on

Ponsel Samsung Z1 Tizen Siap Beredar Awal Tahun 2015

Smartphone Samsung Z1 yang bakal menjadi smartphone Tizen pertama dipastikan akan mulai dijual pada awal tahun 2015. Kali ini Samsung Mobile memilih India sebagai pasar perdana yang akan menjadi penentu sukes atau tidaknya smartphone dengan sistem operasi buatannya itu. India sendiri saat ini dipandang sebagai pasar paling potensial untuk produk smartphone namun sekaligus juga paling kompetitif karena bukan saja menjadi bidikan merek-merek mapan namun juga ponsel dari Cina dan India sendiri.

Samsung Z1 (SM Z130H) Tizen ini sendiri merupakan ponsel entry level yang harganya dibanderol kurang daro $100. Layar yang bakal diusungnya adalah layar TFT dengan resolusi 800 x 480 pixels. Sementara penanggung jawab performa kecepatan smartphone terbaru Samsung ini adalah prosesor dual-core Spreadtrum SC7727S dengan laju maksimal 1.2 GHz, GPU Mali 400 dan RAM sebesar 512 MB.
Fitur yang ditawarkan oleh ponsel Samsung terbaru ini antara lain kamera utama 3.2 MP dengan dukungan LED flash serta kamera depan 0.3 MP.

Samsung Z1 Tizen


Koneksi yang didukung oleh Samsung Z1 Tizen meliputi Bluetooth 4.0, GPS, A-GPS, GLONASS, Wi-Fi 802.11n, Wi-Fi Direct, dan microUSB 2.0. Ponsel Dual SIM card ini kabarnya juga akan dilengkapi dengan radio FM.

Sejauh ini sistem operasi Tizen yang akan dijalankan oleh HP Samsung terbaru ini diyakini adalah Tizen versi 2.3 yang memiliki kesamaan tampilan antar muka seperti TouchWiz pada smartphone Android Samsung Galaxy. Mungkin Samsung memang mengharapkan pengguna smartphone Tizen tidak mengalami kesulitan dalam beradaptasi dari Android ke Tizen.

Konon alasan Samsung merilis sistem operasinya sendiri yang dinamai Tizen ini merupakan reaksi protes mereka terhadap keputusan Google menghadirkan proyek smartphone Android murah lewat Android One yang membuka peluang bagi produsen manapun untuk memproduksi dan merilis ponsel Android murah sesuai spesifikasi yang ditentukan Google. Walau demikian tampaknya peluang Samsung Mobile untuk meraih sukses di industri ponsel lewat smartphone Samsung Tizen tampaknya tidak begitu menjanjikan.