on

Ulasan Xiaomi Redmi 2 Berikut Spesifikasi

Xiaomi Redmi 2 yang secara resmi dirilis oleh pabrikan asal Cina yang sedang naik daun pada awal tahun 2015 lalu kembali menyita perhatian. Redmi 2 sendiri diposisikan sebagai pengganti dari entry-level smartphone mereka tahun lalu yaitu Xiaomi Redmi 1s yang mencatat volume penjualan cukup menjanjikan. Kali ini meski Xiaomi Redmi 2 sudah mendukung jaringan 4G LTE namun banderol harganya tetap tak berbeda jauh dari pendahulunya.

Xiaomi Redmi 2 saat ini sudah dijual secara resmi di Cina dan dalam waktu dekat akan menyusul negara-negara lain di sekitarnya. Sama halnya dengan Xiaomi Redmi 1s bahkan saat ini pun sudah cukup banyak calon konsumen yang menyatakan ketertarikannya terhadap smartphone Android murah dari Xiaomi ini. Seperti apakah penyempurnaan yang diusung oleh Xiaomi Redmi 2?

Kualitas Xiaomi Redmi 2


Desain dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 2

Specification
Model: Redmi 2
Sim Card: Dual Sim Card Dual Standby
Color: Black, Pink, Yellow, White, Light Green
CapacityRAM: 1GB
ROM: 8GB
External memory: Support Max. up to 32GB micro SD card 
Multi-Languages
English, Chinese, Polish, Slovak, Czech, Bulgarian, Hungarian, French, Russian, Croatian, Vietnamese, Italian, Greek, Norwegian, Dutch, Spanish, Turkish, Brazilian-Portuguese, Portuguese
ChipsetCPU: Qualcomm 8228 Snapdragon 410 Quad-core 1.2GHz 64-bit
GPU: Adreno 306
RAM: 1GB
Others: 32-bit and 64-bit capable
SystemAndroid 4.4.4 with MIUI 6
ScreenDisplay Size: 4.7 Inch
Type: IPS LCD, OGS,capacitive touch screen
Resolution: 720 x 1280 pixels
Screen Color: 16000K Colors
Multitouch: Yes
Technology: 312 ppi pixel density
CameraRear Camera: 8MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Front Camera: 2MP, 720p@30fps
Video Capture: Rear and Front support 1080p@30fps
Features: 1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, HDR
Video Capture: Rear support 1080p@30fps, Front 720p@30fps
Wide-angle: 28mm
ApertureA ƒ/2.2 aperture
Other : Zero shutter lag, face recognition, high dynamic range (HDR), real-time filters
Network and Wireless ConnectivityNetwork Frequency
4G: FDD-LTE BAND1/BAND3 (2100/1800MHz)  , TDD-LTE(B41: 2555-2575MHz)
3G: WCDMA(900 / 1900 / 2100MHz)
2G: GSM(900 / 1800)
GPS: GPS , AGPS ,GLONASS
Bluetooth: v4.0 with A2DP, LE
WiFi: Wi-Fi 802.11 b/g/n Wi-Fi hotspot
Battery capacity and life2200mAh lithium-ion battery
Standby Time: About 2~3 days
SensorGyro, Light, Gravity, Proximity, Compass
SizeDimensions: 5.27 x 2.64 x 0.36 inches (134 x 67.21 x 9.2 mm)
Net Weight:  4.72 oz (134 g)
Package1 x Xiaomi Redmi 2
1 x Travel Charger
1 x Usb Data Cable
1 x  Battery


Seperti biasanya paket yang tersedia dalam boks Xiaomi Redmi 2 tetap minimalis. Di dalamnya tersedia kabel USB, charger dan baterai. Sedangkan dimensi handset-nya sendiri adalah 134 x 67.21 x 9.2 mm dengan bobot 134 gram.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 2

Pada bagian belakang sebuah logo “Mi” tampak mencolok di bagian bawah, sedangkan pada bagian atas terdapat lensa kamera berikut lampu flash dan speaker mendampinginya. Dengan permukaan tipe matte bukan saja nyaman digenggam namun juga relatif tidak terasa licin dalam genggaman. Cover bagian belakangnya sendiri bisa dilepas dan diganti dengan berbagai warna seperti hitam, merah muda, kuning, putih dan hijau terang.

Kapasitas baterainya sendiri meningkat dari s Xiaomi Redmi 1s yang menggunakan baterai dengan kapasitas 2.000 mAh menjadi 2200 mAh.

Sedangkan pada bagian muka terletak layar berukuran 4.7 inch dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels atau setara dengan Xiaomi Redmi Note. Namun berkat ukuran layar yang lebih kecil maka kerapatan warna yang dihasilkan pun otomatis meningkat menjadi 312 ppi. Secara umum kualitas reproduksi warnanya pun tampak lebih baik jika dibandingkan Xiaomi Redmi 1s. Namun bukan berarti kualitasnya sudah sempurna, sebab tingkat ketajaman serta kecerahan layarnya terasa masih kurang dari yang diharapkan.

Layar pada Xiaomi Redmi 2 juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass dalam rangka meminimalisir terjadinya goresan. Dan sama seperti umumnya layar tipe IPS LCD maka viewing angles yang dimiliki oleh ponsel terbaru Xiaomi ini terbilang sangat luas.

Untuk fitur kamera Xiaomi Redmi 2 menawarkan kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP. Kamera utamanya didukung oleh mode HDR, Special Effects, Filters, Panorama, Continuous Shooting, Voice Shutter dan beberapa mode lainnya. Bahkan tampilan antar muka MIUI 6 juga memberikan tampilan pratinjau dengan semua filter yang tersedia sehingga memberikan gambaran lebih baik kepada penggunanya.

Jika dibandingkan kamera Xiaomi Redmi 1s maka terasa ada peningkatan signifikan di sisi kecepatan, bahkan mungkin bisa disetarakan dengan Xiaomi Mi3 atau Mi4 dalam hal kecepatan.
Kualitas foto yang dihasilkan sendiri cukup lumayan untuk sebuah ponsel Android kisaran harga Rp 1 juta-an meski reproduksi warnanya jika diamati cenderung kebiru-biruan. Kemampuannya mengambil foto di malam hari juga cukup baik meski gejala glare dari cahaya di sekitarnya kerap muncul.

Kamera Xiaomi Redmi 2

Sedangkan bagi pada maniak selfie tampaknya kamera 2 MP pada bagian depan belum mampu memuaskan ekspektasi, namun lagi-lagi perlu diingat bahwa harga Xiaomi Redmi 2 hanya di kisaran Rp 1 juta-an. Karena itu secara umum kualitas kamera depan maupun kamera utama layak diapresiasi.

Di sektor performa Xiaomi Redmi 2 mengandalkan prosesor quad-core Snapdragon 410 dengan kecepatan 1.2 GHz didampingi oleh GPU Adreon 306 dan RAM dengan kapasitas 1 GB. Konfigurasi tersebut cukup mumpuni menjalankan kombinasi sistem operasi Android KitKat dengan MIUI 6. Bahkan beberapa game yang relatif kompleks seperti Asphalt 8 pun bisa dijalankan dengan cukup lancar.

Di sisi lain oleh karena kapasitas RAM-nya hanya 1 GB dan itupun rata-rata hanya tersisa sekitar 400 MB maka waktu loading beberapa aplikasi cenderung lamban, demikian pula ketika melakukan multitasking.

Untuk media penyimpanan Xiaomi Redmi 2 mengusung internal memori dengan kapasitas 8 GB didukung oleh memori eksternal hingga kapasitas 32 GB.


Kesimpulan Ulasan Xiaomi Redmi 2

Cek Harga Xiaomi Redmi 2
Xiaomi Redmi 2
Harga Huawei Ascend Mate 7
Xiaomi Redmi 2


Dengan mempertimbangkan harganya maka performa, fitur serta build quality Xiaomi Redmi 2 secara keseluruhan masih terkategori baik. Beberapa hal seperti minimnya RAM, tingkat kecerahan layar serta kamera depan yang hanya 2 MP memang tidak terlalu menggembirakan. Namun di sisi positifnya dengan harga Rp 1 juta-an Anda sudah bisa memiliki smartphone Android yang sanggup melebihi ekspektasi selama ini.