on

Perbandingan Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note

Perbandingan Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note mewakili panasnya kompetisi antar dua HP Android buatan Negeri Cina yang kualitasnya mulai layak disejajarkan dengan produk buatan AS, Taiwan, Korea dan Jepang dalam beberapa tahun belakangan ini. Keduanya sama-sama menawarkan layar berukuran lebar dan masuk dalam kategori phablet. Dari sisi rasio spesifikasi vs. harga pun keduanya memberikan penawaran yang tak mudah diabaikan.

Perbandingan Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note bukan sekedar menunjukkan ketatnya persaingan antar kedua phablet Android asal Cina tersebut namun juga membantu calon pembeli untuk menentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan serta preferensinya. Di atas kertas nama besar Xiaomi yang melejit cepat dalam lima tahun sejak berdirinya bakal memberi nilai plus bagi Mi Note, namun Huawei juga bukan produsen kemarin sore, karena itu menyingkirkan Ascend Mate 7 dengan nama besar saja tidaklah cukup. Lantas siapa yang bakal tampil sebagai pemenang dalam perbandingan Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note?

Perbandingan Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note


Perbandingan Spesifikasi dan Desain Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note

Xiaomi Mi Note specs

  • 5.7-inch 1920x1080p display
  • 2.5 GHz Qualcomm Snapdragon 801 processor
  • 3 GB of RAM
  • 16/64 GB of internal storage
  • 13 MP rear-facing camera
  • 4 MP front-facing camera
  • 3000 mAh battery
  • 155.1 x 77.6 x 6.95 mm
  • 161 grams

Huawei Ascend Mate 7 specs

  • 6-inch 1920x1080p display
  • Hisilicon Kirin 925 processor
  • 2 GB of RAM
  • 16 GB of internal storage
  • 13 MP rear-facing camera
  • 5 MP front-facing camera
  • 4100 mAh battery
  • 157 x 81 x 7.9 mm
  • 185 grams

Dari sisi desain, baik Huawei Ascend Mate 7 maupun Xiaomi Mi Note sama-sama hadir dalam wujud yang elegan dan tipis, hanya saja karena Huawei sudah mengadopsi material logam maka kesan premium yang ditampilkan jauh lebih baik dibandingkan Mi Note yang masih menggunakan material plastik.

Dimensi keduanya meski termasuk tipis namun karena layar lebar yang diusungnya maka lebar dimensi totalnya pun tak mungkin disembunyikan. Xiaomi Mi Note sudah tampak demikian lebar, namun Ascend Mate 7 bahkan masih lebih lebar lagi. Keduanya jelas bukan pilihan ideal bagi konsumen yang mengutamakan kepraktisan dalam operasional dengan satu tangan maupun penyimpanan. Huawei sendiri sebenarnya sudah sangat cerdas dalam menekan dimensi Ascend Mate 7, namun bagaimanapun layar berukuran 6 inch yang memang lebih lebar dibanding Mi Note yang layarnya 5.7 inch tetap tak bisa lebih diminimalkan lagi ukurannya.

Tak semua orang menyukai smartphone berukuran lebar, namun tak semua orang juga keberatan terhadapnya. Bagaimanapun Huawei Ascend Mate 7 dengan casing logamnya mampu memberikan kesan premium dan solid dibandingkan Xiaomi Mi Note. Itu sebabnya Ascend Mate 7 tampil sebagai pemenang dalam poin perbandingan ini.


Huawei Ascend Mate 7 memang dirilis lebih dulu dibanding Xiaomi Mi Note, namun demikian ternyata dari sisi kebaruan teknologi keduanya relatif berimbang. Mi Note yang hadir belakangan mengandalkan chipset Snapdragon 801, sementara itu Ascend Mate 7 menggunakan chipset buatan Huawei sendiri yaitu Hisilicon Kirin 925 yang dari sisi performa serta kebaruan teknologi bisa disetarakan dengan Snapdragon 800.

Memang Snapdragon 801 lebih modern dibanding Snapdragon 800, namun penyempurnaan dari 800 ke 801 tidak terlalu signifikan. Maka tak heran jika performa kecepatan Huaeri Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note tak terasa berbeda satu sama lain. Hanya saja ketika melakukan multitasking Mi Note yang dibekali RAM 3 GB terasa lebih mumpuni dibanding Ascend Mate 7 yang kapasitas RAM-nya 1 GB lebih rendah. Di sektor performa kecepatan masih cukup adil untuk menyebut bahwa perbandingan Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note menempatkan keduanya dalam posisi imbang.

Sedangkan dari sisi perangkat lunak Xiaomi Mi Note yang sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop unggul atas Huawei Ascend Mate 7 yang masih mengandalkan Android KitKat.

Untuk perbandingan kualitas layar Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note selain ukuran tak banyak perbedaan antara keduanya. Keduanya menawarkan resolusi 1080 pixels, hanya saja jika reproduksi warna yang ditampilkan oleh layar Ascend Mate 7 cenderung mendekati warna sebenarnya, sebaliknya reproduksi warna layar Mi Note relatif saturated. Tak ada yang lebih baik, karena setiap pengguna memiliki selera yang berbeda. Karena itu kami memberi nilai imbang bagi keduanya pada poin perbandingan kualitas layar ini.


Pada poin perbandingan kamera Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note lagi-lagi keduanya berimbang karena sama-sama mengandalkan kamera utama 13 MP keluaran Sony dengan BSI sensor dan lensa f2.0.
Sedangkan di depan meski Huawei menempatkan kamera sekunder 5 MP dan Mi Note hanya 4 MP namun kamera yang digunakan oleh Mi Note adalah kamera yang sama digunakan pula oleh HTC One M8, karena itu justru kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera sekunder smartphone Xiaomi ini unggul dibanding buatan Huawei.

Dimensi yang lebih lebar pada Huawei Ascend Mate 7 ternyata mampu dioptimalkan pemanfaatannya oleh Huawei dengan menempatkan baterai 4100 mAh yang artinya surplus 1100 mAh jika dibandingkan kapasitas baterai milik Xiaomi Mi Note. Karena itu tak mengherankan jika baterai Huawei Ascend Mate 7 sanggup bertahan selama dua hari dan menempatkannya sebagai pemenang dalam poin perbandingan performa baterai.

Kesimpulan Perbandingan Huawei Ascend Mate 7 vs. Xiaomi Mi Note

Dengan banderol harga Huawei Ascend Mate 7 yang lebih mahal dibanding harga Xiaomi Mi Note memang konsumen memperoleh keunggulan di sektor desain serta performa baterai. Namun demikian secara keseluruhan dari sisi rasio harga vs. value yang ditawarkan smartphone Xiaomi Mi Note tampil sebagai pilihan yang lebih baik.