on

Komparasi Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S5

Samsung Galaxy S4 vs. Samsung Galaxy S5, mana yang Anda pilih antara kedua ponsel high-end keluaran Samsung Mobile tersebut? Selisih harga Samsung Galaxy S4 dan harga Samsung Galaxy S5 sendiri tidak terpaut beda. Bahkan di beberapa retailer harga kedua smartphone Android Samsung Galaxy tersebut hanya berselisih sekitar Rp 500 ribu-an.

Dimensi Samsung Galaxy S4 vs. Samsung Galaxy S5 di atas kertas tidak terlalu berbeda satu sama lain, hanya saja dalam genggaman dimensi Samsung Galaxy S5 tetap terasa lebih besar dibanding pendahulunya itu. Perbandingan bobot 130 gram vs. 145 gram pun kembali menempatkan Samsung Galaxy S5 terasa lebih berat dibanding Galaxy S4. Sementara di luar itu keduanya sama-sama masih menggunakan casing plastik, meski bagian belakang Samsung Galaxy S5 mengadopsi faux leather tapi faktanya back cover tersebut tidak terlalu istimewa sebagaimana diiklankan oleh Samsung Mobile.

Komparasi Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S5


Komparasi Spesifikasi Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S5

Kualiltas layar Samsung Galaxy S4 vs. Samsung Galaxy S5 tidak terlalu jauh berbeda. Bahkan justru di bagian ini Samsung Galaxy S4 lebih unggul dibanding Samsung Galaxy S5. Karena dengan resolusi yang sama persis lebar layar S5 yang 0.1 inch lebih lebar dibanding S4 menyebabkan kerapatan warna layar Samsung Galaxy S5 (432 ppi) tak setinggi Samsung Galaxy S4 (431 ppi).

Di sektor fitur ada beberapa keunggulan Samsung Galaxy S5 atas Galaxy S4 meski sebenarnya fitur-fitur tersebut sekedar bersifat gimmick. Diantaranya adalah pemindai sidik jari serta pendeteksi detak jantung. Aplikasi kesehatan tersebut bekerja dengan memanfaatkan sensor yang terletak pada bagian bawah belakang handset Samsung Galaxy S5.

Di atas kertas spesifikasi Samsung Galaxy S5 memang lebih terbarui dibanding Samsung Galaxy S4. Prosesor yang menjadi andalan flagship model terkini dari Samsung Mobile tersebut adalah Exynos Octa 542x, sedangkan pada flagship model sebelumnya masih menggunakan Exynos 5 Octa 5410. Meski demikian pada prakteknya meski perbedaan kecepatan itu terasa namun tidak terlalu signifikan. Keduanya sama-sama didukung oleh RAM dengan kapasitas 2 GB, gejala lag saat menjalankan aplikasi tertentu yang kadang terasa kala menggunakan Samsung Galaxy S4 masih tetap dirasakan oleh pengguna Samsung Galaxy S5. Justru masalah tersebut baru bisa diatasi oleh smartphone Android kelas mid-end terbaru keluaran Samsung Mobile yaitu Samsung Galaxy Alpha.

Komparasi Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S5

Daya baterai kedua smartphone Android Samsung Galaxy tersebut juga tidak terlalu berbeda dimana Samsung Galaxy S5 menggunakan baterai dengan daya 2800 mAh dan Samsung Galaxy S4 2600 mAh. Meski demikian keberadaan fitur Ultra Power Saving Mode membuat daya baterai S5 bisa dihemat meski konsekuensinya layar hanya menampilkan warna hitam-putih saja.

Kualitas kamera utama Samsung Galaxy S5 sedikit lebih baik dibanding Samsung Galaxy S4 berkat sensor 16 MP dimana pada pendahulunya masih menggunakan sensor 13 MP. Namun pada bagian depan tak ada perbedaan antara keduanya.

Kesimpulan Komparasi Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S5

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S5
Samsung Galaxy S4 Samsung Galaxy S5
Harga Samsung Galaxy S4 Harga Samsung Galaxy S5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Jadi akhirnya pilih Samsung Galaxy S4 atau Samsung Galaxy S5 berdasar komparasi di atas? Meski perubahannya tak terlalu signifikan namun karena selisih harga keduanya tidak seberapa maka Samsung Galaxy S5 tetap merupakan pilihan yang lebih baik. Namun bagi pemilik Samsung Galaxy S4 rasa-rasanya tak terlalu bermanfaat untuk melakukan upgrade ke Samsung Galaxy S5.