on

Perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G

Microsoft Lumia 535 yang dirilis oleh Microsoft sebagai ponsel pertama dengan merek mereka sendiri dianggap oleh banyak pengamat sebagai pembalasan dendam Windows Phone a.k.a. Microsoft atas Android khususnya Motorola dan Asus. Pasalnya sebelum Asus melahirkan smartphone Asus Zenfone dan Motorola merilis Moto G, Microsoft yang kala itu masih menggunakan nama Nokia sempat memukul pangsa pasar Android di segmen low-end dengan lewat Nokia Lumia 510 dan 520.

Itu sebabnya Microsoft Lumia 535 dianggap sebagai sarana pembalasan dendam Microsoft terhadap Android. Namun Microsoft sudah pasti bukan satu-satunya yang berbenah diri menghadapi rivalitas Windows Phone vs. Android di kelas low-end untuk babak kedua ini. Motorola pun telah mengantisipasi lewat kehadiran Motorola Moto G gen. 2 yang menjadi lawan sepadan bagi Microsoft Lumia 535.

Perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G


Perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G - Babak Kedua

Di sektor layar Microsoft Lumia 535 mengusung layar IPS LCD berukuran 5 inch dengan dilapisi Gorilla Glass 3 untuk meminimalisir goresan. Layar dengan resolusi 540 x 960 pixels ini menghasilkan kerapatan warna 220 ppi yang merupakan nilai wajar untuk ponsel kelas low-end.

Kompetitornya, Motorola Moto G gen.2 kini juga mengusung layar 5 inch namun menawarkan resolusi yang lebih tinggi yaitu 720 x 1280 pixels yang tentu saja kerapatan warnanya juga lebih tinggi dibanding Microsoft Lumia 535 yaitu 294 ppi. Sama halnya dengan Microsoft, Motorola pun sudah melindungi layar Moto G dengan Gorilla Glass 3.

Jelas sudah bahwa di sektor layar Microsoft Lumia 535 inferior terhadap Motorola Moto G yang mampu menghadirkan gambar serta warna lebih tajam berkat resolusi serta kerapatan warna yang lebih baik dibanding rivalnya itu.

Untuk menghemat biaya produksinya, Microsoft Lumia 535 menggunakan prosesor quad-core generasi yang lebih lawas yaitu Qualcomm Snapdragon 200 dengan kecepatan maksimal 1.2 GHz didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB.

Sedangkan Motorola Moto G gen.2 meski menggunakan prosesor quad-core dengan kecepatan sama namun berasal dari generasi yang lebih baru yang Qualcomm Snapdragon 400 dengan RAM yang sama yaitu 1 GB.

Baik Motorola Moto G gen. 2 maupun Microsoft Lumia 535 keduanya sama-sama menggunakan chipset Cortex A7.

Di atas kertas Motola Moto G gen.2 sedikit lebih unggul atas Microsoft Lumia 535 di sektor performa kecepatan. Namun dalam kenyataannya perbedaan itu tak terlalu signifikan, mungkin perbedaan karakter sistem operasi Windows Phone dan Android menjadi salah satu alasannya.

Sedangkan dalam hal konektivitas keduanya berimbang karena sama-sama menawarkan koneksi jaringan 3G, Bluetooth 4.0, WiFi maupun micro USB.

Internal memori yang diusung oleh Microsoft Lumia 535 maupun Motorola Moto G sama-sama berkapasitas 8 GB. Perbedaan di media penyimpanan bisa terlihat pada dukungan eksternal memori dimana Microsoft Lumia 535 mampu mendukung hingga kapasitas 128 GB sementara Motorola Moto G gen. 2 hanya 32 GB.

Motorola Moto G gen.2 lagi-lagi unggul di sektor performa baterai karena mengusung baterai dengan kapasitas 2070 mAh dimana Microsoft Lumia 535 hanya menggunakan baterai dengan kapasitas 1905 mAh.

Pilih Microsoft Lumia 535 atau Motorola Moto G?

Perbandingan Kamera Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G

Kamera utama 5 MP pada Microsoft Lumia 535 didukung oleh LED flash, geo-tagging serta kemampuan merekam klip dengan resolusi 480 pixels pada 30 fps.
Pada bagian depan Microsoft Lumia 535 menawarkan kamera dengan resolusi yang sama untuk mengakomodir para penggemar selfie.

Pada sisi lain Motorola Moto G dilengkapi kamera utama 8 MP dengan dukungan LED flash, geo-tagging, auto-focus, face detection, HDR dan panorama dimana tiga fitur yang disebut belakangan tidak dimiliki oleh kamera utama Microsoft Lumia 535.
Tak hanya itu, dalam merekam klip video pun kamera Moto G ini mampu merekam dengan resolusi HD pada 30 fps.

Meski unggul telak pada perbandingan kamera utama namun Motorola Moto G tak terlalu beminat mengakomodir keinginan para penggemar foto selfie. Karenanya mereka hanya menempatkan kamera depan dengan resolusi 2 MP.

Untuk perbandingan sistem operasi Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G pada dasarnya sama dengan perbandingan sistem operasi Microsoft Lumia 535 vs. Samsung Galaxy Prime yang sudah kami ulas pada artikel sebelumnya. Sedikit perbedaan yang perlu dicatat adalah bahwa saat ini Motorola Moto G sudah menjalankan Android Lollipop.

Kesimpulan Perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G

Motorola Moto G tampil dengan keunggulan lebih merata dibandingkan Microsoft Lumia 535 pada perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G. Namun bagi segmen tertentu terutama kelompok usia muda yang menggemari berfoto selfie tentu Microsoft Lumia 535 merupakan penawaran yang lebih menarik. Lagi pula harga Lumia 535 jauh lebih terjangkau dibanding Motorola Moto G.

Perbandingan Harga Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G
Microsoft Lumia 535 Motorola Moto G
Perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G Perbandingan Microsoft Lumia 535 vs. Motorola Moto G
Rp 1.699.000
Rp
1.499.000
Rp 2.200.000
Rp 1.949.000
beli sekarang beli sekarang

Manapun yang Anda pilih pastinya baik Microsoft Lumia 535 maupun Motorola Moto G adalah dua ponsel terbaik di kisaran harga kurang dari Rp 2.5 juta disamping tentu saja Asus Zenfone. Sebelumnya segmen low-end dan mid-low hanya didominasi oleh HP Android Samsung Galaxy serta HP Android Cina dari merek yang kurang ternama dimana keduanya sama-sama menawarkan kualitas rendah.

Sebagai catatan akhir, meski perbandingan ini menggunakan Motorola Moto G 5 inch sebagai rival Lumia 535 namun perbandingan ini masih relevan untuk Motorola Moto G versi pertama mengingat perbedaan kedua generasi tersebut tidak terlalu signifikan.