on

Komparasi Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6

Samsung Galaxy Grand Max resmi dirilis untuk memperkuat posisi pabrikan ponsel asal Korea itu terutama di segmen mid-low. Di satu sisi Samsung memang memiliki keunggulan di emerging markets, yaitu popularitas mereknya. Namun di lain sisi dengan harga yang lebih masuk akal para kompetitor mampu menawarkan kualitas sebanding atau bahkan sedikit lebih baik.

Salah satu kompetitor Samsung Galaxy Grand Max di segmen menengah tentu saja adalah Asus Zenfone 6. Di antara deretan produk seri Zenfone memang Asus Zenfone 6 tak sepopuler Asus Zenfone 5 maupun 4. Namun itu bukan karena kualitas yang lebih rendah melainkan karena mayoritas konsumen merasa spesifikasi Zenfone 4 dan 5 sudah cukup. Alasan kami membandingkan Samsung Galaxy Grand Max dengan Asus Zenfone 6 adalah karena harga keduanya relatif berimbang satu sama lain.

Komparasi Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6


Perbandingan Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6

Samsung Galaxy Grand Max sejujurnya sangatlah membosankan dari sisi desain, sejak bertahun-tahun lalu Samsung terus menggunakan desain yang relatif sama untuk semua produk smartphone yang dirilisnya. Meski demikian dari sisi dimensi Galaxy Grand Max lebih ramping sekaligus ringan dibanding Zenfone 6 yaitu 146 x 74.8 x 7.9 mm dengan bobot 161 gram.

Dimensi Asus Zenfone sendiri adalah 166.9 x 84.3 x 9.9 mm dan bobotnya mencapai 196 gram. Namun dari sisi estetika Zenfone 6 jelas lebih menarik serta elegan dibandingkan Galaxy Grand Max.

Perbedaan ukuran layar keduanya sebenarnya tak terlalu signifikan. Sesuai namanya Asus Zenfone mengusung layar 6 inch, sedangkan Samsung Galaxy Grand Max hanya sedikit lebih kecil yaitu 5.25 inch. Keduanya pun sama-sama mengandalkan layar LCD dengan teknologi IPS. Namun oleh karena resolusi keduanya setara yaitu 720 x 1280 pixels maka ukuran layar Galaxy Grand Max yang sedikit lebih kecil menghasilkan nilai kepadatan warna lebih tinggi. Hasilnya tingkat ketajaman layar Samsung Galaxy Grand Max lebih baik dibanding Asus Zenfone 6, namun layar Asus Zenfone 6 memberikan pengalaman lebih optimal kala digunakan menonton film atau bermain game.

Perbandingan performa kecepatan antara Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6 di atas kertas menempatkan Zenfone 6 sebagai unggulan berkat prosesor berkecepatan maksimal 2 GHz dan RAM 2 GB, Galaxy Grand Max sendiri kecepatan prosesornya hanya dibatasi hingga 1.2 GHz dan RAM dengan kapasitas 1.5 GB. Sementara untuk media penyimpanan memang keduanya berimbang dengan memori internal 16 GB dan memori eksternal hingga kapasitas maksimal 64 GB, namun Asus menyediakan tambahan kapasitas 5 GB pada Asus WebStorage yang berlaku tanpa batas waktu.

Tak hanya di sektor perangkat keras saja Asus Zenfone unggul atas Samsung Galaxy Grand Max, sebab tampilan antar muka ZenUI pun juga lebih sederhana sekaligus ringan dibanding tampilan antar muka TouchWiz yang kaya akan bloatwares.
Di balik itu keduanya sama-sama masih menjalankan sistem operasi Android KitKat.

Di poin performa baterai memang Asus Zenfone 6 dibekali dengan baterai dengan kapasitas lebih besar yaitu 3300 mAh dimana Samsung Galaxy Grand Max hanya 2500 mAh. Sayangnya dalan praktek prosesor Intel yang tertanam pada Asus Zenfone cukup boros dalam menggunakan sumber daya baterai. Bagaimana dengan Galaxy Grand Max? Sayangnya untuk saat ini terasa masih terlalu dini untuk memberikan penilaian terhadap perfomra baterai ponsel Android Samsung Galaxy terbaru ini.

Perbandingan kualitas kamera Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6 tentu adalah poin penting pada komparasi ini, seperti apa kualitas kamera Zenfone 6 sudah pernah dibahas pada ulasan sebelumya. Namun lagi-lagi masih belum jelas bagaimana kamera 13 MP milik Galaxy Grand Max. Karena itu poin ini akan dilewati untuk sementara waktu hingga kamera Galaxy Grand Max teruji.

Pra-kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6

Pada perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6 cukup jelas bagaimana Zenfone 6 tampil sebagai pilihan yang lebih baik dari segi desain dan keunikan. Satu-satunya kemungkinan Galaxy Grand Max bisa mengungguli Zenfone 6 adalah jika Samsung memberikan dukungan 4G pada ponsel terbarunya di kelas mid-low ini. Belum jelas apakah Samsung Galaxy Grand Max yang beredar di Indonesia bakal mendukung jaringan 4G, sebab pada versi yang dijual di India baru-baru ini sama sekali tak disebutkan dukungan koneksi 4G tersebut pada data spesifikasi teknisnya.