on

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo Y50

Laptop Lenovo selama ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari konsumen di berbagai negara. Bukan semata-mata soal kualitas saja tentu yang menjadi faktor, sebab jika sekedar kualitas tinggi maka ada banyak kompetitor ternama yang bisa menawarkan hal serupa. Keunggulan laptop Lenovo adalah kemampuan pabrikan asal Cina tersebut meracik spesifikasi yang mengakomodir fungsi laptop sebagai pendukung produktivitas namun pada sisi lain juga tetap mampu berfungsi sebagai perangkat hiburan.

Laptop Lenovo Y50 tak terkecuali, laptop Lenovo terbaru ini pada dasarnya dimaksudkan untuk kalangan pebisnis dan profesional namun pihak produsen meningkatkan kemampuan olah grafisnya sehingga cukup mumpuni pula untuk menjalankan game di kala senggang atau sebagai pelepas stress. Seperti apakah laptop terbaru keluaran Lenovo ini? Simak liputannya berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo Y50


Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo Y50

Konfigurasi spesifikasi Laptop Lenovo Y50 ditawarkan dalam dua opsi masing-masing mengandalkan prosesor Intel Core i7-4710HQ dan kartu grafis Nvidia 860M. Perbedaan antara kedua versi yang ada terletak pada kapasitas RAM dan kapasitasn media penyimpanan.

Dari sisi desain kentara sekali bahwa laptop ini dimaksudkan sebagai business laptop, tampilan yang elegan dan minimalis dengan permukaan berkontur unik membuat laptop ini sesuai dengan segmen konsumen yang dibidiknya. Sementara itu di bagian bawah terletak sebuah subwoofer yang meski sudah pasti tak bakal memuaskan penggemar game maupun audio namun keberadaannya di sebuah laptop bisnis jelas merupakan sebuah nilai plus.

Layar 15.6 inch yang diusungnya pun sudah memenuhi ekspektasi konsumen terhadap laptop kelas ini. Resolusi yang tinggi, permukaan glossy yang tidak reflektif serta tingkat viewing angles yang sangat luas kesemuanya sudah dipenuhi oleh Laptop Lenovo Y50. Tingkat kecerahannya terasa pas baik kala digunakan di dalam maupun di luar ruangan, rasio kontrasnya baik demikian pula halnya dengan akurasi warna. Pada poin ini kami tak menemukan kelemahan Laptop Lenovo Y50.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo Y50

Build quality-nya juga terasa begitu solid, kualitas serta tata letak keybboard pun demikian. Tampaknya berbagai kelebihan yang selama ini dihadirkan pada seri ThinkPad dicoba diturunkan pada Y50.

Kala digunakan laptop ini juga sangat minim panas maupun suara berisik yang umumnya berasal dari fan maupun HDD. Selama Anda tidak meletakkannya di atas permukaan yang lunak seperti sofa, karpet atau tempat tidur maka panas yang dihasilkan oleh laptop ini mampu dilepas dengan baik. Bahkan suhunya tetap stabil sekalipun digunakan untuk menjalankan game 3D dalam waktu panjang.

Dan oleh karena GPU-nya bukan menggunakan GPU Intel sebagaimana umumnya laptop di segmen ini melainkan menggunakan GPU besutan Nvidia maka kemampuan laptop Lenovo ini dalam menjalankan game terbilang istimewa di kelasnya. Beberapa game 3D bisa berjalan dengan lancar, meski bukan game terbaru. Sebut saja salah satunya adalah “Left 4 Dead 2”.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo Y50


Jika di atas sudah disebutkan kelebihan Laptop Lenovo Y50, lantas apa saja kekurangan yang dimiliki oleh laptop Lenovo ini?

Pertama-tama yang kembali perlu dipahami adalah fakta bahwa sekalipun kemampuannya menjalankan game di atas rata-rata laptop di segmen ini namun Laptop Lenovo Y50 tetap bukanlah sebuah gaming laptop. Karenanya jika Anda benar-benar maniak game yang secara khusus membutuhkan laptop untuk bermain game maka Laptop Lenovo Y50 bukanlah pilihan tepat. Sebagaimana diketahui bahwa umumnya game terbaru saat ini menuntut resolusi tinggi yaitu 4K, meski Y50 masih mampu menjalankannya namun kompensasinya tentu saja adalah penurunan resolusi yang lumayan signifikan.

Untuk tetap menjaga harganya kompetitif maka Lenovo juga menempatkan GPU Nvidia GeForce GTX 860M dan bukannya 965M atau 970M yang lebih mumpuni mengolah grafis kala menjalankan game berat, maka sebaiknya ekspektasi Anda terhadap kesanggupannya menjalankan game 3D tidaklah berlebihan.

Harga laptop Lenovo Y50 pun juga tidak terbilang murah, dan jika Anda memang secara khusus membutuhkan laptop untuk bermain game maka ada beberapa pilihan lain di kisaran harga sama yang spesifikasinya lebih mengakomodir kepentingan tersebut.

Kelemahan laptop Lenovo Y50 juga bukan saja terbatas untuk para gamer, daya tahan baterai yang biasa-biasa saja juga menjadi ganjalan tersendiri bagi mereka yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Kala digunakan memutar klip di Youtube dengan resolusi 720 pixels, laptop ini hanya sanggup bertahan selama 3 jam, 14 menit. Tentu saja bakal lebih singkat lagi jika digunakan untuk bermain game.


Dan seperti biasa, harga laptop Lenovo biasanya memang dipatok lebih mahal dibanding kompetitor dengan spesifikasi setara. Namun pada sisi lain kualitas kenyamanan keyboard-nya memang sampai saat ini masih tetap paling baik dibanding merek lain.

Kesimpulan dan Harga Laptop Lenovo Y50


Cek Harga Laptop Lenovo Y50
Laptop Lenovo Y50
Harga Laptop Lenovo Y50
Laptop Lenovo Y50


Laptop Lenovo Y50 pada dasarnya adalah laptop dengan banyak potensi yang membuat konsumen mudah jatuh hati. Mulai dari build quality, kualitas layar serta kelebihan lain berupa subwoofer serta kartu grafis Nvidia yang membuatnya menonjol dibanding kompetitor. Kemampuannya dalam memanajemen panas untuk menjaga suhu tetap stabil sekalipun menjalankan aplikasi berat tentu adalah kelebihan lain yang tak bisa dikesampingkan.

Karenanya selama Anda bukanlah maniak game yang sekedar membutuhkan laptop untuk bermain game serta tidak berkeberatan membayar harga sedikit lebih mahal dibanding opsi lain maka kami memberi rekomendasi tinggi untuk laptop keluaran Lenovo ini. Harga Lenovo Y50 saat ini dibanderol mulai Rp 15 juta-an.