on

Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha

Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha yang diangkat kali ini kembali memperbandingkan dua ponsel dari seri Galaxy A yang dikenal memiliki desain ramping serta casing metal yang memberi kesan premium. Samsung Galaxy Alpha sudah tersedia di Indonesia sejak beberapa bulan lalu, sedangkan Galaxy A5 sendiri belum lama ini resmi dijual di Tanah Air bersama dengan Galaxy A3.

Seperti biasa perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha sekedar bertujuan memberi panduan singkat bagi calon konsumen yang sedang mempertimbangkan keduanya. Selisih harga keduanya cukup lumayan, karena itu perlu dilihat apakah selisih yang lebih dari Rp 1 juta tersebut memang pantas. Setelah sebelumnya Galaxy Alpha maupun Galaxy A5 dibahas lebih mendetil secara terpisah berikut adalah perbandingan keduanya:

Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha


Perbandingan Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha

Samsung Galaxy Alpha menjadi smartphone pertama Samsung yang mengusung casing metal, hanya saja sebenarnya penggunaan material metal pada Galaxy Alpha masih terbatas pada bagian frame saja. Di pihak lain Samsung Galaxy A5 sudah mengadopsi material tersebut hampir di setiap bagian. Memang keduanya mampu menghadirkan desain yang tipis, ramping serta elegan. Namun di pihak lain sama halnya dengan iPhone, Galaxy A5 menggunakan baterai tipe non-removable dan tidak demikian halnya dengan Galaxy Alpha.

Dari positioning-nya memang Samsung Galaxy Alpha dikategorikan di segmen high-end, sedangkan Galaxy A5 masuk ke segmen mid-end. Namun mengingat beberapa bagian casing Galaxy Alpha masih menggunakan plastik polycarbonate maka dalam hal desain Samsung Galaxy A5 layak dianggap unggul atas Samsung Galaxy Alpha.

Perbandingan layar Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha menempatkan Galaxy A5 unggul dalam ukuran dengan 5 inch dimana Galaxy Alpha 4.7 inch. Keduanya memiliki tingkat resolusi yang sama yaitu 1280 x 720 pixels yang menjadikan kepadatan layar Galaxy Alpha lebih tinggi dibandingkan Galaxy A5 dengan 312 ppi vs. 294 ppi.

Perbandingan Layar Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha

Di sektor performa kecepatan Samsung Galaxy A5 mengandalkan prosesor quad-core dengan kecepatan maksimal 1.2 GHz yang tidak pernah dijelaskan oleh Samsung sendiri dari tipe apa prosesor tersebut. Sedangkan Galaxy Alpha mengadopsi prosesor octa-core yang terdiri atas prosesor quad-core Cortex A15 dengan kecepatan 1.8 GHz dan quad-core Cortex A7 berkecepatan maksimal 1.3 GHz. Baik Galaxy Alpha maupun Galaxy A5 sama-sama didukung oleh RAM dengan kapasitas 2 GB.

Jelaslah pada perbandingan performa Samsung Galaxy Alpha unggul dibanding Galaxy A5, bahkan performa Galaxy Alpha pun sedikit lebih baik jika dibandingkan Samsung Galaxy S5 yang diposisikan sebagai flagship model.

Galaxy Alpha kembali unggul pada perbandingan kapasitas media penyimpanan dengan memori internal 32 GB, sedangkan Galaxy A5 hanya 16 GB.
Hal yang sama sebenarnya berlaku juga ketika membandingkan dukungan konektivitas keduanya sebab Galaxy Alpha sudah mendukung jaringan 4G LTE Cat. 6 sedangkan Galaxy A5 masih Cat. 4. Namun seperti sudah berulang kali disinggung bahwa kualitas jaringan 4G di Indonesia masih sebatas banyolan, karena itu poin ini bisa diabaikan.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha

Pada perbandingan kualitas kamera utama Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha di atas kertas memang Galaxy A5 unggul karena sensor 13 MP dimana Galaxy Alpha hanya 12 MP. Namun perlu diingat bahwa sebagai ponsel kelas high-end Galaxy Alpha menggunakan perangkat keras kamera yang lebih baik dibandingkan Galaxy A5. Pada prakteknya nilai MP tak mencerminkan kualitas foto yang dihasilkan, karena itu untuk perbandingan kamera utama Samsung Galaxy Alpha kembali mengungguli Samsung Galaxy A5.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha Berikut Kesimpulan

Cek Harga Samsung Galaxy Alpha dan Samsung Galaxy A5
Samsung Galaxy Alpha Samsung Galaxy A5
Harga Samsung Galaxy Alpha Harga Samsung Galaxy A5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Poin terakhir pada perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Samsung Galaxy Alpha tentu adalah soal harga. Seperti sudah disinggung bahwa selisih harga keduanya lebih dari Rp 1 juta untuk saat ini. Galaxy A5 dibanderol Rp 5,1 juta-an, sedangkan harga Galaxy Alpha sendiri saat ini Rp 6,9 juta.

Jika ekonomis adalah faktor penting dalam pertimbangan maka sudah pasti dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Samsung Galaxy A5 sudah lebih dari cukup. Namun jika Anda mengharapkan performa yang lebih premium, tanpa kompromi dan tak berkeberatan membayar harga lebih untuk mendapatkan semua itu maka Galaxy Alpha bakal terasa ideal untuk Anda.

Samsung sendiri memang berencana menghentikan produksi Samsung Galaxy Alpha namun fakta tersebut bukanlah nilai minus bagi Galaxy Alpha, sebab toh pihak produsen masih akan memberikan dukungan purna jual resmi selama beberapa tahun kedepan. Justru yang menjadi kelemahan Samsung Galaxy Alpha adalah baterainya yang relatif boros.