dan kamera depan 2 MP. Sedangkan Blackberry Classic mengandalkan kamera utama 8 MP dan kamera depan sama seperti Blackberry Passport. Sekali lagi, kualitas foto yang dihasilkan oleh keduanya tak bisa disetarakan dengan kamera pada smartphone berbasis Android, iOS maupun WP karena memang fitur tersebut bukan merupakan fitur yang dipersepsi penting oleh konsumen yang merupakan pangsa pasar utama Blackberry.


Perbandingan Harga Blackberry Passport vs. Blackberry Classic

Blackberry Passport Blackberry Classic
Harga Blackberry Passport Harga Blackberry Classic
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Kesimpulan Perbandingan Blackberry Passport vs. Blackberry Classic

Dari perbandingan Blackberry Passport vs. Blackberry Classic di atas jelaslah bahwa meski dari sisi spesifikasi Blackberry Passport lebih unggul namun pada sisi lain Blackberry Classic lebih merepresentasikan smartphone Blackberry di masa lalu yang membawa penggunanya bernostalgia.