on

Perbandingan LG G Flex dan LG G3: Duel Smartphone Android LG Kelas High-end

LG G Flex dan LG G3 sama-sama smartphone Android kelas high-end keluaran pabrikan asal Korea LG. Kedua ponsel tersebut menjalankan sistem operasi Android 4.2.2 KitKat, bedanya jika LG G3 kini sudah menjalankan Android Lollipop tidak demikian dengan LG G Flex. LG G3 yang adalah penerus dari LG G2 sendiri memang lebih muda sekitar sembilan bulan dibanding LG G Flex.

Perbandingan Spesifikasi LG G Flex dan LG G3: Duel Smartphone Android LG Kelas High-end

Di sektor layar memang LG G3 yang hanya mengusung layar berukuran 5.5 inch sedikit lebih kecil dibandingkan LG G Flex dengan layar 6 inch. Namun dari sisi resolusi maupun kerapatan warna LG G3 jauh lebih unggul dibandingkan LG G Flex.
Pada fitur kamera kedua HP Android keluaran LG tersebut sama-sama mengandalkan kamera utama dengan sensor 13 MP dan kamera depan dengan sensor 2.1 MP. Bedanya pada LG G3 sudah dilengkapi dengan perintah suara dan image stabilization, kedua fitur tersebut belum dimiliki oleh LG G Flex. Kala digunakan untuk merekam klip pun kamera LG G3 menyediakan resolusi yang lebih tinggi dibanding LG G Flex.

Perbandingan LG G Flex dan LG G3


Meski sama-sama menggunakan prosesor quad-core dengan arsitektur Krait 400 namun LG G3 dipatok dengan kecepatan maksimal sedikit lebih cepat yaitu 2.5 GHz sementara LG G Flex 2.2 GHz. Kapasitas RAM LG G3 yang 3 GB pun jelas lebih unggul dalam multitasking dibandingkan LG G Flex dengan RAM 2 GB. Di luar itu keduanya sama-sama mengandalkan GPU Adreno 330 dan memori internal dengan kapasitas 32 GB. Sayangnya di Indonesia LG G3 hanya tersedia dalam versi RAM 2 GB baik untuk tipe memori internal 16 GB maupun 32 GB.

LG G3 lebih fleksibel dalam media penyimpanan karena masih menyediakan slot memori eksternal yang mendukung hingga kapasitas 128 GB. Meski tak semua orang membutuhkan tambahan memori eksternal sebagai media penyimpanan namun tak bisa pula dipungkiri bahwa keberadaannya memudahkan proses pemindahan data dari satu device ke device yang lain. Sayangnya fitur yang sama tak disediakan oleh LG G Flex.

Perbandingan LG G Flex dan LG G3

LG G3 disebut-sebut lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy S5, namun kalau mau dilihat secara objektif sebenarnya jika layar dengan resolusi QHD, auto focus berkecepatan tinggi serta dual flash yang adalah fitur unggulan LG G3 disingkirkan maka LG G3 tak lebih dari sekedar kloningan Samsung Galaxy S5. Fakta bahwa LG G3 mengandalkan Snadragon 801 sementara LG G Flex masih menggunakan Snapdragon 800 pun sebenarnya juga bukan perbedaan yang signifikan mengingat bahwa perubahan dari Snapdragon 800 ke 801 tak lebih dari sekedar evolusi dan bukannya revolusi.

Kapasitas baterai LG G3 yang 3000 mAh memang lebih kecil dibandingkan LG G Flex dengan 3500 mAh, namun pada sisi lain tipe baterai LG G3 yang removable umumnya lebih disukai ketimbang non-removable seperti pada LG G Flex.

Perbandingan LG G Flex dan LG G3

Perbandingan LG G Flex dan LG G3

Pada sisi lain keunggulan LG G Flex sendiri sesuai namanya terletak pada layar berkurva yang meski resolusi serta kerapatan warnanya tidak setinggi LG G3 namun ketika diposisikan mendatar mampu memberikan pengalaman unik bak menyaksikan film dengan televisi dengan layar mengkurva. Meski kualitasnya tak setara dengan layar QHD pada LG G3 namun resolusi 1280 x 720 pixels dengan kerapatan warna 245 ppi sendiri juga masih terkategori istimewa selama tak dibandingkan langsung dengan QHD pada LG G3.

Kesimpulan dan Perbandingan Harga LG G Flex dan LG G3: Duel Smartphone Android LG Kelas High-end

Perbandingan Harga LG G Flex vs. LG G3
LG G Flex LG G3
Harga LG G Flex Harga LG G3
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Baik LG G Flex maupun LG G3 keduanya sama-sama menawarkan keunggulan masing-masing. Dari sisi keunikan desain casing dan layar cukup jelas bahwa LG G Flex dengan layar berkurva terlihat lebih eksotis sekaligus unik dibandingkan LG G3. Namun pada sisi lain LG G3 menawarkan layar yang lebih baik serta performa yang sedikit lebih cepat, belum lagi keberadaan image stabilization serta perintah suara untuk mendukung optimalitas penggunaan kameranya.

Harga LG G3 saat ini ada di kisaran Rp 7 jutaan, sementara meski sudah lebih berumur namun karena keunikan layar serta fakta bahwa unitnya semakin langka di pasaran sementara peminatnya masih cukup tinggi maka harga LG G Flex di beberapa retailer justru dibanderol lebih mahal dibanding LG G3. Saat artikel ini dibuat harga LG G Flex ada di kisaran Rp 7 juta hingga Rp 9 juta-an.

Mana yang lebih baik tentu setiap calon pembeli memiliki preferensi dan pertimbangan masing-masing. Namun bagi kami LG G3 lebih unggul dibanding LG G Flex, karena selain layar berkurva pada dasarnya tak ada point dimana LG G Flex mengungguli LG G3. Selain itu mengingat sejarahnya LG memiliki track record buruk dalam memberikan dukungan update pada produk yang sudah lewat dari setahun maka kecil kemungkinan LG G Flex akan mendapatkan update Android Lollipop secara resmi.