on

Pilih Ultrabook atau MacBook Air?

Ultrabook dan MacBook Air keduanya menawarkan kelebihan yang tak jauh berbeda: tipis, ringan, powerful dan memiliki daya tahan baterai yang lama. Beberapa orang tidak menganggap ada perbedaan Ultrabook dan MacBook Air. Sementara beberapa orang lainnya menilai bahwa Ultrabook tak lebih dari MacBook Air dengan sistem operasi Microsoft Windows. Pendapat mana yang lebih tepat? Dan lebih penting lagi: mana yang lebih sesuai untuk Anda?

Ultrabook dan MacBook Air memiliki bobot sekitar 1 kg dan layar dalam format ukuran 11 hingga 13 inch. Apple lewat MacBook Air seperti biasa menjadi pelopor di segmen ini, namun ternyata masa-masa Apple menikmati ceruk pasar minim persaingan tidak berlangsung lama setelah Intel mengkampanyekan Ultrabook dan disambut positif oleh berbagai vendor. Asus, HP dan Acer adalah beberapa vendor yang paling berperan memanaskan persaingan antara Ultrabook dan MacBook Air ini.

Pilih Ultrabook atau MacBook Air?


Pilih Ultrabook atau MacBook Air? – Komparasi Hardware

Saat ini MacBook Air tersedia dengan opsi prosesor Intel Core i5 dan i7 dengan RAM berkapasitas 4 GB. Kartu grafis yang diusung oleh kedua tipe MacBook Air yang ada dipasaran saat ini adalah Intel HD 3000 yang memiliki sistem memori sebesar 384 MB dan diambil dari memori utama.

Sementara itu Ultrabook meski pada awalnya juga hanya tersedia dengan pilihan prosesor Intel Core i5 dan i7 namun belakangan mulai bermunculan Ultrabook dengan prosesor Intel Core i3 yang harganya lebih terjangkau. Sama halnya dengan MacBook Air, rata-rata kapasitas RAM yang disediakan oleh Ultrabook dari berbagai merek ini adalah 4 GB.

Untuk media penyimpanan umumnya Ultrabook mengandalkan SSD yang ringan, cepat dan tidak berisik. Namun belakangan Asus memelopori kombinasi antara SSD dengan HDD dalam rangkan menghemat biaya produksi sekaligus meningkatkan kapasitas media penyimpanan itu sendiri.

Dari sisi software sudah jelas bahwa MacBook Air menjalankan sistem operasi OSX sedangkan Ultrabook menjalankan MS Windows. Soal realibilitas kedua sistem operasi tersebut berimbang untuk saat ini. Sehingga pilihan antara keduanya lebih merupakan selera atau preferensi ketimbang kualitas serta realibilitas.

Performa baterai keduanya seimbang, secara teoritis baik Ultrabook maupun MacBook Air dirancang untuk bertahan selama tujuh jam. Saat ini ada wacana bahwa Ultrabook akan mampu mengungguli performa baterai MacBook Air, namun tampaknya hal itu belum akan terwujud setidaknya hingga Intel mampu merancang prosesor khusu untuk Ultrabook yang mendukung rencana tersebut.

Pilih Ultrabook atau MacBook Air? – Komparasi Harga

Lihat Penawaran Harga MacBook Air
Pilih Ultrabook atau MacBook Air?
beli sekarang


Membandingkan harga Ultrabook vs. MacBook Air akan kembali berkaca pada strategi penetapan harga Apple yang cenderung lebih tinggi dibanding kompetitor hampir di setiap industri yang mereka geluti. Hal yang sama berlaku pula untuk MacBook Air. Harga MacBook Air termurah saat ini adalah $1299, sedangkan harga Ultrabook paling murah yaitu Toshiba Portege sudah bisa ditebus dengan harga $799. Meski MacBook Air termurah menggunakan prosesor Intel Core i5 sementara Toshiba Portege mengusung prosesor Intel Core i3 namun performa keduanya tak jauh berbeda.

Setelah melihat perbandingan Ultrabook vs. MacBook Air di atas kini pilihan ada di tangan Anda.