on

Perbandingan Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G

Samsung Galaxy Core Prime dan Motorola Moto G adalah dua diantara sekian banyak pilihan smartphone Android kelas mid-low yang populer saat ini. Lewat kedua produk ini masing-masing pabrikan berusaha memperoleh pangsa pasar yang lebih besar di segmen mid-low yang memang merupakan segmen paling gemuk di emerging markets. Baik Motorola Moto G maupun Samsung Galaxy Core Prime kini juga sama-sama menawarkan versi dual SIM. Namun mana diantara keduanya yang lebih pas dengan kebutuhan Anda?

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G

Perbandingan Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G di sektor performa mula-mula bisa dilihat dari jenis prosesor serta chipset yang diusungnya. Keduanya sama-sama mengusung prosesor quad-core 1.2 GHz. Bedanya jika Motorola Moto G berasal dari Qualcomm Snapdragon 400 dengan GPU Adreno 305, sementara Samsung Galaxy Core Prime sedikit lebih modern dengan Snapdragon 401 dan GPU Adreno 306. Meski demikian perbedaan antara keduanya tidak terlalu mencolok. Kapasitas RAM Samsung Galaxy Core Prime dan Motorola Moto G pun sama-sama berkapasitas 1 GB.

Perbandingan Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G


Di sektor media penyimpanan Motorola Moto G tersedia dalam opsi memori internal 8 dan 16 GB, sementara Samsung Galaxy Core Prime hanya tersedia dengan pilihan memori internal 8 GB. Kapasitas memori eksternal yang didukung oleh Galaxy Core Prime lebih besar dibanding Moto G yaitu 64 GB sedangkan Moto G sendiri hanya mendukung hingga 32 GB.

Masuk ke sektor layar jelas bahwa Motorola Moto G yang dibanderol lebih mahal dibanding Samsung Galaxy Core Prime dilengkapi dengan kualitas layar yang lebih layak. Bukan saja ukurannya sedikit lebih besar (5 inch) namun juga dengan resolusi 1280 x 720 pixels serta kerapatan warna 294 ppi jelas gambar dan warna yang dihasilkan lebih baik dibanding layar 4.5 inch pada Samsung Galaxy Core Prime yang hanya memiliki resolusi 800 x 480 pixels dan kerapatan warna 207 ppi.

Lagi-lagi Motorola Moto G sedikit lebih unggul di fitur kamera utama dengan 8 MP berikut dukungan autofocus dan LED flash. Sekalipun kamera Samsung Galaxy Core Prime dilengkapi dengan dukungan serupa namun sensornya hanya 5 MP. Sedangkan untuk kamera depan kedua ponsel kelas mid-low ini kembali berimbang dengan kamera 2 MP.

Standarnya kedua ponsel ini sama-sama menjalankan Android KitKat 4.4.4 hanya saja untuk saat ini sudah tersedia update Android Lollipop resmi untuk Motorola Moto G dan di pihak lain sampai ulasan ini dimuat belum ada jadwal resmi update Android Lollipop untuk Samsung Galaxy Core Prime.

Perbandingan dukungan konektivitas Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G kembali menempatkan keduanya dalam posisi berimbang meliputi dukungan 3G, WiFi 802.11 b/g/n with WiFi hotspot, Bluetooth 4.0, GPRS, EDGE, GPS, dan microUSB 2.0.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G

Dari perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G berikut fiturnya memang Motorola Moto G sedikit lebih unggul dibanding Samsung Galaxy Core Prime. Kondisi ini terasa wajar mengingat harga Samsung Galaxy Core Prime juga sedikit lebih murah dibanding harga Motorola Moto G.
Hal yang sering diabaikan oleh mayoritas konsumen ketika menilai harga sebuah smartphone adalah fakta bahwa spesifikasi bukan satu-satunya tolok ukur. Masih ada banyak hal lain seperti kualitas desain dan build quality. Bahkan dengan spesifikasi dan komponen yang persis sama pun dua smartphone belum tentu memiliki performa sama, sebab kualitas perakitan dan faktor-faktor lain turut menentukan optimal tidaknya masing-masing komponen tersebut bekerja.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G
Samsung Galaxy Core Prime Motorola Moto G
Perbandingan Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G Perbandingan Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G
beli sekarang beli sekarang

Dalam kasus Samsung Galaxy Core Prime vs. Motorola Moto G memang hal-hal seperti kualitas perakitan bisa diabaikan karena keduanya sama-sama pemain yang mapan di industri ponsel. Karena itu jika memang ada dana yang cukup tak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada Moto G karena kualitas layar serta kamera yang sedikit lebih baik layak untuk ditebus dengan harga sedikit lebih mahal tersebut.