on

Perbandingan Xiaomi Redmi 2A vs. Lenovo A6000

Lenovo A6000 dengan cepat memperoleh popularitasnya di segmen low-end berkat kualitas layar dan beberapa fitur unggulan melebihi ekspektasi awal konsumen di kelas ini. Sementara itu Xiaomi lewat Redmi 2A tengah berupaya mempertahankan sukses pendahulunya di tahun lalu pada segmen yang sama. Mana diantara keduanya yang memiliki potensi lebih tinggi untuk menguasai segmen paling bawah ini?

Xiaomi Redmi 2A adalah versi stripped down dari Xiaomi Redmi 2 yang pekan lalu resmi djual di Indonesia. Sama seperti sebelumnya pihak pabrikan semaksimal mungkin menekan pengeluarani tanpa banyak mengorbankan kualitas produk itu sendiri. Salah satu caranya adalah dengan memangkas biaya distribusi. Sebagai konsekuensinya maka seperti yang sudah-sudah tidak akan mudah mendapatkan unit Xiaomi Redmi 2A di pasaran.

Lenovo sendiri turut melakukan penjualan non konvensional untuk Lenovo A6000. Sejauh ini angka penjualan Lenovo A6000 tampak begitu fantastis, pada penjualan pertama semua unit yang tersedia langsung terjual habis dan masih banyak calon konsumen dalam daftar tunggu yang terpaksa menunda niatnya. Kondisi yang sama lagi-lagi kembali terjadi pada “open sale” kedua baru-baru ini.

Perbandingan Xiaomi Redmi 2A vs. Lenovo A6000

Dari sisi penjualan sejauh ini baik Xiaomi Redmi 2A maupun Lenovo A6000 sama-sama tampak menjanjikan. Namun jika Anda harus memilih satu diantaranya, mana yang bakal Anda pilih? Untuk membantu proses pengambilan keputusan beli berikut kami sajikan perbandingan Xiaomi Redmi 2A vs. Lenovo A6000.

Perbandingan Spesifikasi Xiaomi Redmi 2A vs. Lenovo A6000

Xiaomi Redmi 2A dilengkapi dengan layar IPS berukuran 4.7 inch dengan resolusi 720 x 1280 pixels dengan kepadatan warna 312 ppi. Sementara di sektor performa pabrikan asal Cina ini mengandalkan chipset Leadcore L1860C dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.5 GHz yang terintegrasi didukung oleh GPU Mali-T628 MP2 dan RAM berkapasitas 1 GB. Dengan banderol di kisaran Rp 1 juta lebih sedikit pihak produsen juga membekalinya dengan kamera utama 8 MP, kamera sekunder 2 MP berikut dukungan jaringan 4G LTE.

Lenovo A6000 pun memiliki layar dengan teknologi serta resolusi yang sama dengan kompetitornya. Hanya saja karena ukuran layarnya sedikit lebih besar yaitu 5 inch maka nilai kepadatan warna yang dihasilkan sedikit lebih renggang yaitu 294 ppi.
Jantung performa Lenovo A6000 sendiri merupakan tanggung jawab dari chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1.2 GHz yang terintegrasi berikut GPU Adreno 306 dan RAM berkapasitas 1 GB. Lenovo pun juga melengkapi A6000 dengan kamera utama 8 MP dan kamera sekunder 2 MP.

Terlepas dari fakta bahwa chipset Leadcore bukanlah nama yang setenar Qualcomm namun performa yang ditampilkan kedua ponsel Android kelas low-end ini cukup sesuai harapan. Jika ada kelemahan disektor performa itu lebih sering muncul kala melakukan multitasking karena memang keduanya hanya dibekali dengan RAM 1 GB.

Perbandingan Xiaomi Redmi 2A vs. Lenovo A6000

Dari sisi kualitas layar keduanya cukup berimbang, beberapa konsumen yang lebih mementingkan ukuran layar akan berpaling pada Lenovo A6000 sementara mereka yang lebih mementingkan ketajaman gambar cenderung menjatuhkan pilihan pada Xiaomi Redmi 2A. Meski demikian perbedaan keduanya sebenarnya tak terlalu signifikan.

Sayang sekali untuk poin perbandingan kamera Xiaomi Redmi 2A vs. Lenovo A6000 sendiri masih belum bisa diberikan penilaian karena kamera keduanya belum dibandingkan secara langsung.

Perbedaan Xiaomi Redmi 2A vs. Lenovo A6000 yang mungkin bagi beberapa calon konsumen bakal dirasa penting adalah fakta bahwa Xiaomi Redmi 2A sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop. Sementara Lenovo A6000 masih menjalankan Android KitKat dan sampai saat ini pun pihak produsen belum memberikan apakah ponsel ini akan mendapatkan update Android Lollipop nantinya. Namun pada sisi lain Lenovo A6000 dilengkapi dengan dukungan lebih optimal dalam hal perangkat hiburan (musik) bukan hanya lewat akses yang lebih luas namun juga dukungan Dolby Digital Plus yang memang menjadi keunggulan utama dari ponsel murah buatan Lenovo ini.

Kesimpulan Perbandingan Xiaomi Redmi 2A vs. Lenovo A6000


Harga Lenovo A6000 vs. Xiaomi Redmi 2
Lenovo A6000 Xiaomi Redmi 2
Harga Lenovo A6000 Harga Xiaomi Redmi 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Setelah membandingkan Xiaomi Redmi 2A vs. Lenovo A6000 pada beberapa poin di atas semakin tampak bahwa keduanya mengusung fitur serta spesifikasi yang sejatinya diketemukan pada ponsel kelas mid-low namun dibanderol setara ponsel kelas low-end, tak heran jika catatan penjualan kedua ponsel Android buatan Cina tersebut begitu menganggumkan.

Namun jika memang harus memilih salah satu dari keduanya kami memberikan rekomendasi lebih tinggi pada Lenovo A6000, pasalnya selain chipset besutan perusahaan yang lebih mapan juga kualitas kameranya lebih teruji dan terbukti ketimbang Xiaomi. Alasan lain tentu saja adalah dukungan audio dengan akses serta kualitas yang lebih baik jika dibanding Xiaomi Redmi 2A.