on

Keunggulan dan Kelemahan Lenovo S580

Lenovo S580 adalah ponsel Android kelas low-end terbaru yang belum lama ini dirilis resmi di Indonesia. Sebelumnya HP Android terbaru keluaran Lenovo ini juga sudah terlebih dahulu dijual di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina serta Malaysia. Tentu berbeda dengan Lenovo Vibe X2 yang diposisikan sebagai ponsel kelas menengah, pada Lenovo S580 tampaknya sang produsen berusaha memangkas biaya produksi demi menjaga harga tetap kompetitif.

Lenovo S580 sekali lagi menambah panjang daftar HP kelas low-end yang beredar di Indonesia. Seperti diberitakan kemarin panasnya kompetisi di segmen ini bahkan membuat beberapa pabrikan seperti Huawei memutuskan tak lagi memproduksi HP Android murah. Lantas apa yang ditawarkan oleh Lenovo S580 untuk membedakan diri dari kompetitor?

Keunggulan dan Kelemahan Lenovo S580


Desain dan Spesifikasi Lenovo S580

Meski dibanjiri oleh begitu banyak pilihan HP kelas low-end namun harus diakui bahwa lebih dari 80% yang beredar mengusung desain yang sama sekali tidak menarik. Pendekatan desain asal tersebut bukan saja ditempuh oleh produsen yang kurang ternama, namun bahkan produsen besar seperti Samsung pun juga demikian. Sejauh ini hanya Microsoft Lumia dan Asus Zenfone sajalah ponsel murah yang konsisten menjaga estetika desain serta build quality produknya.

Pabrikan asal Cina Lenovo tampaknya sadar akan kondisi ini. Karena itu dari sisi desainnya saja Lenovo S580 sudah tampak menjanjikan dibanding kompetitor di kelas yang sama. Pada bagian depan terlihat layar IPS LCD 5 inch yang mencolok dengan kamera sekunder 2 MP di atasnya serta tiga capacitive navigation button di bagian bawah.

Pada bagian samping kanan terletak tombol daya (power) beserta pengatur volume. Sedangkan pada sisi sebaliknya menjadi tempat bagi port micro USB serta 3.5 mm audio jack.

Keputusan Lenovo untuk menempatkan layar IPS LCD 5 inch dengan resolusi HD (1280 x 720 pixels) lagi-lagi menegaskan bahwa pabrikan HP Android asal Cina tersebut sangat peduli akan kualitas layar handset buatannya. Sampai saat ini hanya segelintir produsen yang menggunakan layar IPS LCD untuk smartphone Android kelas low-end buatannya, sedang sebagian besar sisanya masih mengandalkan layar TFT LCD.

Kualitas Lenovo S580

Walau demikian bukan berarti layar IPS yang diusung oleh Lenovo S580 tidak memiliki kelemahan. Meski pada satu sisi viewing angles-nya sangat luas seperti umumnya layar berteknologi IPS namun tingkat refleksinya tetap tinggi sehingga sulit dibaca di luar ruangan lebih-lebih kala terpapar sinar matahari. Namun di luar kelemahan itu pada dasarnya kualitas layar Lenovo S580 tergolong sangat baik, tentu saja untuk ukuran ponsel low-end. Warna serta gambarnya sangat tajam, bahkan kala tingkat kecerahannya diset pada nilai minimum.

Salah satu hal yang membuat desain Lenovo S580 tampak menarik adalah bezel yang relatif tipis, sebuah pendekatan yang jarang ditempuh oleh produsen ketika merancan ponsel di kelas paling bontot ini. Sekalipun material casing-nya sepenuhnya adalah plastik namun build quality-nya sangat baik sehingga terasa solid kala digenggam.

Di bagian belakang pabrikan asal Cina tersebut juga cukup jeli dengan memilih cover tipe matte yang bukan saja tidak mudah terselip karena licin namun juga relatif tidak mudah kotor oleh noda jari dibanding tipe glossy yang umum digunakan pada ponsel lain di kisaran harga ini.

Cover belakang ini bisa dibuka dan di baliknya tersembunyi dua slot untuk SIM card ukuran standar serta baterai 2150 mAh tipe removable. Berhubung Lenovo S580 tidak mendukung micro SIM card maupun nano maka calon konsumen kartu SIM-nya sudah terlanjur dipotong bakal berpikir dua kali sebelum memutuskan membeli HP Android terbaru buatan Lenovo ini.

Keunggulan dan Kelemahan Lenovo S580

Performa kecepatan Lenovo S580 sendiri berada di tangan prosesor quad-core Snapdragon 200 berkecepatan 1.2 GHz (1.19 GHz) berikut GPU Adreno 302 dan RAM berkapasitas 1 GB. Untuk ukuran ponsel kelas low-end performanya relatif baik meski belum sepenuhnya mampu menyamai performa kecepatan Asus Zenfone 5 ataupun Xiaomi Redmi 1s.

Saat ini Lenovo S580 masih menjalankan Android 4.3 Jelly Bean, namun pihak produsen menjanjikan update resmi Android KiKat 4.4 dalam waktu dekat.

Memutar film dengan resolusi HD maupun bermain game juga terbilang halus, lebih-lebih dengan kualitas layar yang baik serta ukuran layar cukup besar yang makin memaksimalkan pengalaman menyaksikan film maupun bermain game. Game kompleks seperti Asphalt 8 pun masih bisa berjalan dengan lancar meski resolusinya tidak maksimal.

Dukungan jaringan serta koneksi yang disediakan oleh Lenovo S580 meliputi 3G HSPA+, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 serta GPS. Bagaimana dengan 4G? Ya, memang ponsel Lenovo ini belum mendukung jaringan tersebut namun seperti sudah berkali-kali kami singgung bahwa kualitas 4G di Indonesia tak lebih dari sekedar gimmick untuk menggoda konsumen. Karena itu ketiadaan dukungan jaringan 4G pada Lenovo S580 bagi kami sendiri bukanlah sebuah kekurangan.

Pada bagian fitur kamera utama 8 MP kualitas foto yang dihasilkan masuk dalam kategori rata-rata, meski belum mendukung mode HDR. Selama digunakan berfoto di siang hari tidak banyak masalah yang muncul dengan kamera Lenovo S580. Namun kala digunakan di malam hari maka kelemahan berupa foto yang grainy tetap muncul seperti halnya kebanyakan ponsel lain di kelas ini.
Kamera ini juga hanya mampu merekam klip dengan format 720 pixels, sebab prosesornya tak mampu meladeni perekaman dengan resolusi 1080 pixels.

Keunggulan dan Kelemahan Layar Lenovo S580

Keunggulan dan Kelemahan Kamera Lenovo S580

Kualitas fitur lain seperti audio kembali menempatkan kualitasnya dalam kategori rata-rata. Suara musik yang diputar dengan speaker bawaannya relatif jernih meski kurang mantap dan kaya distorsi kala volume-nya dimaksimalkan.

Internal memori yang disediakan sebesar 8 GB dan setelah dikurang sistem operasi berikut aplikasi lain masih tersisa sekitar 7,85 GB. Jika dibutuhkan masih tersedia pula slot micro SD untuk memori eksternal.

Kesimpulan dan Harga Lenovo S580

Cek Ketersediaan dan Harga Lenovo S580
Lenovo S580
Harga Lenovo S580 Indonesia
Lenovo S580


Setelah mengulas beberapa poin penting maka berikut adalah keunggulan serta kelemahan Lenovo S580:

Kelemahan Lenovo S580

  • Kualitas kamera
  • Kualitas audio

Kelebihan Lenovo S580

  • Kualitas layar
  • Desain dan build quality
  • Performa

Harga Lenovo S580 saat ini dibanderol Rp 1,6 juta dan sudah bisa didapat di berbagai retailer. Kualitas kameranya memang sekedar rata-rata, di bawah ekspektasi mengingat secara teoritis sensor 8 MP terdengar potensial. Namun demikian mengingat harganya yang relatif murah maka kondisi itu masih bisa dimaklumi. Pada sisi lain Lenovo S580 menawarkan desain, build quality serta kualitas layar di atas sebagian besar kompetitor di kisaran harga sama. Memang Asus Zenfone 5 lebih baik dalam hal performa, demikian pula Xiaomi Redmi 1s namun Zenfone 5 boros baterai sedangkan Redmi 1s tidak mudah didapat di pasaran. Karena itu secara keseluruhan dari sisi value for money Lenovo S580 jelas layak untuk ditebus.