on

Microsoft Lumia 640 XL: Ponsel Murah Berlayar Lebar

Peluncuran Microsoft Lumia 640 XL mungkin tak banyak mendapat perhatian, sebab kala itu perhatian publik masih tertuju pada Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S6 Edge. Namun bukan berarti bahwa ponsel berbasis Windows Phone terbaru ini tak layak diamati. Malahan untuk segmen mid-low ponsel terbaru Microsoft ini menjadi salah satu alternatif yang wajib dipertimbangkan.

Microsoft Lumia 640 XL memang bukan ponsel kelas flagship sebagaimana dinantikan oleh publik hingga saat ini. Namun dengan positioning dan harga yang ditawarkan, Lumia 640 XL bakal berhadapan langsung dengan penguasa segmen low-end yaitu Samsung Galaxy Grand 2. Kini pertanyaannya adalah sejauh mana Microsoft membekali Microsoft Lumia 640 XL agar mampu berhadapan dengan Galaxy Grand 2?


Spesifikasi dan Desain Microsoft Lumia 640 XL

Microsoft Lumia 640 XL mengusung layar berukuran 5.7 inch dan dibanderol relatif murah, padahal dengan ukuran layar yang sama Samsung hampir pasti akan membanderol dengan harga setidaknya dua kali lebih mahal dibanding Microsoft.

Meski tampilannya cukup memikat untuk sebuah ponsel di kelas ini, namun tak bisa dipungkiri bahwa produsen asal AS tersebut tetap harus menghemat biaya produksi untuk membuatnya kompetitif di pasaran. Maka tak perlu heran jika material plastik sepenuhnya masih menjadi andalan pabrikan tersebut untuk membuat casing-nya. Dari sisi estetika, meski tidak mengadopsi desain unibodi namun sekilas cover bagian belakang Lumia 640 XL seolah menyatu dengan bagian depannya.

Microsoft tetap menawarkan warna-warna yang cerah seperti yang sudah-sudah, hanya saja kali ini pilihannya tidak sebanyak sebelumnya. Microsoft Lumia 640 XL tersedia dalam pilihan warna casing putih, hitam, biru dan orange.


Build quality serta finishing-nya masih kental dengan ciri khas Lumia: berkualitas, rapi dan solid. Kesan murahan sama sekali tak terlihat, lebih-lebih jika membandingkan dengan kebanyakan ponsel berbasis Android di kisaran harga yang sama.

Nilai jual utama Microsoft Lumia 640 XL tentu saja adalah layar ukuran lebar yang saat ini makin digandrungi konsumen di emerging markets. Dengan ukuran 5.7 inch, layar Microsoft Lumia 640 XL adalah yang terlebar di kelasnya, bahkan setara dengan Samsung Galaxy Note 4 jika hanya ditilik dari ukurannya saja. Tentu sebagai ponsel kelas menengah kualitas layarnya tak bisa disamakan dengan Galaxy Note 4. Microsoft hanya memberikan resolusi HD (720 pixels) sehingga nilai kepadatan layarnya tak sebanding dengan ponsel kelas high-end, namun juga tidak lebih buruk dari Samsung Galaxy Grand 2 atau Samsung Galaxy Mega 2.

Microsoft Lumia 640 XL yang rencananya akan resmi dirilis pada bulan April tahun ini nantinya masih akan mengusung sistem operasi Windows Phone 8.1, namun pihak Microsoft memastikan bahwa update Windows Phone 10 akan dilakukan dalam waktu tak lama dari rilis resminya.


Sama halnya dengan Samsung Galaxy Grand 2, Lumia 640 XL pun masih menggunakan chipset Snapdragon 400 dengan prosesor 1.2 GHz yang terintegrasi. Kapasitas RAM yang hanya 1 GB membuatnya defisit 500 MB dibanding Galaxy Grand 2. Namun seperti biasa Microsoft membuktikan tingkat efisiensi sistem operasi Windows Phone yang meski hanya dijalankan dengan spesifikasi sederhana namun performanya tetap prima.

Bukan hanya kualitas layar serta build quality saja yang menjadi keunggulan Lumia 640 XL. Seperti biasa pula seri Lumia selalu mengoptimalkan fitur kamera. Kali ini kamera 13 MP dengan lensa Carl Zeiss menjadi andalannya. Selain itu mode HDR yang melengkapinya selama pengujian membuktikan diri sebagai mode HDR terbaik yang pernah ada sejauh ini.

Microsoft Lumia 640 XL

Kesimpulan Awal Microsoft Lumia 640 XL

Microsoft hingga saat ini masih belum juga merilis model flagship sejak menyingkirkan nama Nokie tahun lalu. Meski demikian beberapa ponsel kelas low-end yang mereka rilis sejauh ini mampu membuktikan diri dari sisi kualitas. Microsoft Lumia 640 XL sendiri meski hanya ponsel kelas menengah namun pada pengujian awal menunjukkan mampu memberi value yang lebih tinggi dibanding penguasa pasar di kelas ini yaitu Samsung Galaxy Grand 2.