on

Pilih Samsung Galaxy Note Edge atau Samsung Galaxy Note 4?

"Pilih Samsung Galaxy Note Edge atau Samsung Galaxy Note 4?" mungkin merupakan pertanyaan bagi mayoritas calon konsumen yang sedang mempertimbangkan untuk membeli phablet Android dengan budget yang longgar. Samsung Galaxy Note 4 sudah rilis terlebih dahulu dan bahkan sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai penjual online maupun tradisional. Sementara Samsung Galaxy Note Edge yang baru saja hadir dipasarkan secara lebih eksklusif dan mahal dibanding Samsung Galaxy Note 4.

Pertanyaan: Pilih Samsung Galaxy Note Edge atau Samsung Galaxy Note 4? Sudah pasti merupakan pertanyaan bagi mereka yang tidak segan-segan menebus belasan juta rupiah untuk sebuah phablet mengingat harga Samsung Galaxy Note Edge sama sekali tidak murah. Selain layar dengan desain unik (edge) sebenarnya apa kelebihan dari Samsung Galaxy Note Edge dibanding Samsung Galaxy Note 4? Perbedaan yang diharapkan bisa memandu Anda menentukan pilihan akan disajikan pada artikel “Pilih Samsung Galaxy Note Edge atau Samsung Galaxy Note 4?” berikut ini.

Pilih Samsung Galaxy Note Edge atau Samsung Galaxy Note 4?


Pilih Samsung Galaxy Note Edge atau Samsung Galaxy Note 4? – Perbandingan Spesifikasi & Desain

Phone Samsung Galaxy Note 4 Samsung Galaxy Note Edge
Weight 176g 174g
Screen size 5.7-inches 5.6-inches
Screen resolution 1440x2560 (515ppi) 1600x2560 (524ppi)
Storage 32GB + microSD 32/64GB + microSD
Processor Snapdragon 805 Snapdragon 805
4G? Yes Yes
Primary camera 16-megapixel 16-megapixel
Secondary camera 3.7-megapixel 3.7-megapixel

Samsung Galaxy Note Edge dan Samsung Galaxy Note 4 keduanya sama-sama premium phablet yang menawarkan spesifikasi tinggi berikut fitur-fitur gimmick yang membuat konsumen merasa bahwa sejumlah uang yang dibayarkannya untuk menebus salah satu dari keduanya terkesan layak. Samsung Galaxy Note 4 merupakan phablet pertama dari Samsung yang hadir dengan casing berbahan metal. Dibalik casing aluminium tersebut tersimpan spesifikasi yang menjadikannya sebagai salah satu phablet tercepat saat ini. Sedangkan Samsung Galaxy Note Edge yang merupakan upaya Samsung mengeksploitasi konsumen kelas atas meski desain layarnya tampak menarik dan memberi kesan canggih namun sebenarnya tak banyak berbeda dari Samsung Galaxy Note 4.

Perbandingan Samsung Galaxy Note Edge vs. Samsung Galaxy Note 4

Baik Samsung Galaxy Note Edge maupun Samsung Galaxy Note 4 sama-sama hadir dengan dimensi yang jumbo sehingga tidak cukup memberikan kenyamanan serta kepraktisan yang umumnya dikehendaki konsumen pria. Sebaliknya bagi konsumen wanita yang umumnya membawa tas tangan berukuran besar dan tidak terlalu mempermasalahkan nilai kepraktisan, tentu kedua phablet ini tampak ideal.

Yang perlu dicatat adalah bahwa sekalipun keduanya dibanderol dengan harga sangat mahal namun tidak seperti Samsung Galaxy S5 yang casing-nya didesain anti air dan anti debu, tak satupun dari Samsung Galaxy Note Edge maupun Samsung Galaxy Note 4 yang didukung dengan fitur serupa.

Ukuran layar keduanya tidak terlalu jauh berbeda. Layar Samsung Galaxy Note Edge berukuran 5.6 inch dengan resolusi 1600 x 2560 ppi menghasilkan kerapatan warna 524 ppi. Sementara layar 5.7 inch milik Samsung Galaxy Note 4 memiliki resolusi 1440 x 2560 yang menghasilkan kerapatan warna 5151 ppi. Di atas kertas memang Samsung Galaxy Note Edge tampak unggul dibanding Samsung Galaxy Note 4. Namun kenyataannya perbedaan kualitas antara keduanya nyaris tidak terbedakan, sebab pada dasarnya mata tidak mampu membedakan perbedaan kerapatan warna di atas 350 ppi.

Baik layar Samsung Galaxy Note Edge maupun Samsung Galaxy Note 4 keduanya sama-sama mampu memberikan pengalaman unik dan optimal saat digunakan menonton film berkat tampilan warna serta gambar yang tajam sekaligus cerah.
Samsung Galaxy Note Edge oleh karena desain layarnya yang unik ada beberapa kelebihan yang bisa didapat dari layar lengkung (edge)-nya sendiri seperti menampilkan notifikasi, jam, news feed dan sebagainya. Lagi-lagi yang perlu dipegang adalah bahwa layar ini lebih bernilai secara estetika ketimbang fungsional.

Di sektor kamera keduanya kembali berimbang karena menggunakan kamera 16 MP yang sama persis. Kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note Edge dan Samsung Galaxy Note 4 ini adalah yang terbaik di kelasnya. Kualitas foto yang dihasilkan relatif jernih dengan detil yang baik.

Pilih Samsung Galaxy Note Edge atau Samsung Galaxy Note 4? – Kesimpulan

Samsung Galaxy Note Edge Samsung Galaxy Note 4
Pilih Samsung Galaxy Note Edge atau Samsung Galaxy Note 4?  Samsung Galaxy Note 4
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Perbandingan harga Samsung Galaxy Note Edge vs. Samsung Galaxy Note 4 tentu menjadi faktor terakhir yang tak bisa disingkirkan dalam menentukan pilihan antara Samsung Galaxy Note Edge atau Samsung Galaxy Note 4. Saat ini harga Samsung Galaxy Note 4 dibanderol £480 dan di Indonesia ada di kisaran Rp 9 juta-an. Sedangkan harga terbaru Samsung Galaxy Note Edge £650 dan sepertinya kecil kemungkinan Samsung Galaxy Note Edge ini hadir di Indonesia secara resmi.

Dengan spesifikasi yang sama, kapasitas baterai lebih besar dan harga jauh lebih murah sudah pasti bahwa Samsung Galaxy Note 4 lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy Note Edge dari sisi fungsional serta value for money.