on

Perbandingan Samsung Galaxy J1 vs. Samsung Galaxy Core 2

Perbandingan Samsung Galaxy J1 vs. Samsung Galaxy Core 2 kali ini merupakan perbandingan dua ponsel kelas low-end berbasis sistem operasi Android dari pabrikan yang sama. Samsung Galaxy Core 2 sudah lebih dahulu dirilis dan saat ini bahkan mulai sulit didapat di pasaran. Sementara itu Samsung Galaxy J1 merupakan produk terbaru Samsung di segmen low-end, apa saja perbedaan keduanya?

Perbandingan Samsung Galaxy J1 vs. Samsung Galaxy Core 2 bukan semata-mata memberi panduan bagi calon konsumen yang sedang mempertimbangkan salah satu di antara keduanya. Perbandingan ini sekaligus juga hendak melihat seberapa signifikankah perubahan yang dilakukan oleh Samsung dari satu generasi ke generasi berikutnya. Berikut adalah perbandingan Samsung Galaxy J1 vs. Samsung Galaxy Core 2 dilihat dari beberapa poin.

Perbandingan Samsung Galaxy J1 vs. Samsung Galaxy Core 2

Perbandingan Samsung Galaxy J1 vs. Samsung Galaxy Core 2


Perbandingan Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy J1 vs. Samsung Galaxy Core 2

Dari sisi desain serta build quality sebenarnya tak banyak yang bisa dibahas, bahkan nyaris tak ada hal penting untuk disoroti kala memperbandingkan keduanya. Pasalnya dari tahun ke tahun pabrikan asal Korea yang satu ini cenderung mempertahankan desain yang sama. Memang untuk tahun ini terlihat perubahan yang cukup signifikan pada produk-produk ponsel terbaru Samsung, namun sayangnya hal tersebut masih terbatas untuk produk mereka yang ditujukan untuk segmen mid-end dan high-end. Tentu saja Galaxy J1 dan Galaxy Core 2 bukan termasuk di antaranya.

Di sektor performa Samsung memaparkan spesifikasi Galaxy J1 lebih mendetil ketimbang Galaxy Core 2. Pada Galaxy J1 sang produsen jelas-jelas menyebutkan prosesor dual-core berkecepatan 1.2 GHz dan GPU Mali-400 merupakan bagian terintegrasi dari chipset Spectrum. Sementara untuk Galaxy Core 2 pabrikan hanya menyebut prosesor quad-core 1.2 GHz tanpa menjelaskan GPU serta chipset-nya.

Untuk performa multitasking Samsung Galaxy Core 2 sedikit lebih unggul dibanding Galaxy J1, pasalnya Galaxy J1 hanya menyediakan RAM sebesar 512 MB sedangkan pada Galaxy Core 2 kapasitasnya 768 MB. Sedangkan meski untuk kapasitas memori internal keduanya sama-sama menawarkan kapasitas 4 GB namun Galaxy J1 sanggup membaca memori eksternal hingga kapasitas 128 GB dimana pada Galaxy Core 2 hanya sampai 64 GB.

Di sektor layar kedua ponsel Samsung Galaxy kelas low-end ini memang menawarkan resolusi yang sama yaitu 800 x 480 pixels, namun layar Galaxy J1 yang berukuran lebih kecil (4.3 inch) menghasilkan kepadatan warna lebih tinggi yaitu 217 ppi dibanding layar 4.5 inch pada Galaxy Core 2 yang memiliki nilai kepadatan warna 207 ppi. Memang warna yang ditampilkan oleh layar Samsung Galaxy J1 sedikit lebih tajam dibanding Galaxy Core 2, namun perbedaannya tak terlalu signifikan.

Samsung Galaxy J1 yang dirilis belakangan memiliki keunggulan atas Galaxy Core 2 pada fitur kamera. Meski kamera utama keduanya sama-sama memiliki sensor 5 MP namun kala digunakan merekam klip atau video, kamera Galaxy J1 sudah bisa mendukung format HD (720 p) dimana pada Galaxy Core 2 masih terbatas pada 480 pixels. Hal yang sama juga berlaku pada kamera depan dimana pada Galaxy J1 sudah menggunakan sensor 2 MP dan Galaxy Core 2 masih menggunakan kamera setara VGA.

Pada poin perbandingan dukungan jaringan serta konektivitas keduanya masih berimbang dengan menawarkan dukungan 3G, WiFi 802.11 b/g/n dengan WiFi Direct dan DLNA, Bluetooth 4.0, GPS serta microUSB 2.0. Samsung Galaxy J1 memang tersedia pula dalam versi 4G namun pada perbandingan ini memang versi 3G lah yang diangkat.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy J1 vs. Samsung Galaxy Core 2

Harga Samsung Galaxy J1 dan Samsung Galaxy Core 2
Samsung Core 2 Samsung Galaxy J1
Harga Samsung Galaxy A3 Harga Samsung Galaxy A5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Dengan selisih harga Samsung Galaxy J1 dan harga Samsung Galaxy Core 2 yang tak seberapa sebenarnya tak sulit menentukan pilihan di antara kedua ponsel kelas low-end ini. Memang dari segi performa di atas kertas Galaxy Core 2 sedikit lebih unggul, namun keunggulan tersebut nyaris tak terasa dalam keseharian. Sebaliknya kamera 5 MP yang sanggup merekam video 720 p serta kamera depan 2 MP meski kualitasnya jauh dari memuaskan tetap merupakan poin yang lebih bernilai sebagai keunggulan bagi Samsung Galaxy J1.