on

Apa Saja Perbedaan Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A7?

Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A7 baru-baru ini secara resmi dirilis oleh Samsung melengkapi jajaran keluarga seri Galaxy A. Meski banderolnya sedikit berbeda namun pihak produsen sendiri menyebut bahwa keduanya berada pada kategori yang sama. Apa sebenarnya persamaan dan perbedaan antara Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A7?

Persamaan dan Perbedaan Antara Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A7

Apa Saja Perbedaan Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A7?


Persamaan antara Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A7 mula-mula tentu saja adalah casing yang terbuat dari metal. Casing metal ini sebenarnya memang merupakan ciri khas dari Samsung Galaxy seri A. Dengan layar yang lebih lebar yaitu 5.5 inch otomatis dimensi Samsung Galaxy A7 pun sedikit lebih besar yaitu 151 x 76 x 6.3 mm dengan bobot 141 gram. Sedangkan Samsung Galaxy A5 yang memiliki layar 5.0 inch dimensinya sedikit lebih kompak yaitu 139.9 x 69.7 x 6.7 mm dengan bobot 123 gram.

Layar Samsung Galaxy A7 bukan saja lebih lebar namun juga menawarkan resolusi lebih tinggi yaitu 1920 x 1080 pixels dengan kerapatan warna 401 ppi. Sedangkan layar Samsung Galaxy A5 dengan resolusi 1080 x 720 pixels menghasilkan kerapatan warna 294 ppi. Jadi dari sini bisa disimpulkan bahwa layar Samsung Galaxy A7 bukan semata-mata lebih besar namun juga memiliki kualitas yang lebih baik dibanding Galaxy A5.

Hal yang sama berlaku pula di sektor performa sebab sementara Samsung Galaxy A7 sudah mengadopsi prosesor octa core, Samsung Galaxy A5 masih menggunakan prosesor quad-core. Meski demikian untuk kapasitas RAM maupun media penyimpanan keduanya berimbang.

Di fitur kamera keduanya lagi-lagi berimbang karena sama-sama dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP untuk mengakomodir semakin maraknya trenda foto selfie. Kamera tersebut juga mampu merekam klip dengan format full HD pada 30 fps didukung oleh LED flash, face detection, soft touch dan beberapa fitur tambahan lainnya.

Sayangnya jika Samsung Galaxy A7 sudah tersedia dalam versi dual SIM tidak demikian halnya dengan Galaxy A5 sebab pihak pabrikan sejauh ini tetap ngotot menyediakan Galaxy A5 versi single SIM saja. Untuk mendukung konfigurasi hardware yang lebih tinggi termasuk layar dengan resolusi tinggi maka kapasitas baterai Samsung Galaxy A7 pun sedikit lebih besar yaitu 2600 mAh sedangkan Samsung Galaxy A5 cukup 2300 mAh.

Pilih Samsung Galaxy A7 atau Samsung Galaxy A5?

Harga Samsung Galaxy A3 dan Samsung Galaxy A5
Samsung Galaxy A3 Samsung Galaxy A5
Harga Samsung Galaxy A3 Harga Samsung Galaxy A5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Berdasarkan uraian singkat perbedaaan antara Samsung Galaxy A7 dan Samsung Galaxy A5 maka bisa disimpulkan jika Anda selalu menggunakan aplikasi kompleks dan berat termasuk multitasking maka sudah pasti Samsung Galaxy A7 bakal terasa ideal. Sebaliknya jika sekedar untuk keseharian pada dasarnya Samsung Galaxy A5 sudah lebih dari cukup untuk saat ini.