on

Kelebihan iPhone 6 Dibanding iPhone 5s

iPhone 6 yang baru saja dirilis sudah pasti membawa begitu banyak perubahan yang signifikan jika dibandingkan iPhone 5s. Namun bagi sebagian besar pemilik iPhone 5s yang paling lama baru menggunakannya selama setahun tentu timbul pertanyaan layakkah mengganti iPhone 5s yang dimiliki dengan iPhone 6? Sementara bagi mereka yang masih menggunakan iPhone 5 atau bahkan seri lebih lawas lagi tentu juga mempertimbangkan selisih harga iPhone 5s dengan harga iPhone 6 yang mencapai Rp 3 juta.

Ada banyak hal ketika mempertimbangkan pilihan dalam skenario di atas. Tentu berawal membandingkan iPhone 5s dengan iPhone 6 pada akhirnya yang lebih penting lagi adalah memahami apa saja kelebihan iPhone 6 dibanding iPhone 5s sehingga calon pembeli bisa mempertimbangkan apakah selisih nilai sekitar Rp 3 juta tersebut memang layak dibelanjakan untuk membeli seri iPhone terbaru tersebut.

Kelebihan iPhone 6 Dibanding iPhone 5s


Kelebihan iPhone 6 Dibanding iPhone 5s

Perbandingan iPhone 6 dan iPhone 5s pada artikel ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk membandingkan spesifikasi keduanya. Sebab selain perbandingan semacam itu sudah banyak dibahas di berbagai situs referensi juga seringkali tidak aplikatif dalam penggunaan sehari-hari. Kali ini perbandingan lebih dimaksudkan untuk memahami apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh iPhone 6 dan tak dimiliki oleh iPhone 5s.

Pertama-tama kelebihan iPhone 6 tentu tampak dari layar yang lebih besar berikut resolusi yang juga lebih tinggi. Seperti sudah pernah kami singgung sebelumnya bahwa dari sisi kualitas tak banyak perbedaan yang langsung terasa antara layar iPhone 6 dengan iPhone 5s. Namun dari sisi kepraktisan ukuran layar 4.7 inch pada iPhone terbaru ini relatif ideal. Pada satu sisi tidak terlalu kecil sehingga pengoperasian serta interaksinya lebih nyaman, namun pada sisi lain juga tidak sebesar layar iPhone 6 Plus atau smartphone high-end lainnya yang berdampak negatif pada poin kepraktisan itu sendiri.

Layar 4.7 inch pada iPhone 6 masih memungkinkan penggunanya untuk mengoperasikan dengan satu tangan, kala menyimpan di dalam saku pun tidak terasa merepotkan. Bagi mayoritas konsumen pria tentu situasi ini adalah sebuah keunggulan.

Meski layarnya lebih besar dibanding iPhone 5s namun pada sisi lain ketebalan iPhone 6 justru berkurang jika dibanding pendahulunya itu. Jika iPhone 5s memiliki ketebalan 7.6 mm penerusnya hanya memiliki tebal 6.9 mm. Perbedaan tersebut lagi-lagi jelas terasa ketika membandingkan keduanya secar bersamaan.

Kamera iPhone 6 pun sebenarnya lebih baik jika dibanding iPhone 5s. Bagi sebagian besar konsumen awam nilai MP pada kamera selalu dijadikan patokan untuk menilai kualitas sebuah kamera. Karenanya tak mengherankan jika banyak yang beranggapan bahwa kualitas kamera iPhone 6 tidak berbeda dengan kamera iPhone 5s karena sama-sama memiliki sensor 8 MP. Faktanya ada cukup banyak perbedaan antara keduanya. Beberapa keunggulan kamera iPhone 6 yang tak dimiliki oleh iPhone 5s meliputi: auto focus yang lebih cepat, kemampuan merekam klip dengan kecepatan 60 fps, mode Super Slow Motion kala merekam video, fitur Cinematic Video Stabilization, face detection yang lebih akurat serta fitur continuing auto focus selama merekam video.

Pada sisi performa jelas iPhone 6 yang menggunakan kombinasi prosesor A8 dan M8 mampu mengungguli iPhone 5s. Memang iPhone 5s sendiri juga masih termasuk salah satu smartphone tercepat yang ada saat ini, namun iPhone 6 menawarkan performa yang lebih baik dibanding pendahulunya.

Kelebihan iPhone 6 Dibanding iPhone 5s

Dari sisi dukungan tentu saja iPhone 6 yang dirilis belakangan juga lebih menguntungkan dibanding iPhone 5s yang sudah berumur setahun. Seperti sudah diketahui bahwa Apple memberikan dukungan resmi untuk sebuah produk hingga dua tahun sejak produk tersebut dirilis. Jika Anda termasuk yang suka bergonta-ganti HP setiap satu atau dua tahun sekali tentulah fakta ini tak jadi soal, namun jika Anda termasuk jenis konsumen yang mempertahankan smartphone hingga benar-benar tak sanggup lagi bekerja maka semakin baru tentu semakin baik.

Dari sisi hiburan iPhone 6 juga membawa peningkatan yang cukup signifikan dibanding iPhone 5s, salah satunya adalah kualitas speaker. Jika speaker iPhone 5s banyak dikeluhkan karena volumenya tidak cukup tinggi maka kondisi yang sama tidak lagi dialami oleh pengguna iPhone 6. Memang jika Anda menggunakan di luar ruangan tentu saja headset atau portable speaker masih dibutuhkan. Namun di dalam rumah dengan ukuran sedang Anda masih bisa mendengarkan musik yang diputar dengan iPhone 6 tanpa memerlukan bantuan speaker eksternal.

Kesimpulan Kelebihan iPhone 6 Dibanding iPhone 5s

Perbandingan Harga iPhone 6 vs. iPhone 5s
Apple iPhone 6 Apple iPhone 5s
Harga iPhone 6 Harga iPhone 5s
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Perbandingan harga iPhone 6 dan iPhone 5s seperti sudah disinggung berkisar Rp 3 juta-an. Saat ini harga iPhone 6 di Indonesia ada di kisaran Rp 10,5 juta-an untuk versi memori internal 16 GB, sementara harga iPhone 5s dengan kapasitas memori internal yang sama ada di kisaran Rp 7,5 juta-an. Setelah menilik berbagai kelebihan di atas jika memang anggaran yang tersedia memungkinkan maka sudah pasti membeli iPhone 6 lebih menguntungkan dalam jangka panjang dibanding iPhone 5s yang mungkin hanya optimal manfaatnya selama setahun ke depan.