on

Pilih Asus Zenfone 5 atau Huawei Honor 3C? | Komparasi Smartphone Android 2 Juta-an

Smartphone Android kisaran harga Rp 2 juta-an adalah segmen yang paling tinggi permintaannya dibanding segmen menengah dan atas. Hal itu bisa terlihat dari banyaknya produsen yang menggelontorkan produk baru di kisaran harga ini. Kehadiran pemain-pemain baru di segmen ini telah memperkaya pilihan bagi konsumen walau harus diakui pula kadang juga menyebabkan kebingungan.

Di antara smartphone Android kisaran harga Rp 2 juta-an adalah Asus Zenfone 5 dan Huawei Honor 3C yang cukup populer di kalangan calon konsumen saat ini. Keduanya memang bukan merek mapan seperti Samsung atau Motorola namun dalam waktu relatif singkat mampu membuktikan diri lewat kuaitas produk yang layak diapresiasi. Di atas kertas keduanya sama-sama tampak menjanjikan sekaligus murah, namun mana yang lebih pas untuk Anda antara Asus Zenfone 5 dan Huawei Honor 3C?

Asus Zenfone 5 vs. Huawei Honor 3C


Perbandingan Spesifikasi Serta Desain Asus Zenfone 5 dan Huawei Honor 3C

Asus Zenfone 5 vs. Huawei Honor 3C

Meski sama-sama memilih menggunakan desain boxy namun perbedaan desain antara Asus Zenfone 5 dan Huawei Honor 3C sangatlah berbeda. Smartphone Asus Zenfone lebih tebal sekaligus lebih berat dibandingkan Huawei Honor 3C, namun berkat desain casing belakang yang sedikit mengkurva maka Zenfone 5 justru lebih nyaman dan aman dalam genggaman dibanding Honor 3C.

Sama seperti keluarga Zenfone lainnya hal menonjol dari desain Zenfone 5 adalah plat metal di bagian bawah yang konon terinspirasi dari desain ultrabook Asus Zenbook dengan tujuan menciptakan kesan premium. Namun mengingat pabrikan asal Taiwan itu ingin mempertahankan harga tetap kompetitif maka satu-satunya material metal yang bisa diketemukan hanya di bagian bawah itu saja, sisanya sama seperti kompetitor lain menggunakan plastik. Kenyamanannya dalam genggaman patut diacungi jempol namun desain dan bobotnya menjadikan ponsel ini tidak mudah dioperasikan dengan satu tangan saja.

Di pihak lain Huawei Honor 3C memilih desain yang lebih konservatif, tidak ada keunikan tertentu dari sisi desainnya demikian pula material plastik yang digunakan juga tidak disamarkan sehingga kesan murahan cukup terasa hanya dengan melihatnya saja. Sisi positifnya berkat desain yang apa adanya ini bobot Huawei Honor 3C bisa ditekan menjadi 140 gram. Dalam genggaman ponsel buatan Huawei ini sama nyamannya dengan Zenfone 5, dan oleh karena bobotnya yang ringan maka mengoperasikan dengan satu tangan terasa mudah.

Asus Zenfone 5 vs. Huawei Honor 3C

Asus Zenfone 5 vs. Huawei Honor 3C

Pada perbandingan kualitas layar meski keduanya sama-sama mengusung layar 5 inch dengan resolusi 720 x 1280 pixels serta kerapatan warna 294 ppi namun Asus Zenfone 5 muncul sebagai pemenang sebab sudah mengadopsi layar tipe IPS LCD, sementara rivalnya Huawei Honor 3C masih menggunakan layar TFT. Layar Zenfone 5 unggul dalam kualitas reproduksi warna maupun viewing angles yang lebih luas dibanding Honor 3C. Ditambah lagi Asus sudah menambahkan Corning Gorilla Glass 3 untuk Zenfone 5 sementara di sisi lain layar Huawei Honor 3C sama sekali tanpa perlindungan.

Bagaimana dengan perbandingan performa Asus Zenfone 5 dan Huawei Honor 3C? Huawei Honor 3C yang menggunakan chipset Mediatek MT6582 dengan prosesor quad-core 1.3 GHz kala diluncurkan pertama kali banyak menyita perhatian karena menjadi satu-satunya ponsel Android Rp 2 juta-an yang dibekali RAM dengan kapasitas 2 GB. Namun dalam perjalanannya Asus pun tak hanya melepas Zenfone 5 dengan RAM 1 GB namun juga 2 GB sehingga keunggulan itu tidak bertahan lama.
Mediatek MT6582 dan GPU Mali 400 sebenarnya sudah terbilang teknologi usang, namun pada prakteknya performa Huawei Honor 3C masih tergolong mulus untuk ukuran HP Android harga Rp 2 juta-an.

Asus Zenfone sendiri sebagaimana sudah sering dibahas sebelumnya melakukan pendekatan cukup unik dengan mengusung chipset besutan Intel tepatnya Atom Z2580 dengan prosesor dual-core berkecepatan 2 GHz berikut GPU PowerVR SGX544MP2. Dan seperti sudah disinggung saat ini Zenfone 5 pun sudah dihadirkan dengan opsi RAM 2 GB.

Secara teoritis mengacu pada hasil uji benchmark performa Huawei Honor 3C mampu mengungguli Zenfone 5 namun pada prakteknya keunggulan tersebut nyaris tidak terasa, performa kecepatan keduanya cukup berimbang.

Di sektor kamera Asus Zenfone 5 memang mempromosikan dirinya dengan fitur PixelMaster, namun justru Huawei Honor 3C tampil sebagai pemenang di sektor ini terutama jika digunakan dalam kondisi cukup pencahayaan. Meski harus diakui bahwa dalam kondisi pencahayaan tidak optimal kamera Asus Zenfone 5 mampu bekerja sedikit lebih baik dibanding Huawei Honor 3C. Untuk kamera depan Huawei Honor 3C bakal lebih dipilih oleh maniak selfie karena menawarkan kamera depan 5 MP dimana Zenfone 5 hanya 2 MP. Terlepas apakah kamera selfie merupakan fitur gimmick atau bukan namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa penggemar selfie lebih memilih kamera depan dengan sensor 5 MP ketimbang 2 MP.

Kamera Asus Zenfone 5 vs. Huawei Honor 3C

Pada perbandingan sistem operasi Asus Zenfone yang standarnya menjalankan Android Jelly Bean dalam waktu dekat akan segera mendapatkan update Android KitKat. Sebaliknya kecil kemungkinan Huawei Honor 3C mendapat update KitKat, alasannya chipset MediaTek memang selama ini terkenal lambat dalam memperoleh updgrade. Karena itu jika kebaruan sistem operasi dianggap penting ada baiknya memilih Zenfone 5 ketimbang Honor 3C.

Untuk point perbandingan media penyimpanan Asus Zenfone 5 menyediakan pilihan yang lebih beragam karena tersedia opsi memori internal 8 GB dan 16 GB dimana Huawei Honor 3C saat komparasi ini dibuat hanya tersedia dalam opsi kapasitas memori internal 8 GB. Sedangkan untuk memori eksternal keduanya sama-sama mendukung hingga kapasitas 64 GB.

Di sektor performa baterai sebenarnya di atas kertas tak satupun dari Huawei Honor 3C maupun Asus Zenfone 5 yang bisa dikategorikan istimewa, hanya saja karena ada sebagian pengguna Zenfone 5 yang mengeluhkan baterai Asus Zenfone boros maka Huawei Honor 3C layak diunggulkan di sini.

Perbandingan Harga dan Kesimpulan Asus Zenfone 5 vs. Huawei Honor 3C

Harga menjadi variabel terakhir sekaligus penting setelah calon konsumen mempertimbangkan aspek-aspek lain dan sebelum membuat keputusan akhir. Harga Asus Zenfone 5 dengan RAM 2 GB dan internal memori 8 GB saat ini ada di kisaran Rp 2,3 juta-an, sementara harga Huawei Honor 3C tak lebih dari Rp 2,1 juta. Maka sudah jelas jika menilik harganya Huawei Honor 3C terlihat lebih unggul dibandingkan Asus Zenfone 5.

Perbandingan Harga Asus Zenfone 5 vs. Huawei Honor 3C
Asus Zenfone 5 Huawei Honor 3C
Harga Asus Zenfone 5 Harga Huawei Honor 3C
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Asus Zenfone 5 unggul dalam build quality, layar, performa kamera pada kondisi pencahayaan minimal serta sistem operasi yang lebih baru. Sementara Huawei Honor 3C unggul dalam hal kepraktisan operasional, performa baterai, sensor kamera depan serta harga yang lebih murah.

Kini setelah menyimak perbandingan smartphone Android harga Rp 2 juta-an antara Asus Zenfone 5 dan Huawei Honor 3C di atas Anda bisa menentukan point mana yang Anda anggap penting dan mana yang bisa dikompromi untuk menentukan pilihan sesuai preferensi masing-masing.