on

Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3

Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3 mungkin bukan perbandingan yang populer bagi konsumen di Indonesia. Pasalnya konsumen Indonesia yang umumnya memiliki karakteristik sebagai trend follower sudah barang tentu memiliki kecenderungan untuk mengikut populasi terbanyak, yang saat ini berpihak pada Samsung. Namun LG G3 bukanlah produk yang bisa dilewatkan begitu saja, sudah banyak pengamat profesional yang menyebut LG G3 sebagai phablet Android terbaik saat ini. Karenanya sebelum terburu-buru mengikut kawanan mungkin akan bijaksana jika Anda memperbandingkan Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3 terlebih dahulu.

Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3 sebenarnya menarik untuk disimak. Salah satu yang paling banyak menjadi sorotan adalah karena harga Samsung Galaxy Note 4 sendiri sekitar Rp 1.5 juta lebih mahal dibanding harga LG G3, padahal keduanya berada di segmen yang sama. Apakah harga Samsung Galaxy Note 4 terlalu mahal? Atau memang layak dibanderol lebih mahal dibanding LG G3? Temukan jawabannya pada perbandingan Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3 berikut.

Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3


Perbandingan Desain Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3

Baik Samsung Galaxy Note 4 maupun LG G3 kedua-duanya memiliki dimensi yang cukup tebal, Galaxy Note 4 memiliki tebal 8.5 mm sementara LG G3 8.9 mm. Sedangkan perbandingan bobotnya Galaxy Note 4 mencapai 176 gram sementara LG G3 lebih baik dalam hal ini yaitu 149 gram. Soal kenyamanan dan kepraktisan sudah barang tentu kedua phablet tersebut tidak mampu memenuhi ekspektasi konsumen yang memprioritaskan kedua hal tersebut.

Dengan dimensi yang sama-sama gambot ini Samsung Galaxy Note 4 mengusung ukuran yang sedikit lebih besar yaitu 5.7 inch dimana LG G3 5.5 inch. Namun pada sisi lain desain casing belakang LG G3 memberikan kenyamanan lebih baik kala digenggam jika dibanding bagian yang sama pada Samsung Galaxy Note 4. Apapun itu lagi-lagi faktanya tak satupun dari kedua phablet Android tersebut yang bisa dioperasikan dengan satu tangan sebagaimana diharapkan oleh mayoritas konsumen pria.

Berbeda dengan high-end smartphones yang umumnya sudah mendapat proteksi anti air dan anti debu, dua phablet ini meski harganya lebih mahal dibanding Samsung Galaxy S5 atau Sony Xperia Z3 namun belum dilengkapi dengan perlindungan serupa.
Sementara Samsung Galaxy Note 4 mencoba membuat material plastik di bagian belakang terasa menyerupai kulit, LG G3 sudah menggunakan material metal pada casing belakangnya.

Perbandingan Layar Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3

Memang Samsung Galaxy Note 4 masih mempertahankan ukuran layar yang sama dengan Samsung Galaxy Note 3 yaitu 5.7 inch, namun dari sisi resolusi ada perbedaan signifikan antara Samsung Galaxy Note 4 dengan Samsung Galaxy Note 3. Sementara pada sisi lain LG G3 bukan saja mengusung layar lebih lebar dibanding LG G2 namun juga menjadi smartphone/phablet pertama yang layarnya menawarkan resolusi QHD sebelum akhirnya ditiru oleh para kompetitor termasuk Samsung Galaxy Note 4.

Dengan tingkat resolusi yang sama yaitu QHD 1440 x 2560 pixels tentu saja LG G3 diuntungkan karena ukuran layar yang sedikit lebih kecil. Hasilnya kerapatan warna LG G3 mencapai 534 ppi sementara Samsung Galaxy Note 4 515 ppi. Namun lagi-lagi sebelum terjebak menjadikan kerapatan warna sebagai patokan dalam membuat keputusan perlu diingat kembali bahwa perbedaan kerapatan warna di atas 350 ppi pada dasarnya sulit dibedakan oleh mata telanjang. Jadi asumsinya selama kerapatan warna sudah memenuhi nilai 350 ppi maka berapapun lebihnya takkan banyak memberi perbedaan.

Perbedaan signifikan justru terletak pada jenis layar yang digunakan. Seperti biasa Samsung mengandalkan layar Super AMOLED sementara LG pilih menggunakan layar IPS LCD. Mana yang lebih baik sebenarnya lebih merupakan preferensi (selera). Jika Anda menyukai warna yang mencolok maka Super AMOLED lebih pas bagi Anda, sedangkan jika seperti kami yang cenderung mengapresiasi reproduksi warna yang natural maka layar IPS LCD lebih mampu memuaskan mata Anda.

Perbandingan Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3

Perbandingan Performa Kecepatan Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3

Samsung Galaxy Note 4 adalah smartphone/phablet pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 805 dengan laju maksimal 2.7 GHz, tentu saja disamping versi Samsung Galaxy Note 4 yang menggunakan gabungan prosesor 1.3 GHz Cortex A53 dan 1.9 Cortex A57. Kedua tipe itu sama-sama didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB.

Pada sisi lain memang ada versi LG G3 yang memiliki RAM dengan kapasitas 3 GB, namun itu hanya ditemukan pada LG G3 yang dipasarkan di beberapa pasar saja. LG G3 yang umum beredar di Indonesia adalah LG G3 8 GB, 16 GB dan 32 GB yang semuanya mengusung RAM 2 GB. Bukan di situ saja posisi LG G3 inferior terhadap Samsung Galaxy Note 4. Prosesor yang diusungnya pun berasal dari generasi Snapdragon 801 yang tentu kalah dibandingkan Snapdragon 805 maupun Exynos pada Samsung Galaxy Note 4.

Sementara pada perbandingan media penyimpanan Samsung Galaxy Note 4 hanya tersedia dalam satu opsi yaitu 32 GB, sedangkan LG G3 tersedia dalam tiga opsi seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya. Selain internal memori, baik Samsung Galaxy Note 4 maupun LG G3 sama-sama mendukung memori eksternal hingga kapasitas 128 GB.

Perbandingan antara Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3 dalam hal konektivitas nirkabel menempatkan keduanya hampir seimbang. Kecuali fakta bahwa Samsung Galaxy Note 4 sudah mendukung Bluetooth 4.1 yang secara teoritis sedikit lebih cepat dibanding Bluetooth 4.0 pada LG G3. Namun LG mengkompensasi kekurangan itu dengan menyediakan fitur wireless charging.

Perbandingan Fitur Unik pada Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3

Fitur unik yang menjadi keunggulan tiap-tiap smartphone maupun phablet merupakan pembeda paling jelas yang menujukkan positioning masing-masing device tersebut sekalipun berada di segmen serta kelas yang sama.

Samsung Galaxy Note 4 sama halnya dengan Samsung Galaxy S5 memiliki fitur unik berupa detektor detak jantung, pemindai sidik jari, sensor UV dan tentu saja S-Pen yang selalu menjadi ciri khas seri Samsung Galaxy Note sejak generasi pertama.

Sementara itu meski LG G3 juga menawarkan Stylus Pen namun kualitasnya masih tak bisa disamakan dengan perangkat yang sama pada Samsung Galaxy Note 4. Keunikan atau keunggulan LG G3 dibanding Samsung Galaxy Note 4 justru terletak pada kemampuannya dalam memutar audio 24bit/192kHz dan didukung lagi oleh speaker 1 W yang menghadap ke depan. Sama halnya dengan Samsung Galaxy S5, kualitas speaker kala memutar musik bukan merupakan poin dimana apresiasi layak diberikan untuk Samsung Galaxy Note 4. Sebaliknya LG G3 tampak lebih serius menggarapnya dan mampu menawarkan jauh lebih baik dibanding apa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 4 di sektor ini.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3

Meski resolusi yang ditawarkan berbeda namun pada dasarnya baik Samsung Galaxy Note 4 maupun LG G3 sama-sama dibekali dengan kamera yang sanggup menghasilkan foto dengan kualitas baik. Samsung Galaxy Note 4 mengusung sensor 16 MP sementara LG G3 13 MP. Keduanya sudah didukung oleh OIS dan kemampuan merekam video 4K.

Kamera Samsung Galaxy Note 4 unggul berkat fitur live HDR, sedangkan kamera LG G3 unggul dari sisi kecepatan auto-focus. Bisa dilihat bahwa masing-masing menawarkan sisi kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Sulit menentukan mana yang lebih baik di antara keduanya.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3

Perbandingan Harga Samsung Galaxy Note 4 vs. LG G3
Samsung Galaxy Note 4 LG G3
Harga Samsung Galaxy Note 4 Harga LG G3
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Samsung Galaxy Note 4 adalah smartphone/phablet termahal saat ini bersama dengan iPhone 6 Plus. Harga Samsung Galaxy Note 4 saat ini ada di kisaran Rp 9 hingga 9,5 juta-an dengan internal memori 32 GB. Sementara harga LG G3 dengan kapasitas internal memori yang sama banderolnya tak lebih dari Rp 7,5 juta. Dan pula LG G3 juga tersedia dalam versi internal memori 8 GB yang dibanderol Rp 3 jutaan dan versi 16 GB yang ada di kisaran Rp 6 juta-an.

Memang dalam beberapa hal Samsung Galaxy Note 4 menunjukkan keunggulan yang mencolok dibanding LG G3, hanya saja keunggulan-keunggulan tersebut sejujurnya tak membuat phablet andalan Samsung Mobile ini layak dibanderol lebih dari Rp 1 juta lebih mahal dibanding LG G3.