on

Asus ZenFone 2 – Smartphone Canggih dari Asus

Asus ZenFone 2 diperkenalkan oleh produsen asal Taiwan pada gelaran CES lalu sebagai flagship model terbaru mereka di tahun 2015. Beberapa fitur yang dimiliki menjadikannya menarik perhatian dalam ajang tersebut. Di antaranya adalah kamera 13 MP berikut teknologi PixelMaster serta kamera depan yang secara khusus diperuntukkan bagi aktivitas selfie.

Asus ZenFone 2 tentu saja bukan hanya mengunggulkan kamera depan dan belakang. Di sektor performa misalnya Asus sudah melengkapi dengan prosesor 64 bit dalam rangka mengoptimalisasi sistem operasi Android Lollipop yang menjadi standarnya. Bagian paling menarik tentu saja adalah harga Asus ZenFone 2 yang dibanderol mulai 200 Euro.

Harga Asus ZenFone 2


Desain dan Spesifikasi Asus ZenFone 2

Sebagaimana umumnya flagship model dewasa ini yang mengusung layar berukuran lebar demikian pula halnya Asus ZenFone 2 mengusung layar 5.5 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixels dengan kerapatan warna 403 ppi. Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar tersebut maka Asus juga memberikan pelindung Corning Gorilla Glass 3 pada smartphone Asus ZenFone terbaru ini.

Salah satu hal yang menonjol dari Asus ZenFone 2 adalah estetika desainnya dimana casing-nya sendiri terbuat dari metal sehingga memperkuat kesan elegan yang dimilikinya. Untuk menjaga dimensinya agar tidak terlalu tebal maka Asus meniru langkah LG yang menempatkan tombol pengatur volume ke bagian belakang tepatnya di bawah kamera utama. Dengan bobot 170 gram ponsel ini terasa solid namun tetap ringan dalam genggaman.

Di sektor kamera Asus kembali mengandalkan teknologi PixelMaster yang diklaim mampu memberikan pencahayaan 400% lebih terang kala mengambil foto dalam kondisi pencahayaan yang tidak ideal. Berkat teknologi ini keberadaan lampu flash tidak mutlak diperlukan. Kamera 13 MP –nya sendiri didampingi oleh dual-tone flash yang terdiri dari dua dioda masing-masing berwarna orange dan putih dengan tujuan menghasilkan warna yang lebih natural. Lensa f/2.0 terdiri atas lima elemen dengan fungsi Zero Shutter Lag untuk mengambil foto dengan lebih cepat.

Spesifikasi Asus ZenFone 2

Kamera 5 MP pada bagian depannya pun memiliki lensa dengan konstruksi yang sama dengan kamera bagian belakang hanya saja lensanya lebih luas dalam rangka mengakomodir foto selfie secara berkelompok.

Meski untuk Asus Pegasus X002 perusahaan asal Taiwan itu meninggalkan Intel. Namun kali ini Asus kembali memercayakan performa smartphone terbarunya pada chipset Intel. Kali ini prosesor quad-core Intel Atom de 64 bit dengan laju maksimal 2.3 GHz menjadi pilihannya. Sedangkan GPU PowerVR yang diusung sudah mendukung OpenGL 3.0. Soal kapasitas RAM-nya Asus ZenFone 2 tersedia dalam dua pilihan masing-masing 2 GB dan 4 GB. Demikian pula kapasitas memori internal-nya pabrikan asal Taiwan itu memberi keleluasaan kepada calon konsumen untuk memilih antara kapasitas 16, 32 atau 64 GB. Dan semuanya mendukung pula memori eksternal hingga kapasitas maksimal 64 GB.

Konektivitas yang didukung oleh Asus ZenFone 2 sudah sangat komplet meliputi 4G/LTE, 3G, dual-band WiFi, Bluetooth 4.0, DLNA, NFC, GPS, micro USB, dual SIM serta NFC.

Pihak produsen melengkapi Asus ZenFone 2 dengan baterai 3.000 mAh didukung fitur quick-charge yang mampu mengisi ulang daya baterai sebanyak 60% hanya dalam waktu kurang dari 40 menit.

Harga Asus ZenFone 2

Harga Asus ZenFone 2 seperti sudah disebut di awal dibuka mula 200 Euro untuk versi memori internal 16 GB. Untuk harga tersebut dimana konsumen sudah bisa memiliki smartphone Android dengan layar 5.5 inch FullHD, kamera 13 MP dan 5 MP belum lagi pengalaman perdana menjalankan Android Lollipop rasa-rasanya tak butuh waktu lama bagi Asus ZenFone 2 untuk mengancam para kompetitornya.