on

Spesifikasi dan Harga Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch Terbaru

Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon yang pertama kali dirilis pada tahun 2012 silam mendapat reaksi positif dari konsumen kalangan profesional dan pebisnis hanya dalam waktu singkat. Berkaca dari sukses sekaligus feedback yang diterima dari konsumen maka pabrikan asal Cina tersebut melanjutkan proyek ThinkPad X1 Carbon dari tahun ke tahun. Kini pada generasi terbaru Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon apa saja sebenarnya penyempurnaan serta perbedaannya dibanding generasi sebelumya?

Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon sesuai namanya tetap menggunakan sasis berbahan serat karbon sebagaimana diaplikasikan sejak generasi pertama beberapa tahun silam. Keunggulan dari bahan tersebut terletak dari sisi kekuatan sekaligus bobot yang lebih ringan dibanding aluminium. Semenjak tahun lalu sang produsen pun sudah menyertakan layar sentuh pada Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon.

Harga Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch Terbaru

Ulasan Spesifikasi Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Memang pada awalnya Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon ditujukan secara khusus untuk segmen korporat baik profesional maupun pebisnis. Namun dalam perkembangannya Lenovo tampak ingin mengakomodir segmen yang lebih luas sehingga fitur maupun konfigurasi yang ditawarkan lebih memfasilitasi kelompok konsumen yang meluas dibanding sebelumnya.

Untuk Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon ini perubahan yang dilakukan tampak lebih signifikan dibanding sebelumnya. Mula-mula perubahan itu bisa dilihat dari dimensinya yang lebih tipis sekaligus bobot yang lebih ringan. Peningkatan lain yang kentara terletak pada layar resolusi tinggi 2.560 x 1.440 pixels. Sedangkan di bagian keyboard pihak produsen menambahkan adaptive panel.

Dengan beberapa perubahan terutama di sektor dimensi dan bobot Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon sekali lagi menjadi laptop teringan dengan layar 14 inch. Bobotnya yang hanya 1.5 kg sulit untuk disamai laptop lain dengan spesifikasi serta ukuran layar setara dengannya.

Spesifikasi Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch Terbaru

Namun tidak semuanya berubah, satu hal yang tidak berubah dari generasi pertama adalah build quality-nya. Dan itu bukan merupakan fakta minus, pasalnya kekuatan casing Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon sudah memenuhi standar MIL-STD-810G yang umumnya diterapkan untuk peralatan militer. Bahkan untuk meminimalisir goresan yang mungkin terjadi pada panel keyboard maka pihak pabrikan masih menambahkan lapisan Corning Gorilla Glass yang umum ditemukan sebagai pelindung pada layar smartphone masa kini.

Penempatan port-nya difokuskan pada sisi kiri dan kanan, sementara pada sisi belakang tak ditemukan port apapun selain slot untuk menempatkan SIM card. Pada sisi kanan Anda akan menemukan port Gigabit ethernet serta USB 3.0. Sedangkan pada sisi kiri terdapat konektor OneLink, soket HDMI, Mini DisplayPort, USB 3.0 dan konektor headset.

Kualitas layar beresolusi tingginya sendiri tergolong superior dan meski bukan tipe matte karena merupakan layar sentuh namun tingkat refleksinya sangat minim. Sementara viewing angles-nya seperti biasa juga sangat luas. Satu-satunya kekurangan dari layar Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon adalah minimnya ketersediaan aplikasi yang mendukung resolusi 2.560 x 1.440 pixels, sehingga pada akhirnya Anda tetap akan lebih banyak menggunakan resolusi 1.600 x 1.900 pixels. Namun ThinkPad X1 Carbon bukan satu-satunya laptop beresolusi tinggi yang menghadapi dilema semacam ini, layar retina pada MacBook Pro pun mengalami kondisi yang sama.

Di sektor keyboard Lenovo dengan berani melakukan revisi tata letak, sesuatu yang nyaris tak pernah dilakukan oleh produsen lain. Pasalnya umumnya konsumen cenderung loyal terhadap merek tertentu karena sudah terbiasa dengan tata letak keyboard merek yang sudah dikenalnya sekian lama.

Harga Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch Terbaru

Tak hanya itu, meski selama bertahun-tahun laptop Lenovo terutama seri ThinkPad selalu dikenal memiliki keyboard terbaik dibanding merek lain namun pada Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon sedikit terjadi penurunan kualitas. Dibandingkan laptop Lenovo ThinkPad lainnya tekanan tombol pada keyboard X1 Carbon terasa lebih keras sekaligus pendek, tak berbeda dengan laptop merek lain.

Beruntung selain menyediakan touchpad, Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon juga masih mempertahankan TrackPoint yang lebih presisi digunakan dibanding touchpad.

Pada kualitas audio Lenovo tampak tidak mengesampingkan kualitasnya sama sekali. Kualitas audio yang dihasilkan oleh speaker bawaan Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon sangat memuaskan bass serta treble-nya terasa mantap sekaligus jernih meski di set pada level volume tertinggi sekalipun. Dukungan perangkat lunak Dolby Home Theatre v.4 makin menyempurnakan kualitasnya secara menyeluruh. Untuk penggunaan di dalam ruangan tambahan speaker eksternal nyaris tak diperlukan.

Harga Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch Terbaru

Lantas bagaimana dengan performanya sendiri? Prosesor Intel Core i5-4700 yang menjadi jantung performa didukung oleh RAM berkapasitas 8 GB terbukti cukup tangguh untuk melakukan multitasking maupun aplikasi kompleks seperti edit gambar ataupun edit video. Kinerja grafisnya sendiri dilayani oleh Intel HD 4400 yang performanya di atas rata-rata selama tahap pengujian.

Pada sisi lain panas yang dihasilkan mampu disirkulasikan dengan baik sehingga suhu laptop Lenovo ini secara keseluruhan relatif dingin dan stabil. Salah satu kekurangan Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon di sektor performa adalah kecepatan SSD yang sedikit lebih lambat dibanding SSD pada laptop lain sekelasnya.

Penyempurnaan dibanding generasi sebelumnya kembali terlihat di sektor performa baterai. Salah satu alasannya adalah penggunaan prosesor Intel generasi keempat yang lebih efisien dalam menggunakan sumber daya sekaligus minimal menghasilkan panas. Meski demikian beberapa kompetitor sekelas mampu menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik.

Kesimpulan Ulasan Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Cek Harga Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon
Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon
Harga Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch
Sony Xperia Z2


Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon sekali lagi membuktikan masih layak disebut sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya. Jika Anda membutuhkan laptop tahan banting sekaligus ringan dengan ukuran layar 14 inch maka tak ada pilihan lain yang lebih baik dibanding ThinkPad X1 Carbon. Namun jika ringan serta super kokoh bukan prioritas utama Anda tak ada salahnya mempertimbangkan alternatif lain yang meski build quality serta bobotnya tak sebaik X1 Carbon namun menawarkan performa baterai yang lebih baik berikut dukungan slot keping SD yang tak disediakan oleh Laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon.