on

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4 bakal menjadi perbandingan dua produk kelas high-end keluaran Samsung yang paling relevan saat ini. Sebelumnya Galaxy Note 4 selalu dibandingkan dengan Galaxy S5. Namun dengan kehadiran Galaxy S6 tentu kondisi tersebut sudah berubah.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4 sekilas tampak tidak sebanding karena masing-masing berbeda kategori. Meski demikian faktanya di lapangan calon konsumen selalu membandingkan Galaxy seri S dengan Galaxy Note sebelum melakukan keputusan beli. Tanpa berpanjang lebar silakan menyimak perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4 berikut.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4


Perbandingan Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4

Dari sisi desain keduanya sudah langsung tampak berbeda, sebab Galaxy Note 4 memiliki bagian sudut yang lebih tajam dibanding Galaxy S6 yang sedikit membulat. Oleh karena dimaksudkan untuk masuk dalam kategori phablet maka Galaxy Note 4 mengusung ukuran layar yang lebih lebar yaitu 5.7 inch dimana Galaxy S6 mengusung layar 5.1 inch yang adalah ukuran maksimal bagi sebuah perangkat mobile untuk tetap bisa dikategorikan sebagai smartphone.

Walaupun memiliki pendekatan desain yang berbeda namun dari segi estetika maupun build quality keduanya bisa dibilang merupakan masterpiece dari Samsung mengingat biasanya produsen asal Korea itu cenderung menampilkan desain berkesan membosankan.

Selain kesamaan dalam hal dukungan konektivitas dan jaringan berupa dual-band Wi-Fi, Bluetooth 4.1, GPS, NFC, IR Blaster, active noise cancellation, heart rate sensor dan microUSB port v2.0 nyaris tak ada lagi persamaan antara Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy Note 4.

Samsung Galaxy S6 yang baru diperkenalkan beberapa waktu lalu mengandalkan desain unibodi dengan material aluminium solid yang dilapis oleh Corning Gorilla Glass 4. Lenyap sudah kesan murahan yang selama ini selalu melekat pada Galaxy seri S sebagai konsekuensi dari penggunaan plastik polycarbonate.
Beberapa kemiripan dengan Galaxy S5 memang masih bisa ditemukan pada desainnya, namun kala digenggam kesan solid dan premium pada Galaxy S6 kentara sekali membedakan dirinya dengan pendahulunya itu.

Layar Super AMOLED dengan resolusi Quad HD 2560 x1440 pixels yang menghasilkan kepadatan warna 577 ppi membuat siapapun seketika terpesona dengan ketajaman warna yang ditampilkan olehnya. Layar Galaxy Note 4 memang kentara sekali lebih lebar dibanding Galaxy S6, namun dengan resolusi yang sama maka nilai kepadatan warnanya hanya mencapai 515 ppi. Meski sebenarnya kualitas layar Galaxy Note 4 sudah sangat baik namun kala dibandingkan bersebelahan dengan layar Galaxy S6 tampak ketajaman warna keduanya begitu berbeda.

Perbandingan Layar Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4

Dan sebagaimana sudah diketahui publik jauh-jauh hari sebelum peluncuran resminya, kali ini tak ada lagi seri Galaxy S yang menggunakan chipset Qualcomm. Untuk pertama kalinya produsen elektronik asal Korea itu hanya merilis Samsung Galaxy S dalam satu varian saja yaitu dengan menggunakan chipset Exynos hasil pengembangan mereka sendiri.

Di dalam chipset Exynos 7240 ini terintegrasi prosesor octa-core yang terdiri atas prosesor quad-core berkecepatan 1.5 GHz dan prosesor quad-core berkecepatan 2.1 GHz. Didampingi oleh DDR4 RAM berkapasitas total 3 GB, sejauh ini Samsung Galaxy S6 adalah ponsel tercepat dalam benchmark yang sudah banyak dibahas di berbagai media.

Sementara itu Samsung Galaxy Note 4 yang dirilis lebih awal beberapa bulan dibanding Galaxy S6 bukan saja menggunakan chipset yang lebih lawas yaitu Exynos 5433 namun juga masih menggunakan RAM tipe DDR3 yang kinerjanya jelas tak mampu menyamai DDR4 pada Galaxy S6.

Dari sisi performa meski tidak buruk namun jelas Samsung Galaxy Note 4 tak mampu menandingi Samsung Galaxy S6. Hanya saja oleh karena menggunakan casing unibodi maka mau tak mau pengguna Galaxy S6 harus menerima ketiadaan dukungan memori eksternal. Sedangkan Galaxy Note 4 sendiri mendukung memori eksternal hingga kapasitas 128 GB.

Perbandingan Kecepatan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4

Setidaknya berdasarkan konfirmasi terbaru, Samsung Galaxy S6 ternyata menggunakan removable battery sama halnya dengan Galaxy Note 4 meski menggunakan desain unibodi. Meski demikian tetap saja proses melepas baterai pada Galaxy S6 tak semudah Galaxy Note 4 atau ponsel lain. Karena itu membawa baterai cadangan tampaknya bukan merupakan hal lumrah bagi pengguna Galaxy S6.



Pada perbandingan kamera utama Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4 meski di atas kertas tampak imbang karena sama-sama menggunakan kamera 16 MP ISOCELL namun jika dipelajari lebih detil performa serta kualitas keduanya berbeda. Pada Galaxy S6 aperture-nya meningkat menjadi F1.9 yang dimaksudkan meningkatkan kemampuannya mengambil foto di malam hari dan di dalam ruangan. Selain itu kecepatannya juga turut meningkat jika dibandingkan Galaxy Note 4.

Di bagian depan, kamera sekunder 5 MP pada Galaxy S6 jelas lebih mumpuni dibanding kamera 3.7 MP milik Galaxy Note 4. Bukan hanya itu saja, dukungan aperture F1.9 serta live HDR yang dimiliki oleh Galaxy S6 dijamin membuat aktivitas berfoto selfie menjadi lebih menyenangkan.

Sementara untuk kapasitas baterai memang Samsung hanya melengkapi Galaxy S6 dengan baterai 2550 mAh yang lebih kecil dibanding baterai Galaxy Note 4 yang memiliki kapasitas 3220 mAh. Namun demikian selain pihak pabrikan mengklaim bahwa pengisian daya selama 10 menit cukup membuat Samsung Galaxy bertahan selama 4 jam juga ponsel terbaru Samsung ini mendukung pengisian daya nirkabel (wireless charging) yang bakal terasa lebih praktis dibandingan cara konvensional menggunakan kabel.

Jika semua kelebihan Samsung Galaxy S6 dibanding Galaxy Note 4 yang sudah disebutkan di atas masih belum cukup meyakinkan Anda untuk meliriknya maka tambahkan juga perbaikan kinerja pemindai sidik jari, dukungan Samsung Pay serta speaker yang tidak hanya lebih besar namun penempatannya juga lebih ergonomis ke dalam daftar keunggulan Galaxy S6. Masih ditambah pula fakta bahwa sejak awal Galaxy S6 juga sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop dan pilihan warna casing yang tersedia jauh lebih menarik dibandingkan Galaxy Note 4.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4

Samsung Galaxy Note 4 sendiri sebenarnya juga merupakan langkah serius pihak pabrikan yang membuat banyak penyempurnaan dibanding generasi-generasi sebelumnya. Termasuk penggunaan bingkai metal dan faux-leather. Hanya saja jika penyempurnaan pada Galaxy S6 bisa dibilang dilakukan secara menyeluruh, maka pada Galaxy Note 4 masih tampak setengah-setengah.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4

Samsung Galaxy S6 Samsung Galaxy Note 4
Samsung Galaxy S6  Samsung Galaxy Note 4
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Jelas sekali bahwa Galaxy S6 tampil sebagai pemenang mutlak dalam perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4. Dari sisi desain, build quality, performa, bahkan hingga fitur-fitur gimmick pun Galaxy S6 jauh mengungguli Galaxy Note 4.

Namun jika Anda adalah konsumen yang merasa bahwa keberadaan S-Pen adalah vital dan juga merasa lebih nyaman dengan baterai removable yang memungkinkan Anda membawa baterai cadangan maka tak ada salahnya pula tetap menjatuhkan pilihan pada Samsung Galaxy Note 4.