on

Masih Sepadankah Membeli Samsung Galaxy S5 Saat Ini?

Dengan semakin santernya pemberitaan dan rumor terkini seputar flagship smartphone Samsung berikutnya yaitu Samsung Galaxy S6 maka timbul pertanyaan di benak calon konsumen: “Masihkah layak membeli Samsung Galaxy S5 saat ini?”. Samsung Galaxy S5 saat ini sudah berusia sekitar sembilan bulan dan meski belum terkonfirmasi kapan Samsung Galaxy S6 akan dirilis namun tentunya sebagai calon pembeli wajarnya berusaha bertindak sebagai smart buyer dengan mempertimbangkan beberapa aspek sebelum membelanjakan sejumlah uang untuk sebuah produk.

Samsung Galaxy S5 sendiri saat ini baru saja secara resmi mendapatkan update Lollipop yang membuatnya lebih produktif sekaligus menghibur ketimbang sebelumnya. Namun dengan harga yang hingga saat ini masih bertahan mendekati Rp 7 juta sepadankah berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S5? Lebih-lebih mengingat bahwa sejauh ini diyakini Samsung Mobile akan melakukan revolusi pada Galaxy S6 yang konon bakal berbeda sama sekali dengan Galaxy S3 hingga Galaxy S5. Artikel berikut mencoba membantu Anda yang sedang mempertimbangkan layak tidaknya membeli Samsung Galaxy S5.

Masih Sepadankah Membeli Samsung Galaxy S5 Saat Ini?


Jika sesuai jadwal sebagaimana yang terjadi selama ini maka semestinya Samsung Galaxy S6 akan diumumkan secara resmi oleh pihak pabrikan pada bulan Maret 2015 nanti. Sedangkan rilis resmi Samsung Galaxy S6 lagi-lagi jika melihat sejarahnya selama ini maka diprediksi pada bulan April tahun yang sama. Sejauh ini memang sudah banyak beredar kabar mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S6, namun mengingat secara resmi pihak Samsung sendiri belum memberi pernyataan apapun maka semua kabar yang beredar masih sebatas spekulasi, bahkan beberapa di antaranya tak lebih dari rubbish.

Namun yang perlu diingat adalah bahwa berbeda dengan yang sudah-sudah kali ini Samsung Mobile membangun dan merancang Samsung Galaxy S6 dari nol, jadi bukan tidak mungkin jika pengumuman berikut rilis resminya sedikit lebih mundur dari yang terjadi selama ini. Beberapa sumber non resmi namun kredibel bahkan memperkirakan bahwa HP Android Samsung Galaxy terbaru itu kemungkinan baru akan diumumkan pada kuartal ketiga tahun ini. Benar atau tidak tentu sampai saat ini segalanya masih sebatas spekulasi.

Terlepas dari kapan jadwal rilis resmi Samsung Galaxy S6, pastinya pihak pabrikan akan tetap secara resmi menjual Samsung Galaxy S5 hingga setahun kedepan sebagaimana sampai saat ini Samsung Galaxy S4 pun juga masih dijual secara resmi. Untuk membantu Anda memutuskan layak tidaknya membeli Samsung Galaxy S5 saat ini berikut adalah beberapa point yang perlu dipertimbangkan:

Masih Sepadankah Membeli Samsung Galaxy S5 Saat Ini?

Alasan Membeli Samsung Galaxy S5

Tidak setiap konsumen atau pengguna smartphone gemar memainkan game dengan HP nya, bahkan tak sedikit pula yang sama sekali tidak pernah memainkan game di ponsel. Untuk tipe konsumen demikian tentu membeli smartphone terbaru dengan konfigurasi hardware terbaru bukanlah faktor yang dianggap penting. Jika Anda termasuk di antaranya rasa-rasanya Samsung Galaxy S5 masih sangat layak dimiliki.

Performa baterai Samsung Galaxy S5 tergolong baik meski tidak seistimewa Sony Xperia Z3, dukungan desain yang anti debu dan anti air juga sudah barang tentu sangat bermanfaat apapun latar belakang profesi maupun aktivitas Anda. Dan meski harga handset-nya sendiri di Indonesia masih relatif stabil sampai tulisan ini dibuat namun harga aksesoris Samsung Galaxy S5 sebagian besar sudah mulai turun.

Kualitas Samsung Galaxy S5

Meski tidak semua pengguna smartphone gemar atau bahkan pernah memainkan game namun hampir 100% pengguna smartphone akan memanfaatkan fitur kamera, dan kamera Samsung Galaxy S5 masih menjadi salah satu yang terbaik sampai saat ini.

Kamera Samsung Galaxy S5

Alasan terakhir membeli Samsung Galaxy S5 tentu adalah Android Lollipop yang seperti sudah disebut mampu menambah nilai produktivitas serta hiburan dari flagship model terkini dari Samsung Mobile tersebut.

Alasan Tidak Membeli Samsung Galaxy S5

Sayangnya di balik beberapa alasan yang mengindikasikan Samsung Galaxy S5 masih layak dibeli ada pula beberapa faktor yang menjadi alasan sebaliknya. Seperti sudah disinggung bahwa harga Samsung Galaxy S5 di Indonesia sampai saat ini relatif stabil, bagi retailer tentu hal ini merupakan fakta positif namun tidak demikian halnya bagi konsumen.

Di beberapa pasar negara lain harga Samsung Galaxy S5 sudah didiskon besar-besaran karena retailer ingin menyiapkan space untuk model yang lebih baru. Namun berhubung perilaku konsumen smartphone di Indonesia cenderung masih memilih flagship model yang sudah berumur ketimbang smartphone kelas menengah namun lebih baru maka konsekuensinya harga flagship model cenderung stabil bahkan hingga dua atau tiga tahun kedepan. Kalaupun ada penurunan harga maka biasanya tidak seberapa. Fakta ini sebenarnya merupakan salah satu alasan untuk tidak membeli flagship model yang sudah berumur termasuk Samsung Galaxy S5 karena dari sisi ekonomis jelas tidak terlalu menguntungkan di sisi konsumen.

Pengalaman Samsung Galaxy S5

Alasan kedua adalah sekalipun pihak produsen masih akan menjual Samsung Galaxy S5 secara resmi hingga setahun kedepan namun begitu Samsung Galaxy S6 resmi dirilis jika berkaca pada kebiasaan maka Samsung Mobile cenderung melupakan dukungan terhadap model yang lebih lawas. Dukungan yang dimaksud bukan dalam arti perbaikan atau garansi melainkan lebih pada ketersediaan aplikasi, update aplikasi dan sejenisnya. Kemungkinan Samsung Galaxy S5 sendiri masih akan menerima update major sekali lagi, namun setelah itu rasanya pemilik Galaxy S5 tak boleh berekspektasi akan adanya dukungan serupa.

Alasan ketiga selain spekulasi yang menyebut bahwa Samsung Galaxy S6 bakal menjadi revolusi untuk lini Galaxy S juga jika berkaca pada spesifikasi Samsung Galaxy Note 4 dan Samsung Galaxy Alpha maka setidaknya ada perubahan yang hampir bisa dipastikan pada Galaxy S6 antara lain adalah casing metal, prosesor yang lebih cepat serta kamera yang lebih baik. Bukan tidak mungkin begitu Samsung Galaxy S6 hadir secara resmi segala kelebihan Samsung Galaxy S5 bakal terasa tidak lagi relevan.

Kesimpulan: Masih Sepandankah Membeli Samsung Galaxy S5 Saat Ini?

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S5
Samsung Galaxy S4 Samsung Galaxy S5
Harga Samsung Galaxy S4 Harga Samsung Galaxy S5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Samsung Galaxy S5 masih merupakan salah satu smartphone Android terbaik yang ada saat ini selama kita tidak membandingkannya dengan Samsung Galaxy S6. Bagi beberapa calon konsumen smartphone Android Samsung Galaxy ini masih layak untuk dibeli dan dimiliki. Dengan asumsi Anda hanya akan mempertahankan Samsung Galaxy S5 maksimal hingga dua tahun kedepan maka rasa-rasanya harga Samsung Galaxy S5 masih layak untuk ditebus saat ini meski kami sendiri tidak merekomendasikannya.

Sebenarnya ada dua tipe konsumen yang membeli smartphone kelas flagship di Indonesia. Pertama adalah mereka yang memiliki cukup anggaran dan memang merupakan target market dari flagship model smartphone. Sedangkan yang kedua adalah mereka yang tidak memiliki cukup anggaran untuk membeli model flagship dan karenanya baru membeli setelah harganya mulain turun.

Jika Anda termasuk tipe kelompok konsumen pertama maka kami cenderung merekomendasikan untuk menunggu Samsung Galaxy S6 yang hanya beberapa bulan kedepan. Sekalipun Anda memiliki cukup anggaran untuk membeli Samsung Galaxy S5 saat ini dan membeli lagi Samsung Galaxy S6 saat dirilis nanti namun tindakan tersebut tentu tidak ekonomis dan bijaksana.

Sedangkan jika Anda adalah tipe konsumen kedua maka kami merekomendasikan untuk tidak tergoda pada smartphone model flagship yang sudah berumur. Apa artinya flagship model jika sudah tidak lagi menjadi yang terkini? Justru lebih ekonomis dan rasional jika Anda membeli ponsel kelas menengah yang paling terkini sesuai anggaran yang dimiliki. Alasannya sederhana, ponsel yang sudah berumur biasanya tidak mendapat dukungan dari pabrikan sebaik ponsel terkini.