on

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Mega 2 Phablet Android Layar 6 inchi

Samsung Galaxy Mega 2 menjadi penerus Samsung Galaxy Mega yang adalah phablet kelas menengah dari produsen asal Korea, Samsung Mobile. Awalnya Samsung Galaxy Mega sendiri mendapat cemoohan dari konsumen di negara-negara maju karena selain ukuran layarnya dianggap terlalu besar juga spesifikasinya saat itu termasuk tidak umum mengingat pada awal peluncuran Samsung Galaxy Mega generasi pertama sendiri phablet yang ada di pasaran merupakan high-end phablet.

Samsung Galaxy Mega 2 tentu lahir dalam kondisi yang sama sekali berbeda dari pendahulunya. Bukan saja karena device Android dengan layar 6 inch sudah sangat lumrah namun juga sudah ada banyak vendor yang merilis phablet di kelas menengah. Dari sisi harga jelas Samsung Galaxy Mega 2 cukup menarik di mata konsumen, pasalnya meski mengusung layar lebar namun harga Samsung Galaxy Mega 2 masih lebih murah dibanding Samsung Galaxy Note 3 Neo sekalipun.

Spesifikasi Samsung Galaxy Mega 2


Spesifikasi Samsung Galaxy Mega 2

Operating System as Tested: Android 4.4
CPU: Samsung Exynos 4412
Processor Speed: 1.5 GHz
Dimensions: 6.44 by 3.34 by 0.34 inches
Form Factor: Candy Bar
Physical Keyboard: No
Weight: 6.84 oz
Screen Size: 6 inches
Screen Type: IPS LCD
Screen Resolution: 1,280 by 720 pixels
Screen Pixels Per Inch: 245 ppi

Camera Resolution: 8 MP Rear; 2.1 MP Front-Facing
Video Camera Resolution: 1080p
802.11x/Band(s): 802.11 a/b/g/n
Bluetooth Version: 4.0
GPS: Yes
NFC: Yes
Total Integrated Storage: 16 GB
Available Integrated Storage: 10.43 GB
microSD Slot : Yes
Phone Capability / Network: GSM, UMTS, LTE
Bands: 850, 900, 1800, 1900, 2100, 2600, 700
High-Speed Data: UMTS, LTE

Samsung Galaxy Mega 2 bukan hanya phablet kelas menengah namun juga dirilis sebelum pihak produsen mulai beralih dari casing plastik ke casing metal. Karena itu sudah dapat diduga bahwa perpaduan antara plastik dan faux-leather mendominasi casing-nya. Beruntung meski materialnya tidak tampak istimewa namun build quality casing itu sendiri sangat solid. Sementara dengan dimensi 16.36 x 8.49 x 0.86 cm, Samsung Galaxy Mega 2 memang tidak terasa semantap phablet kelas high-end kala digenggam.

Dilihat dari layarnya sendiri ada penurunan dibanding pendahulunya yang memiliki layar 6.3 inch. Meski demikian layar 6 inch pada Samsung Galaxy Mega 2 memiliki resolusi yang sama seperti pendahulunya sehingga kerapatan warnanya pun sedikit naik menjadi 245 ppi. Meski gambar yang ditampilkan pada layar Samsung Galaxy Mega 2 cukup tajam namun jangan bandingkan dengan Samsung Galaxy Note.

Bertanggun jawab terhadap performa kecepatan Samsung Galaxy Mega 2 adalah prosesor Exynos 4415 1.5 GHz yang bekerja sama dengan RAM sebesar 1.5 GB. Meski hasil benchmark menunjukkan bahwa prosesor tersebut mencetak point lebih baik dibandingkan Qualcomm Snapdragon 400 namun faktanya Samsung Galaxy Mega 2 tetap bermasalah kala menjalankan aplikasi kompleks seperti game yang haus sumber daya.

Perpaduan antara Android KitKat dengan TouchWiz pada Samsung Galaxy Mega 2 ini mirip sekali dengan tampilan antar muka pada Samsung Galaxy S5, tentu sebelum Samsung Galaxy S5 mendapatkan update Android Lollipop belum lama ini. Meski banyak fitur gimmick yang diusung oleh ToucWiz namun pada sisi lain ada tiga fitur yang layak diapresiasi fungsi maupu keberadaannya yaitu Ultra Power Saving Mode, Multi Window multitasking dan Toolbox.

Di sisi media penyimpanan sendiri meski data spesifikasi Ultra Power Saving Mode, Multi Window multitasking, and a Toolbox shortcut option menunjukkan internal memori berkapasitas 16 GB namun hanya sekitar 10 GB yang tersisa setelah dikurangi oleh sistem.

Kamera utama 8 MP milik Samsung Galaxy Mega 2 menghasilkan kualitas foto yang relatif baik meski baiknya Anda berjaga-jaga mengambil dua atau tiga foto untuk objek yang sama agar bisa memutuskan mana yang terbaik nantinya. Shutter speed-nya relatif lambat sehingga foto yang dihasilkan cenderung menjadi blurry. Tentu saja mengingat mayoritas pengguna smartphone hanya berniat menyimpan foto di dalam smartphone itu sendiri atau diunggah dan bukannya dicetak maka performa Samsung Galaxy Mega 2 cukup memenuhi ekspektasi.

Harga Samsung Galaxy Mega 2

Harga Samsung Galaxy Mega 2
Samsung Galaxy Mega 2 Hitam Samsung Galaxy Mega 2 Putih
Harga Samsung Galaxy Mega 2 Harga Samsung Galaxy Mega 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Harga Samsung Galaxy Mega 2 dibanderol Rp 3,8 juta-an, para konsumen loyal Samsung Mobile tentulah takkan berpikir dua kali untuk menebusnya. Namun jika Anda tidak fanatik pada merek tertentu maka tak ada salahnya mempertimbangkan beberapa alternatif mengingat saat ini Samsung Galaxy Mega 2 bukan satu-satunya phablet Android murah yang tersedia di pasaran.