on

Perbandingan Singkat LG G Flex 2 dan LG G3

LG G Flex 2 dan LG G3 kini menempati kasta teratas di jajaran lini produk smartphone milik perusahaan asal Korea tersebut. Diumumkan pada gelaran CES 2015 dan akanresmi dirilis dalam beberapa minggu kedepan LG G Flex 2 disebut-sebut berpotensi menggoyang popularitas Samsung Galaxy Note Edge. Meski harganya sendiri belum resmi dirilis namun banyak calon konsumen yang kini membandingkan antara LG G Flex 2 dan LG G3.

LG G Flex 2 dan LG G3 memiliki keunggulan di sektor layar jika dibandingkan smartphone dan phablet Android lainnya. Namun diantara keduanya mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan berikut ekspektasi Anda selaku calon pembeli? Berikut adalah perbandingan singkat LG G Flex 2 dan LG G3.

Perbandingan Singkat LG G Flex 2 dan LG G3

Perbandingan Singkat Spesifikasi LG G Flex 2 dan LG G3

Category LG G Flex 2 LG G3
Display 5.5-inch 1080x1920 Plastic OLED (403 ppi) 5.5-inch 1440x2560 IPS LCD (538 ppi)
Operating system Android 5.0 Lollipop Android 4.4 KitKat
(5.0 Lollipop upgrade available in some countries)
Processor Qualcomm Snapdragon 810 at 2.0 GHz Qualcomm Snapdragon 801 at 2.5 GHz
RAM 2GB or 3GB LPDDR4, depending on region 2GB or 3GB LPDDR3, depending on region
Storage 16GB or 32GB eMMC, microSD card 16GB or 32GB eMMC, microSD card
Rear camera 13 megapixels with OIS+, laser autofocus, dual flash 13 megapixels with OIS+, laser autofocus, dual flash
Front camera 2.1 megapixels 2.1 megapixels
Network 3xCA, 300Mbps theoretical max 4G LTE, speed varies by region
Battery 3,000 mAh non-removable with quick charging 3,000 mAh removable battery
Size 149.1 x 75.3 x 7.1-9.4mm 146.3 x 74.6 x 8.9mm
Weight 152 grams 149 grams
Connectivity Wifi 802.11 ac, Bluetooth 4.1, USB 2.0, NFC Wifi 802.11 ac, Bluetooth 4.0 LE + APT-x, NFC, USB 2.0

LG G G3 sebagaimana sudah pernah dibahas sebelumnya masih mengandalkan prosesor 32 bit dari Snapdragon 801, sementara LG G Flex 2 yang baru saja diperkenalkan sudah menggunakan prosesor 64 bit Snapdragon 810. Kinerja prosesor LG G3 sendiri sangat memuaskan namun dengan asumsi keduanya sama-sama menjalankan Android Lollipop maka sudah barang tentu lebih banyak manfaat yang didapat dari prosesor 64 bit dibanding 32 bit. Saat ini sebagian besar unit LG G3 sudah mendapatkan update Android Lollipop dan LG G Flex 2 sendiri sejak awal memang sudah menjalankan Android 5.0.1 Lollipop maka di sini sudah kentara bahwa di sektor performa LG G Flex 2 lebih handal dibanding LG G3.

Seperti halnya dengan LG G Flex generasi pertama, LG G Flex 2 pun menawarkan desain layar melengkung (mengkurva) sebagai daya tarik utamanya. Meski demikian dari sisi resolusi maupun kerapatan warna layar LG G Flex 2 masih di bawah LG G3. Jika LG G3 terkenal karena layar resolusi QHD dengan kerapatan 538 ppi maka LG G Flex 2 hanya menawarkan resolusi Full HD dan kerapatan warna 245 ppi. Meski di atas kertas LG G3 unggul atas LG G Flex 2 di point ini namun pada prakteknya layar LG G Flex 2 bukan saja menawarkan sensasi yang unik namun layar P-OLED ini mampu menampilkan warna-warna solid lebih pekat dibandingkan layar IPS milik LG G3. Karena itu secara subjektif kami masih menilai LG G Flex 2 unggul atas LG G3 pada point perbandingan kali ini meski layar IPS LG G3 sendiri termasuk istimewa karena mampu menampilkan komposisi warna yang lebih natural.

Point ketiga yang merupakan satu dari dua fitur yang dianggap penting oleh calon konsumen smartphone selain kualitas layar yaitu kamera menempatkan keduanya benar-benar berimbang. Tidak ada penyempurnaan atau penambahan apapun pada kamera LG G Flex 2 dibanding kamera LG G3. Sensor 13 MP berikut dukungan laser autofocus, OIS+ dan dual LED flash pada kedua phablet Android besutan LG Mobile ini benar-benar identik.

Di sektor performa baterai meski sama-sama menggunakan baterai dengan kapasitas 3.000 mAh namun sebagia besar konsumen pasti akan cenderung menjatuhkan pilihan pada LG G3 karena menggunakan baterai removable. LG G Flex 2 seperti pendahulunya masih mempertahankan tipe baterai non removable yang membuat sebagian besar konsumen meraa ragu menjatuhkan pilihan ke smartphone dengan tipe baterai yang tak bisa diganti seperti ini.

Kesimpulan Perbandingan Singkat LG G Flex 2 dan LG G3

Perbandingan Harga LG G Flex vs. LG G3
LG G Flex LG G3
Harga LG G Flex Harga LG G3
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Meski masih terlalu dini untuk membuat penilaian mana yang lebih baik dalam perbandingan LG G Flex 2 vs. LG G3 namun di atas kertas LG G Flex 2 tampaknya cukup layar dipertimbangkan. Meski demikian bagi calon konsumen ada baiknya menunggu beberapa bulan kedepan sebelum memutuskan, sebab kinerja LG G Flex generasi pertama sendiri kurang menggembirakan. Meski sudah banyak penyempurnaan dan perbaikan dilakukan oleh LG Mobile pada generasi kedua ini namun tidak ada salahnya sedikit bersabar.

Di pihak lain LG G3 sendiri masih tetap merupakan salah satu smartphone Android terbaik di kelas high-end, fitur gimmick yang dimilikinya memang tak sebanyak LG G Flex 2 dan oleh karena layarnya yang memiliki resolusi tinggi maka baterainya cenderung boros. Namun siapapun juga sudah pasti memahami bahwa konsekuensi baterai boros setimpal dengan resolusi serta performa tinggi, selain itu karena sudah beredar beberapa lama maka kualitasnya lebih teruji dibanding LG G Flex 2.