on

Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy Note Edge

Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy Note Edge mencoba menggali masih adakah kesamaan DNA antara kedua device terbaru keluaran Samsung di kelas high-end tersebut. Di mata konsumen seri Galaxy Note selalu dipersepsikan sebagai flagship model perusahaan asal Korea yang mendominasi pasar Android selama beberapa tahun ini. Namun secara resmi produsen sendiri menyebut bahwa Galaxy seri S adalah satu-satunya flagship series yang mereka miliki.

Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy Note Edge kali ini memang sekilas tidak terlalu relevan. Sebab di mata konsumen Note Edge dianggap lebih tinggi kastanya dibanding Galaxy S5. Namun benarkah demikian? Untuk memastikannya maka berikut kami hadirkan perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy Note Edge.

Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy Note Edge


Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy Note Edge: Spesifikasi dan Desain

Ketika Samsung Galaxy S5 dirilis berbagai kritik dialamatkan kepada perusahaan asal Korea yang dianggap sebagai perusahaan tersukses dalam meniru Apple tersebut. Selain casing plastik, hal lain yang menjadi poin kritikan adalah penilaian bahwa semakin hari Samsung semakin minim berinovasi. Untuk menjawab kritikan pertama mula-mula pabrikan menghadirkan Samsung Galaxy Note 4 dengan frame berbahan metal. Sedangkan untuk kritikan kedua dihadirkan Samsung Galaxy Edge.

Seri Galaxy Note sejak generasi pertama selalu mengusung DNA dari Samsung Galaxy S. Dan kali ini meski karena keunikan layarnya seolah Samsung Galaxy Note Edge berasal dari DNA yang berbeda dengan Galaxy S5 ternyata masih ada beberapa kesamaan antara keduanya. Kesamaan antara Samsung Galaxy S5 dan Samsung Galaxy Note Edge tersebut diantaranya adalah layar Super AMOLED yang ukurannya nyaris identik satu sama lain, menggunakan kamera utama yang sama dengan teknologi ISOCELL, sama-sama mendukung dual-Band Wi-Fi, Bluetooth 4.1 LE, NFC dan microUSB port. Keduanya juga menawarkan fitur Heart Rate Sensor, IR blaster dan pemindai sidik jari. Terakhir, keduanya mengandalkan sistem operasi Android KitKat.

DNA Samsung Galaxy Note 4 sebagaimana sudah merupakan pengetahuan umum berasal dari Samsung Galaxy S5. Sedangkan DNA Samsung Galaxy Note Edge separuhnya berasal dari Samsung Galaxy Note 4. Layar unik pada Samsung Galaxy Note Edge di mata konsumen sering dipersepsi sebagai dual scree karena sisi edge-nya mampu bekerja secara mandiri. Namun pihak Samsung sendiri secara resmi menjelaskan bahwa keduanya merupakan satu kesatuan. Alasan layar mengkurva Samsung Galaxy Note Edge bisa bekerja secara mandiri tak lain merupakan rekayasa perangkat lunak.

Perbedaan antara Samsung Galaxy S5 dan Samsung Galaxy Note Edge bukan saja terletak pada layarnya namun juga pada kamera depan. Galaxy S5 masih mengandalkan kamera 2 MP yang tujuannya sekedar memfasilitasi video calling. Sedangkan Samsung Galaxy Note Edge selangkah lebih maju dengan kamera 3.7 MP berikut lensa lebar untuk mengakomodir kecenderungan selfie dewasa ini.

Oleh karena spesifikasi yang lebih tinggi pula maka pihak produsen dipaksa menempatkan baterai dengan kapasitas lebih besar pada Samsung Galaxy Note Edge dengan 3.000 mAh, sedangkan pada Samsung Galaxy S5 baterai 2.800 mAh dirasa sudah cukup. Meski demikian jika dibandingkan Samsung Galaxy Note 4 ternyata Samsung menyunat kapasitas baterai Samsung Galaxy Note Edge sebesar 220 mAh, hal itu dilakukan karena dimensi baterai Galaxy Note 4 terlalu besar untuk bisa masuk ke dalam Galaxy Note Edge.

Sementara itu masih ada beberapa hal lain yang menjadi keunggulan bagi Samsung Galaxy Note Edge dibanding Samsung Galaxy S5 seperti S-Pen, LTE Cat. 6, frame berbahan metal, noise cancellation, download booster, serta UV and Oxygen Saturation Sensor. Jadi memang edge display bukan satu-satunya kelebihan Galaxy Note Edge dibanding Galaxy S5.

Galaxy S5 sendiri sebagaimana juga sudah diketahui tidak banyak membawa perubahan dibanding Galaxy S4 termasuk ketika bicara soal desain casing. Namun tetap saja ponsel flagship Samsung ini termasuk salah satu yang terbaik di antara ponsel kelas high-end yang ada saat ini. Layarnya memang tidak memiliki resolusi serta tingkat kepadatan warna setinggi Galaxy Note Edge, namun tetap superior di kelasnya.

Samsung Galaxy S5 sendiri juga memiliki kelebihan dibanding Samsung Galaxy Note Edge, yaitu sertifikasi IP67 yang menegaskan dirinya sanggup menahan air tawar agar tidak merasuki komponen di dalamnya meski dalam jangka waktu yang terbatas. Tak hanya itu, dengan dimensi yang dimilikinya Galaxy S5 masih mungkin dioperasikan dengan satu tangan meski tentu tak senyaman kala menggunakan ponsel dengan layar 4.7 inch.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy Note Edge

Samsung Galaxy S5 Samsung Galaxy Note 4
Samsung Galaxy S5  Samsung Galaxy Note 4
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Mana yang muncul sebagai pemenang dalam perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy Note Edge rasanya sudah cukup jelas. Namun tak bisa dipungkiri juga bahwa harga Samsung Galaxy Note Edge jauh lebih mahal dibanding harga Galaxy S5. Dan seperti sudah diperkirakan tim Bursa Harga Ponsel dan Laptop jauh-jauh hari sebelumnya pada artikel ini bahwa Samsung Galaxy Note Edge tidak akan resmi masuk ke Indonesia sekalipun kala itu ada beberapa media online yang mengklaim sudah mendapat konfirmasi dari Samsung Indonesia bahwa Galaxy Note Edge bakal resmi masuk Indonesia.