on

Kupas Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy E5

Samsung Galaxy E5 resmi dirilis di Indonesia bersamaan dengan Galaxy E7 baru-baru ini. Ponsel Android yang pertama kali diperkenalkan pada gelaran CES 2015 lalu menyasar segmen kelas menengah dengan pendekatan yang sedikit berbeda jika dibanding Galaxy seri A yang lebih dulu dijual di Indonesia. Galaxy E5 sendiri tak banyak berbeda dengan Galaxy E7 yang dibanderol lebih mahal, ukuran layar yang sedikit lebih kecil merupakan pembeda utama antara keduanya.

Samsung Galaxy E5 meski menyasar segmen yang sama dengan Galaxy A5 namun banderolnya sedikit lebih murah. Tampaknya pabrikan asal Korea tersebut beranggapan bahwa tidak setiap orang peduli dengan tampilan desain premium lewat casing berbahan metal. Sebaliknya, beberapa konsumen memilih hemat sekitar Rp 1 juta dan tidak berkeberatan dengan material plastik.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy E5


Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy E5

Dari sisi desain tak ada kejutan atau inovasi apapun yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy E5. Meski pada dasarnya Galaxy seri A pun mengusung desain yang lawas namun penggunaan bahan metal mampu mengubah kesan secara keseluruhan. Tentu hal serupa tak bisa diharapkan dari Galaxy seri E. Namun demikian tampilan serta build quality-nya sendiri juga tidak termasuk buruk.

Beberapa bagian Samsung Galaxy E5 memiliki kemiripan yang kuat dengan desain ponsel Samsung Galaxy yang sudah ada selama ini, sebut saja Galaxy Alpha, Galaxy A5 atau Galaxy S5. Bahkan pada panel bagian belakang kesamaan tersebut makin kental.

Secara keseluruhan, meski membosankan namun desain sera build quality-nya layak untuk mendapat apresiasi. Bahkan kesan premium masih bisa dirasakan sekalipun menggunakan casing berbahan plastik polycarbonate.

Berbeda dengan Galaxy E7 yang menggunakan layar berukuran 5.5 inch, pada Galaxy E5 yang dibanderol lebih murah produsen memberikan layar dengan ukuran 5 inch. Meski demikian dengan kepadatan warna mencapai 294 ppi dan tingkat kecerahan minimum 9.6 cd / m² serta maksimumnya 366 layar ini bukan saja tajam namun masih terbaca dengan cukup baik kala terpapar sinar matahari.

Meski seperti biasa produsen asal Korea tersebut mengandalkan layar Super AMOLED dan bukannya IPS namun semakin hari tampak ada peningkatan kualitas reproduksi warna pada layar ini. Warna putih kini sudah ditampilkan lebih putih dan tak terlalu keabu-abuan seperti biasa terjadi pada layar berbasis AMOLED. Meski demikian tingkat ketajamannya masih belum menyamai IPS, demikian pula naturalitas warna khas IPS masih belum bisa disamai oleh layar kebanggaan Samsung ini.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy E5

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy E5

Dari sisi sistem operasi memang Samsung Galaxy E5 belum menjalankan Android Lollipop dan masih mengandalkan Android KitKat, namun konfigurasi perangkat kerasnya sendiri menunjukkan bahwa pihak produsen sudah mempersiapkan ponsel ini untuk bekerja optimal dengan sistem operasi Android terbaru tersebut. Sebut saja misalnya prosesor 64 bit Cortex A-53 yang terintegrasi dengan chipset Snapdragon 410. Didukung pula oleh GPU Adreno 306 dan RAM dengan kapasitas 1.5 GB meski tidak istimewa namun performanya sudah terbilang mumpuni untuk ukuran ponsel Android kelas menengah. Dalam pengujian benchmark Samsung Galaxy E5 vs. Samsung Galaxy A5 keduanya bahkan mencatatkan poin yang imbang satu sama lain.

Di sektor media penyimpanan Samsung menyediakan memori internal dengan kapasitas 16 GB, dan jika dibutuhkan baik untuk alasan penambahan kapasitas maupun kepraktisan maka pengguna masih bisa menambahkan memori eksternal hingga kapasitas 64 GB.

Secara umum performa kecepatannya terbilang sangat baik, namun kapasitas RAM yang hanya dibatasi 1.5 GB merupakan bottleneck bagi potensi performa ponsel Samsung Galaxy terbaru ini.

Fitur kamera tersedia kamera utama 8 MP dan kamera sekunder 5 MP, kualitas foto yang dihasilkan oleh keduanya tidaklah istimewa namun relatif standar untuk sebuah ponsel kelas menengah. Selama digunakan di siang hari yang cerah maka tak ada kendala yang ditimbulkan olehnya.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy E5

Kesimpulan dan Harga Samsung Galaxy E5

Samsung Galaxy E5 Samsung Galaxy A5
Samsung Galaxy S5  Samsung Galaxy Note 4
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Pada dasarnya tak banyak perbedaan yang bisa ditemukan antara Samsung Galaxy E5 dan Samsung Galaxy A5 kecuali tentu saja perbedaan material yang digunakan antara keduanya, kapasitas RAM yang berselisih 500 MB serta kamera utama dimana Galaxy A5 sudah menggunakan kamera 13 MP. Walau demikian tidak setiap orang membutuhkan fitur-fitur tersebut, jika Anda adalah satu diantaranya maka tak ada salahnya memilih Galaxy E5 dan menghemat sekitar Rp 1 juta. Harga Samsung Galaxy E5 saat ini dibanderol Rp 3,5 juta, sedangkan Galaxy A5 mencapai Rp 4,7 juta.