on

Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6 – Duel Ponsel Kompak Kelas Atas

Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6 kali ini adalah perbandingan dua ponsel high-end dengan dimensi kompak yang kedua setelah sebelumnya kami mengulas perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. Samsung Galaxy Alpha. Bigger is better, bagi sebagian orang mungkin kalimat tersebut mewakili penilaiannya terhadap ponsel dengan layar lebar. Namun tak bisa dipungkiri bahwa mayoritas konsumen pria benci ponsel layar lebar karena selain tidak bisa dioperasikan dengan satu tangan juga relatif tidak praktis dalam penyimpanannya.

Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6 ini sama halnya dengan perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. Samsung Galaxy Alpha sebelumnya dikhususkan bagi konsumen yang menghendaki ponsel canggih namun enggan dimensi serta layar dengan ukuran berlebihan. Meski berbeda dengan perbandingan sebelumnya dimana keduanya adalah ponsel dengan platform Android, namun bukan berarti kedua ponsel kelas atas berbeda platform ini tak bisa diperbandingkan. Sebab faktanya tak sedikit konsumen yang memang mempertimbangkan keduanya dan melakukan perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6.

Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6


Perbandingan Desain Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6

Meski ukuran layar Sony Xperia Z3 Compact maupun iPhone 6 tidak terlalu berbeda namun pendekatan desain yang diusung masing-masing sedikit bertolak belakang. Casing iPhone 6 dengan dimensi 138 x 67 mm tampak lebih besar secara keseluruhan dibandingkan Sony Xperia Z3 Compact yang memiliki dimensi 127 x 65 mm. Namun pada sisi ketebalan, iPhone 6 dengan 6,9 mm jelas jauh lebih tipis dibanding Sony Xperia Z3 Compact yang memiliki ketebalan 8,6 mm. Meski demikian bobot keduanya tak terasa berbeda karena hanya selisih 2 gram.

Dominasi bahan metal lebih terasa pada iPhone 6 yang secara keseluruhan menampilkan kesan ramping sekaligus modern. Pada sisi lain Sony Xperia Z3 Compact yang pada bagian tepinya dilindungi pelapis nylon lebih tahan menghadapi goncangan dibanding iPhone 6.
Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan namun melibatkan kontak dengan air dan sebagainya maka Sony Xperia Z3 Compact lebih bandel menghadapi situasi semacam itu. Di sisi lain meski berkesan modern sekaligus tipis namun casing iPhone 6 tidak sebandel Sony Xperia Z3 Compact pada situasi-situasi tersebut.

Penempatan speaker kedua ponsel papan atas dengan ukuran kompak tersebut juga berbeda satu sama lain. Jika Sony Xperia Z3 Compact menempatkan speaker stereo pada bagian depan, iPhone 6 terletak di bagian bawah.

Masuk ke sektor layar, iPhone 6 mengandalkan layar IPS LCD dengan LED backlit berukuran 4.7 inch yang memiliki resolusi 750 x 1334 pixels. Kerapatan warnanya sendiri 326 ppi, dan seperti biasa ekspektasi konsumen terhadap kualitas layar iPhone bakal terpenuhi lewat warna serta gambar yang tajam.

Sedangkan ukuran layar Sony Xperia Z3 Compact sedikit lebih kecil dibanding iPhone 6 yaitu 4.6 inch. Layar ini memiliki resolusi 720 x 1280 pixels. Kerapatan warna layar Sony Xperia Z3 Compact yang hanya 319 ppi memang kalah dibanding layar iPhone 6 secara teoritis. Namun pada kenyataannya perbedaan tersebut nyaris tidak disadari. Bukan hanya itu saja namun layar Sony Xperia Z3 Compact sudah dirancang untuk bisa dioperasikan saat pengguna menggunakan sarung tangan sehingga ideal untuk mereka yang tinggal di negara empat musim maupun pengendara sepeda dan sepeda motor. Teknologi lain yang ditawarkan oleh layar Sony Xperia Z3 Compact adalah smart backlight control yang memungkinkan layar tetap dalam kondisi menyala (awake) selama pengguna masih memandangnya.

Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6

Perbandingan Spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6

iPhone 6 mengandalkan prosesor dual-core A8 dengan kecepatan 1.4 GHz dan RAM 1 GB untuk performa kecepatannya. Sedangkan Sony Xperia Z3 Compact menggunakan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 801 berkecepatan 2.5 GHz berikut RAM 2 GB. Sudah bisa ditebak bukan mana yang mencatat point lebih tinggi dalam benchmark?

Untuk benchmark prosesor dengan Geekbench 3 memang Sony Xperia Z3 Compact sedikit lebih unggul dibanding iPhone 6. Namun pada pengujian dengan GFXBench iPhone 6 tampil sedikit lebih baik atas kompetitornya itu. Pengujian dengan Sunspider lagi-lagi menempatkan iPhone 6 sebagai pemenang mutlak atas Sony Xperia Z3 Compact.

Soal dukungan konektivitas keduanya berimbang. Namun pada performa baterai, Sony Xperia Z3 Compact yang menggunakan baterai dengan daya 2600 mAh mengalahkan iPhone 6 yang memiliki baterai berdaya 1810 mAh dengan cukup telak.

Perbandingan Kamera Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6

Sedangkan pada perbandingan fitur kamera memang berapa MP sensor yang diusung tidak lantas menjadi patokan kualitas foto yang dihasilkan. Namun untuk kasus perbandingan kamera Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6 ini dimana Xperia Z3 Compact menggunakan sensor 20.7 MP dan iPhone 6 8 MP, Sony Xperia Z3 Compact tampil sebagai pemenang karena mampu menghasilkan kualitas foto yang lebih baik dibanding kamera iPhone 6.

Rupa-rupanya Sony tak sekedar mengandalkan resolusi yang tinggi namun juga memberikan dukungan perangkat keras yang mumpuni termasuk lensa lebar (25 mm) sehingga foto yang dihasilkan tidaklah sembarangan.
Di bagian depan lagi-lagi Sony Xperia Z3 Compact yang memiliki kamera 2.2 MP unggul atas iPhone 6 dengan kamera 1.2 MP.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6


Perbandingan Harga Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6

iPhone 6 Sony Xperia Z3 Compact
Harga iPhone 6 Harga Sony Xperia Z3 Compact
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Pada perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. iPhone 6 ini Sony tampil sebagai pemenang bukan semata-mata karena harga Sony Xperia Z3 Compact yang lebih murah dibandingkan harga iPhone 6 namun sekaligus juga berkat performa serta fitur yang mampu mengungguli smartphone besutan Apple tersebut.