on

Apa Saja Perbedaan Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7?

Perbedaan Samsung Galaxy E7 dengan Samsung Galaxy A7 cukup membuat penasaran. Pasalnya selain keduanya sama-sama merupakan model terbaru keluaran Samsung di tahun ini, juga pihak produsen sendiri menyebut keduanya sama-sama ponsel kelas menengah. Fakta dan pernyataan itu tentu membuat calon konsumen bertanya-tanya mengapa Samsung harus merilis dua HP Android kelas menengah di tahun yang sama dan dalam waktu cukup berdekatan pula.

Perbedaan Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7 meski untuk calon konsumen yang hendak membeli ponsel baru mungkin tak terasa relevan mengingat keduanya masih belum resmi dijual. Namun tidak demikian halnya bagi konsumen yang tak dalam kondisi mendesak dan punya cukup waktu untuk mempertimbangkan masak-masak. Lantas apa sebenarnya perbedaan antara Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7 tersebut?

Perbedaan Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7


Perbandingan dan Perbedaan Spesifikasi Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7

Untuk poin perangkat lunak keduanya setara karena menggunakan sistem operasi Android KitKat serta tampilan antar muka TouchWiz dengan versi yang sama. Perbedaan Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7 baru terlihat di poin spesifikasi dimana Galaxy A7 menggunakan chipset MSM8939 Qualcomm Snapdragon 615 yang di dalamnya terintegrasi dua prosesor quad-core Cortex-A53 masing-masing dengan kecepatan 1.5 GHz dan 1.0 GHz berikut GPU Adreno 405. Sedangkan Samsung Galaxy E7 yang harganya dibanderol lebih murah hanya mengandalkan chipset MSM8916 Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 306.

Baik Samsung Galaxy A7 maupun Samsung Galaxy E7 keduanya sama-sama mengandalkan DDR3 RAM dengan kapasitas 2 GB.

Perbandingan Samsung Galaxy E7 vs. Samsung Galaxy A7

Menyimak perbandingan keduanya berdasar jenis chipset yang diusung sudah cukup menjelaskan bahwa Samsung Galaxy A7 di atas kertas unggul dibandingkan Galaxy E7. Mengingat keduanya menggunakan sistem operasi serta tampilan antar muka yang sama persis maka rasanya cukup logis berasumsi bahwa keunggulan di atas kertas tersebut mencerminkan kondisi sebenarnya.

Sementara itu untuk perbandingan kualitas layar Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7 ternyata keduanya benar-benar identik satu sama lain. Kedua ponsel kelas menengah terbaru keluaran Samsung itu sama-sama mengandalkan layar Super AMOLED berukuran 5.5 inch dengan resolusi 720 x 1280 pixels yang menghasilkan kerapatan warna 267 ppi. Dan lagi-lagi secara mengejutkan sama halnya dengan ponsel Samsung Galaxy seri A dan seri E lainnya, baik Galaxy E7 maupun A7 sama-sama belum dilapis pelindung layar. Cukup mengecewakan lebih-lebih mengingat bahwa banyak ponsel lain yang harganya jauh lebih murah pun sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass ataupun Saphire.
Kondisi yang sama juga terjadi di fitur kamera utama maupun kamera sekunder dimana keduanya dilengkapi kamera 13 MP dan 5 MP.

Perbandingan Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7

Lagi-lagi kesamaan keduanya kembali terjadi pada media penyimpanan dengan kapasitas memori internal 16 GB dan dukungan memori eksternal hingga kapasitas maksimal 64 GB. Namun Hal yang menarik justru bisa ditemukan ketika melihat perbedaan kapasitas baterai yang diusung oleh masing-masing ponsel Android Samsung Galaxy terbaru tersebut. Pasalnya meski spesifikasi Galaxy A7 lebih tinggi dibanding Galaxy E7 namun justru kapasitas baterai Galaxy E7 dengan 2950 mAh sedikit lebih besar jika dibandingkan baterai Galaxy A7 yang 2600 mAh. Apa alasan di balik itu sampai saat ini masih belum bisa terjelaskan. Pastinya baik Galaxy A7 maupun Galaxy E7 keduanya sama-sama menggunakan baterai tipe non-removable.

Samsung Galaxy A7 kembali menunjukkan posisi superior-nya atas Samsung Galaxy E7 pada poin perbandingan dukungan jaringan. Sebab sementara Galaxy E7 hanya mendukung jaringan 2G dan 3G, Galaxy A7 sudah mendukung jaringan 4G. Meski demikian poin perbandingan ini rasanya kurang relevan bagi konsumen di Indonesia. Sebab meski beberapa operator sudah menawarkan layanan jaringan 4G di Indonesia namun kualitas jaringan itu sendiri masih jauh dari harapan dan tak terlalu signifikan perbedaannya dibanding 3G. Bahkan sinyal 3G pun tak selalu bisa stabil merata di seluruh wilayah sampai saat ini. Karena itu menurut kami jaringan 4G di Indonesia tak lebih dari sekedar marketing gimmick.

Perbandingan Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7

Kesimpulan Perbandingan Perbedaan Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7

Pada perbandingan Samsung Galaxy E7 dan Samsung Galaxy A7 sudah jelas bahwa Galaxy A7 unggul dalam beberapa poin dibandingkan Galaxy E7. Meski demikian untuk menjalankan aplikasi sehari-hari dan game mestinya di atas kertas Samsung Galaxy E7 pun sudah sangat kapabel, dan untuk tidak adanya dukungan 4G LTE pada Galaxy E7 pun kami tak melihatnya sebagai kelemahan karena kualitas jaringan 4G di Indonesia masih jauh dari harapan. Karena itu dengan pertimbangan ekonomis rasa-rasanya Samsung Galaxy E7 lebih layak dipertimbangkan, kecuali jika Anda sangat sering bepergian atau bahkan tinggal paruh waktu di luar negeri dimana kualitas 4G LTE-nya bisa diandalkan dan bukan sekedar gimmick.