on

Pilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Grand Prime?

Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Grand Prime? Pertanyaan ini sering kali muncul dibenak calon pembeli ketika hendak membeli salah satu dari dua smartphone Samsung Galaxy terbaru dengan layar lebar itu. Karena layarnya sama-sama berukuran lebar dan kedua-duanya sama-sama menggunakan nama “Grand” maka timbullah persepsi seolah keduanya saling mensubstitusi.

Di sektor layar pertimbangan antara Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Grand Prime pertama-tama dilihat dari ukuran layar milik Grand 2 yang sedikit lebih lebar ketimbang Grand Prime. Grand 2 memiliki layar berukuran 5.2 inch sementara Grand Prime 5 inch. Resolusi layar juga perlu diperhatikan ketika memilih antara Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Grand Prime dimana Grand 2 menawarkan resolusi lebih tinggi yaitu 720 x 1280 pixels sementara Grand 2 540 x 960 pixels.

Perbedaan resolusi layar itu pada dasarnya semata-mata merupakan efek dari ukuran layar Samsung Galaxy Grand 2 yang sedikit lebih besar. Mengenai kualitas dan kedalaman warnanya sendiri antara dua Samsung Galaxy Grand tersebut pada dasarnya adalah sama.

Pilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Grand Prime?

Pilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Grand Prime?


Spesifikasi: Pilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Grand Prime?


General
Samsung Galaxy Grand 2 Samsung Galaxy Grand Prime

Alternate names





Release date

November 2013


September 2014


Form factor

Touchscreen

Touchscreen

Dimensions (mm)

146.80
x
75.30
x
8.90




Weight (g)

163.00



Battery capacity (mAh)

2600

2600

Removable battery

Yes

Yes

Bundled accessories





Colours

White, Black, Pink



SAR value

NA

NA

Display



Screen size (inches)

5.20

5.00

Touchscreen

Yes

Yes

Touchscreen type

Capacitive

Capacitive

Resolution

720x1280
pixels


540x960
pixels


Pixels per inch (PPI)

280

NA

Colours

16M

16M

Hardware



Processor

1.2GHz
quad-core

1.2GHz

quad-core

Processor make

Qualcomm Snapdragon 400



RAM

1.5GB

1GB

Internal storage

8GB

8GB

Expandable storage

Yes

Yes

Expandable storage type

microSD

microSD

Expandable storage up to (GB)

64

32

Camera



Rear camera

8-megapixel

8-megapixel

Flash

Yes

Yes

Front camera

1.9-megapixel

5-megapixel

Software



Operating System

Android 4.3

Android 4.4

Skin





Java support

Yes

Yes

Browser





Browser supports Flash

Yes

No

Connectivity



Wi-Fi

Yes

Yes

Wi-Fi standards supported

802.11 a/ b/ g/ n

802.11 b/ g/ n

GPS

Yes

Yes

Bluetooth

Yes, v 4.00

Yes, v 4.00

NFC

No

No

Infrared

No

No

DLNA

No

No

Wi-Fi Direct

Yes

Yes

MHL Out

No

No

HDMI

No

No

Headphones

3.5mm

3.5mm

FM

Yes

Yes

USB

Micro-USB

Micro-USB

Charging via Micro-USB

Yes

Yes

Proprietary charging connector

No

No

Proprietary data connector

No

No

Number of SIMs

2

1

Sim 1



SIM Type

Micro-SIM

Micro-SIM

GSM/ CDMA

GSM

GSM

3G

Yes

Yes

SIM 2



SIM Type

Micro-SIM

Micro-SIM

GSM/ CDMA

GSM

GSM

3G

Yes

Yes

Sensors



Compass/ Magnetometer

Yes

No

Proximity sensor

Yes

Yes

Accelerometer

Yes

Yes

Ambient light sensor

Yes

Yes

Gyroscope

Yes

No

Barometer

No

No

Temperature sensor

No

No



Bisa dilihat dari tabel perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy Grand 2 vs. Samsung Galaxy Grand Prime di atas bahwa meski keduanya menggunakan prosesor yang sama berkecepatan 1.2 GHz dari Qualcomm Snapdragon 400 namun kapasitas RAM Samsung Galaxy Grand 2 yang 1.5 GB sedikit lebih besar jika dibandingkan Samsung Galaxy Grand Prime dengan 1 GB.

Keduanya memiliki kapasitas internal memori 8 GB namun jika bicara soal memori eksternal maka Samsung Galaxy Grand 2 yang mendukung hingga kapasitas maksimal 64 GB bakal sedikit lebih menguntungkan dibanding Grand Prime yang hanya sampai 32 GB. Jika Anda termasuk orang yang rajin memindahkan foto, video dan file lain ke laptop atau PC maka semestinya hal itu tidak menjadi soal.

Perbedaan paling penting yang membedakan antara Samsung Galaxy Grand 2 dan Samsung Galaxy Grand Prime sebenarnya terletak pada kamera depan. Kamera depan Samsung Galaxy Grand Prime dengan sensor 5 MP tentu saja lebih unggul dibandingkan Samsung Galaxy Grand 2 yang menawarkan 1.9 MP. Perbedaan ini dilatarbekalangi oleh peruntukkan dan target market yang berbeda antara keduanya.

Samsung Galaxy Grand 2 merupakan penerus Samsung Galaxy Grand generasi pertama yang kala itu dimaksudkan mengakomodir calon konsumen yang menginginkan Samsung Galaxy Note namun budget-nya tidak sampai. Ternyata dalam perjalanannya Samsung Galaxy Grand bukan hanya menjadi alternatif bagi Samsung Galaxy Note namun juga menarik para penggemar foto selfie karena layarnya yang lebar.

Melihat fenomena tersebut maka pihak pabrikan kemudian memisahkan kedua segmen konsumen itu lewat dua produk yang berbeda. Samsung Galaxy Grand 2 masih seperti semula diperuntukkan sebagai alternatif yang lebih murah untuk Samsung Galaxy Note sekaligus mengokomodir konsumen kelas menengah yang menggemari smartphone berlayar lebar.
Sementara para penggemar foto selfie ditawari dengan Samsung Galaxy Prime yang spesifikasinya sedikit lebih rendah namun kamera depannya memiliki sensor dengan resolusi lebih tinggi.

Harga Samsung Galaxy Grand
Samsung Galaxy Grand 2 Samsung Galaxy Grand Prime
Harga Samsung Galaxy Grand 2 Harga Samsung Galaxy Grand Prime
Rp 4.499.000
Rp 3.335.000
Rp 3.500.000
Rp 2.699.000
beli sekarang beli sekarang

Harga: Pilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Grand Prime?

Pertimbangan memilih Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Grand Prime pada akhirnya juga menyangkut harga. Saat ini harga Samsung Galaxy Grand 2 di Indonesia ada di kisaran Rp 3,4 – 3,5 jutaan. Harga Samsung Galaxy Grand Prime sendiri sedikit lebih murah yaitu di kisaran Rp 2,7 - 3 juta-an.

Jadi pada akhirnya semua kembali pada preferensi serta kebutuhan masing-masing. Jika kapasitas RAM yang lebih besar serta eksternal memori lebih lega dianggap penting maka Samsung Galaxy Grand 2 adalah pilihan tepat. Namun jika Anda menginginkan smartphone yang fiturnya mumpuni untuk berfoto selfie sudah pasti Samsung Galaxy Grand Prime lebih mampu mengakomodir kebutuhan tersebut.