on

Kupas Samsung Galaxy A5: Layakkah Harganya Semahal Itu?

Samsung Galaxy A5 akhirnya secara resmi masuk di Indonesia bersamaan dengan anggota keluarga Galaxy seri A lainnya yaitu Samsung Galaxy A3. Banderolnya cukup mahal dan bukan dalam daya beli kebanyakan orang di emerging markets seperti Indonesia. Selain casing metal dan desain premium apa sebenarnya yang ditawarkan oleh HP Samsung Galaxy terbaru tersebut hingga dibanderol semahal itu?

Samsung Galaxy A5 memang layak mendapatkan apresiasi dari sisi desain. Berbeda dengan handset Samsung seri lain yang berkesan murahan, sama seperti Galaxy A lainnya, Galaxy A5 mampu menghadirkan kesan elegan dan berkelas. Lewat ulasan berikut kami akan mencoba melihat lebih dekat sosok Samsung Galaxy A5 yang baru saja masuk Indonesia.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A5


Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy A5 Versi Indonesia

Screen 5-inch Super AMOLED display

720p resolution, 294 ppi
Size and Weight139.3 x 69.7 x 6.7 mm

123 grams
Cameras13 MP rear camera

5 MP front-facing camera
Memory and Storage2 GB RAM

16 GB storage, expandable up to 64 GB
Processor1.2 GHz quad-core 64-bit Qualcomm Snapdragon 410

Adreno 306 GPU
Sensors GPS, Accelerometer, Compass, Proximity
Networks3G/4G LTE
WirelessWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot

Bluetooth 4.0
Portsmicro-USB 2.0
Battery2,300 mAh
OS Android 4.4 KitKat

Desain unibody berikut material metal untuk kesekian kalinya disebut dan untuk kesekian kalinya pula layak mendapatkan apresiasi. Meski demikian di luar itu sebenarnya Samsung terlihat belum rela untuk move on dengan mengembangkan desain baru, sebab secara umum masih banyak kesamaan bentuk antara Samsung Galaxy A5 dengan smartphone Android Samsung Galaxy lain yang sudah beredar sebelumnya.

Sisi positif lainnya adalah meski menggunakan material metal namun bobotnya masih relatif ringan yaitu 123 gram. Demikian pula sisi ketebalannya masih mampu diminimalisir menjadi 6,7 mm saja. Secara umum Samsung Galaxy A5 mampu menghadirkan nuansa sebuah ponsel kelas high-end dari sisi desain serta build quality namun dengan harga setara ponsel kelas menengah.

Tak hanya itu sebab pihak produsen pun menempatkan layar Super AMOLED berukuran 5 inch dengan resolusi HD (720 pixels) dan kerapatan warna 294 ppi. Layar yang mendominasi sekitar 71% dari total luas panel depan ini mampu menghadirkan reproduksi warna yang tajam dan natural khas layar Super AMOLED yang sudah menjadi andalan Samsung selama beberapa tahun belakangan. Lagi-lagi kualitas layarnya terbilang superior untuk ukuran sebuah ponsel kelas menengah.

Samsung Galaxy A5 di Indonesia

Kualitas Samsung Galaxy A5

Namun bagaimana dengan performanya sendiri? Di sektor ini Samsung memercayakan prosesor quad-core 64 bit Snapdragon 410 dengan laju maksimal 1.2 GHz bersama dengan GPU Adreno 360 dan RAM sebesar 2 GB sebagai penanggungjawabnya. Penggunaan prosesor 64 bit ini menunjukkan bahwa dalam waktu dekat pihak produsen sudah berencana memberikan update Android Lollipop untuk Samsung Galaxy A5.

Performa Snapdragon 410 relatif handal untuk penggunaan sehari-hari bahkan secara umum bisa disejajarkan dengan Snadpragon 805 yang digunakan untuk ponsel Android kelas high-end. Gejala lag sama sekali tak ditemukan meski tampilan antar muka TouchWiz seperti biasa relatif kaya dengan animasi jika dibandingkan tampilan antar muka lainnya. Hal yang sama berlaku juga saat menjalankan aplikasi yang lebih kompleks seperti game maupun kala melakukan multitasking.

Di sektor media penyimpanan Samsung Galaxy A5 hadir dengan kapasitas memori internal 16 GB dan mendukung memori eksternal hingga kapasitas 64 GB. Sedangkan jaringan yang didukung adalah jaringan LTE via nano dual SIM yang sedang populer di pasar Asia.

Sayangnya entah atas alasan apa Samsung Mobile menempatkan speaker pada bagian belakang tepatnya di sebelah kamera utama yang cenderung mudah tertutup oleh tangan terlebih kala diposisikan dalam mode landscape.

Kamera Samsung Galaxy A5

Selain itu hal lain yang bisa membuat calon pembeli berpikir dua kali adalah fakta bahwa demi melahirkan desain unibody maka Samsung Galaxy A5 menggunakan baterai tipe non removable sebagai kompensasinya. Pada sisi lain performa baterai dengan daya 2300 mAh-nya sendiri cukup memuaskan dan sanggup bertahan selama sehari untuk penggunaan normal.

Untuk fitur kamera seperti biasa Samsung Galaxy terkenal menyajikan kamera berkualitas untuk handset kisaran harga Rp 3,5 juta ke atas. Hal yang sama tentu berlaku pula untuk kamera utama 13 MP milik Samsung Galaxy A5. Selain mampu menghasilkan foto yang bersih dengan detil baik kinerja kamera ini juga tergolong sangat cepat. Memang pada kondisi lingkungan atau ruangan dengan pencahayaan tidak ideal kualitasnya sedikit berkurang namun tetap dalam kategori baik untuk ukuran sebuah kamera smartphone di kisaran harga ini.

Sedangkan kamera depan dengan sensor 5 MP yang dimaksudkan untuk para penggemar selfie sudah jelas tidak menghasilkan detil dan kualitas yang setara dengan kamera utama. Hal ini cukup wajar mengingat para selfie mania umumnya juga sekedar menggunakan foto-foto tersebut untuk diunggah di media sosial bukan untuk dicetak. Kualitas kamera depan ini sendiri lebih banyak ditunjang oleh software ketimbang hardware berkualitas.

Pengalaman Samsung Galaxy A5

Kesimpulan dan Harga Samsung Galaxy A5 Versi Indonesia

Harga Samsung Galaxy A3 dan Samsung Galaxy A5
Samsung Galaxy A3 Samsung Galaxy A5
Harga Samsung Galaxy A3 Harga Samsung Galaxy A5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Harga Samsung Galaxy A5 di Indonesia saat ini ada di kisaran Rp 5-5,2 juta-an. Dengan desain dan build quality apik, belum lagi performa Snapdragon 410 yang mumpuni plus kamera dengan kualitas baik rasa-rasanya harga tersebut tidak terlalu mahal. Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan sebuah ponsel Android kelas menengah di kisaran harga tersebut sudah pasti Samsung Galaxy A5 adalah salah satu kandidat penting yang tak boleh dilewatkan selama Anda tak berkeberatan dengan baterai tipe non-removable.