on

Komparasi Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820

Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820 keduanya sama-sama ponsel Android yang mengusung layar berukuran lebar dan menjadikannya masuk dalam kategori phablet. Pada satu sisi Huawei Ascend Mate 7 dengan casing aluminium hadir dengan kesan elegan. Sementara di sisi lain HTC Desire 820 yang colorful tampak lebih ceria dan menarik bagi segmen konsumen usia muda.

Komparasi Fitur dan Spesifikasi Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820

Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820 sendiri meski sama-sama mengusung layar lebar namun pendekatan berikut spesifikasi keduanya berbeda satu sama lain. Pada fitur kamera misalnya, keduanya sama-sama mengusung kamera utama 13 MP didukung oleh LED flash dan auto focus. Sementara pada kamera depan meski sama-sama menawarkan kamera dengan sensor lebih lebar dibanding rata-rata smartphone Android lain namun HTC Desire 820 dengan 8 MP sedikit lebih unggul dibandingkan Huawei Ascend Mate 7 dengan 5 MP.

Komparasi Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820

Komparasi Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820


Dimensi keduanya nyaris identik, namun berhubung Huawei Ascend Mate 7 menggunakan casing dengan bahan metal maka bobotnya pun bertambah sekitar 30 gram dibanding HTC Desire 820 yang menggunakan casing plastik. Pada perbandingan dukungan konektivitas keduanya berimbang, demikian pula pada sistem operasi dimana keduanya sama-sama menjalankan Android KitKat 4.4.

Sebagaimana sudah disebut pada perbandingan HTC Desire 820 vs. Samsung Galaxy Alpha sebelumnya bahwa Desire 820 adalah smartphone Android kelas menengah pertama yang menggunakan prosesor 64 bit. Pada dasarnya spesifikasi Desire 820 layak disejajarkan dengan smartphone Android kelas high-end, namun demi menghemat biaya produksi perusahaan asal Taiwan itu hanya menempatkan layar dengan resolusi HD bukannya full HD.

Karena itu meski dalam beberapa hal HTC Desire 820 tampak setara atau bahkan lebih unggul dibandingkan Huawei Ascend Mate 7 namun kualitas layarnya jelas kalah jika dibandingkan layar Huawei Ascend Mate 7 yang memiliki resolusi FHD dengan kerapatan warna 368 ppi.

Performa HTC Desire 820 dengan prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 64 bit memang di atas kertas tampak menjanjikan. Namun sayangnya tanpa sistem operasi Android Lollipop maka prosesor 64 bit pada dasarnya sia-sia, potensi maksimalnya tidak bisa termanfaatkan. Padahal kemungkinan besar HTC Desire 820 memang tidak akan pernah mendapatkan update Android Lollipop secara resmi.

Kembali bicara soal fitur, HTC Desire kembali unggul karena sudah mengadopsi teknologi BoomSound pada sektor audio yang digunakan juga oleh seri yang lebih tinggi yaitu HTC One M8. Sejauh ini kualitas audio yang dihasilkan oleh smartphone keluaran HTC dengan teknologi BoomSound masih menjadi yang terbaik dibandingkan merek-merek lain.

Komparasi Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820

Komparasi Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820

Huawei Ascend Mate 7 pada sisi lain memang kalah dari HTC Desire 820 baik dalam fitur kamera dan audio maupun prosesor karena bagaimanapun prosesor HiSilicon buatan Huawei belum mampu menyamai Qualcomm. Namun demikian penggunaan casing alumium berikut bezel yang terbuat dari metal dan diberi kelir hitam mampu memberikan kesan premium dibandingkan HTC Desire 820.

Keunggulan lain Huawei Ascend Mate 7 dibanding HTC Desire 820 selain di sektor desain serta kualitas layar adalah juga baterai berdaya 4100 mAh yang menjadikan ponsel Android buatan HTC ini mampu bertahan selama 2 hari penuh pada penggunaan normal.
Dan meski sebenarnya merupakan fitur gimmick namun keberadaan fitur pemindai sidik jari harus tetap diperhitungkan sebagai keunggulan Huawei Ascend Mate 7 atas HTC Desire 820.

Kesimpulan Komparasi Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820

Dengan asumsi bahwa HTC Desire 820 tidak akan mendapatkan update Android Lollipop maka Huawei Ascend Mate 7 tampil sebagai pemenang dalam komparasi antara Huawei Ascend Mate 7 vs. HTC Desire 820 kali ini. Memang prosesor Qualcomm lebih kredibel ketimbang HiSilicon Kirin, namun nyataanya tidak ada masalah apapun juga pada performa Huawei Ascend Mate 7 sehingga fakta tersebut bisa dikesampingkan. Sebaliknya tanpa Android Lollipop maka prosesor 64 bit milik HTC Desire 820 bukanlah sebuah keunggulan yang bisa diperhitungkan.