on

Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge vs. Samsung Galaxy Note Edge

Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge vs. Samsung Galaxy Note Edge hendak mengupas persamaan dan perbedaan antara dua ponsel pertama Samsung yang hadir dengan layar mengkurva. Samsung Galaxy Note Edge yang dirilis beberapa tahun lalu hanya memiliki satu sisi mengkurva saja. Sementara pada Samsung Galaxy S6 Edge yang baru saja diperkenalkan, layar mengkurva tersebut sudah ada pada kedua sisinya.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge vs. Samsung Galaxy Note Edge berikut sekaligus juga hendak melihat seberapa besar dan banyakkah hak yang dipelajari oleh produsen asal Korea itu selama beberapa bulan jarak antara rilisnya Samsung Galaxy Note Edge dengan kelahiran Samsung Galaxy S6 Edge. Karena itu tanpa berpanjang lebar silakan menyimak perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge vs. Samsung Galaxy Note Edge.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge vs. Samsung Galaxy Note Edge


Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge vs. Samsung Galaxy Note Edge: Seberapa Banyak Perbedaannya?

Pertama-tama hal yang paling mencolok membedakan keduanya tentu terletak pada layar mengkurva dimana Galaxy Note Edge hanya pada satu sisi, sementara pada Galaxy S6 Edge ada di kedua sisinya. Karena itu bukan semata dari sisi penampilan dan fungsi, bahkan dari sisi ergonomis pun ada peningkatan signifikan. Sebelumnya Galaxy Note Edge banyak dikritik karena layar mengkurva pada satu sisi saja menjadikannya tidak nyaman digenggam, pada Galaxy S6 Edge bukan saja sudah lebih baik dibandingan Galaxy Note Edge namun bahkan lebih nyaman dibanding ponsel dengan desain konvensional.

Sekalipun sama-sama menggunakan layar dengan curved edge dan resolusi Quad HD namun tidak seperti yang diduga oleh kebanyakan dari kita selama ini ternyata kesamaan antara Samsung Galaxy S6 Edge dan Samsung Galaxy Note Edge tidaklah banyak.

Di sektor media penyimpanan misalnya, jika pada Galaxy Note Edge masih menggunakan removable battery dan mendukung memori eksternal maka hal yang sama tidak bisa diketemukan pada Samsung Galaxy S6 Edge. Memang baterai pada Galaxy S6 Edge bisa dilepas, namun karena buka dimaksudkan untuk pengguna yang ingin memiliki baterai cadangan namun lebih dimaksudkan untuk teknisi ketika harus melakukan reparasi maka tingkat kepraktisannya sangatlah berbeda.

Begitu pula sekalipun Samsung Galaxy S6 Edge dan Samsung Galaxy Note Edge sama-sama memiliki RAM dengan kapasitas 3 GB dan memori internal 32 GB namun performanya tidaklah sama. Galaxy S6 Edge sudah menggunakan DDR4 RAM, sementara Galaxy Note Edge masih menggunakan DDR3 RAM. Dari segi efisiensi jelas DDR4 RAM lebih baik dibanding DDR3. Begitu pula untuk memori internal yang meski sama-sama berkapasitas 32 GB namun tipe flash memory yang digunakan pun berbeda. Flash memory pada Samsung Galaxy S6 Edge merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya sehingga kemampuan baca dan tulisnya lebih cepat dibanding pendahulunya yang digunakan salah satunya oleh Samsung Galaxy Note Edge.

Pada fitur kamera dan pemindai sidik jari kondisinya pun tak jauh berbeda. Meski di atas kertas tampak sama namun perangkat keras (hardware) kamera Galaxy S6 Edge merupakan versi penyempurnaan dari kamera Galaxy Note 4 maupun Note Edge. Penyempurnaan dilakukan pula pada pemindai sidik jari Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge.

Persamaan antara kedua Galaxy Edge kembali diketemukan pada dukungan konektivitas dan jaringan berupa dual-band Wi-Fi, Bluetooth 4.1, GPS, NFC, and IR Blaster, active noise cancellation, heart rate sensor dan microUSB port v2.0.

Untuk melihat perbedaan secara mendetail silakan memperhatikan pada tabel berikut:

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge vs. Samsung Galaxy Note Edge


Kesimpulan Hasil Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge vs. Samsung Galaxy Note Edge

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy S6 Edge
Samsung Galaxy S6 Samsung Galaxy S6 Edge
Harga Samsung Galaxy S6 Harga Samsung Galaxy S6 Edge
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Secara mengejutkan Samsung Galaxy Note Edge justru tampil sebagai unggulan pada perbandingan kali ini. Memang dari sisi performa baik kecepatan maupun fitur Galaxy S6 Edge menawarkan performa lebih baik dibanding Galaxy Note Edge.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge vs. Samsung Galaxy Note Edge

Namun bukan saja peningkatannya tak terlalu signifikan, juga layar Galaxy Note Edge yang lebih lebar berikut dukungan memori eksternal dalam pandangan kami lebih bermanfaat ketimbang penyempurnaan yang ditawarkan oleh Galaxy S6 Edge.