on

Perbandingan Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C

Di segmen ponsel Android low-end saat ini Lenovo A6000 dan Asus Zenfone C dianggap sebagai dua pilihan terbaik. Keduanya dibanderol di kisaran harga Rp 1,5 juta dan mengusung pendekatan yang berbeda satu sama lain. Zenfone C menjadi penyempurnaan minor dari Zenfone 4 sementara Lenovo A6000 adalah bintang baru Lenovo di segmen bontot.

Perbandingan Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C kali ini bermaksud mengupas perbedaan, kelebihan serta kekurangan masing-masing. Selain itu lewat perbandingan ini tentu harapan akhirnya adalah memudahkan pembaca untuk membuat pilihan di antara keduanya. Untuk itu silakan menyimak perbandingan Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C berikut.

Perbandingan Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C


Perbandingan Desain dan Spesifikasi Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C

Asus Zenfone C masih mempertahankan desain yang sama dengan keluarga Zenfone lain, sekilas kemiripannya dengan Zenfone 4 maupun Zenfone 4S tampak begitu kental. Sekalipun pada bagian tepi pabrikan asal Taiwan ini memilih desain yang rata namun karena cover bagian belakang sedikit mengkurva maka ponsel ini tetap terasa nyaman serta tidak licin dalam genggaman. Sisi negatifnya, dengan bobot mencapai 150 gram ponsel keluaran Asus ini terbilang berat untuk ukuran sebuah ponsel kelas low-end.

Lenovo A6000 sendiri dimensinya lebih besar ketimbang Asus, hal tersebut merupakan konsekuensi dari ukuran layar yang juga lebih lebar dibanding kompetitornya tersebut. Walau demikian dengan desain bezel yang tipis serta bobot hanya 128 gram sudah jelas bahwa ponsel terbaru keluaran Lenovo yang baru saja resmi dijual di Indonesia ini tampak lebih menarik dari sisi desain dibandingkan Asus Zenfone C.

Karenanya meski dari sisi kualitas desain baik Asus Zenfone C maupun Lenovo A6000 sama-sama solid namun dari sisi estetika Lenovo A6000 unggul dan layak menjadi pemenang pada perbandingan poin pertama ini.

Untuk perbandingan layar, keduanya sama-sama menggunakan layar LCD dengan teknologi IPS yang menghasilkan viewing angles luas. Namun meski dari sisi lebar keduanya tak jauh berbeda (4.5 inch vs. 5 inch) tingkat resolusi layar Lenovo A6000 yang 1280 x 720 pixels dengan kepadatan warna 294 ppi jelas tampil superior dibandingkan layar 4.5 inch Asus Zenfone yang resolusinya hanya 480 x 854 pixels dan menghasilkan kepadaran warna 218 ppi. Lagi-lagi Lenovo A6000 muncul sebagai pemenang dalam perbandingan kualitas layar Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C.

Perbandingan Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C

Perbandingan Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C

Pada perbandingan performa kecepatan di atas kertas keduanya tampak tak imbang. Asus Zenfone C mengandalkan prosesor dual core Intel Atom Z2520 dengan kecepatan maksimal 1.2 GHz didampingi oleh RAM berkapasitas 1 GB.
Sementara Lenovo A6000 menggunakan prosesor quad-core berkecepatan 1.2 GHz dari Snapdragon 410 didampingi RAM 1 GB. Keunggulan utama Lenovo dibanding Asus di sektor performa bukan dari sisi kecepatannya, namun justru dari sisi kompabilitas chipset Snapdragon yang lebih baik dibandingkan Intel. Lenovo untuk ketiga kalinya tampil sebagai pemenang untuk poin performa.

Sedangkan di sektor media penyimpanan keduanya sama-sama menyediakan kapasitas memori internal 8 GB. Bedanya jika Lenovo hanya mendukung memori eksternal hingga 32 GB maka Asus mendukung hingga 64 GB itupun masih ditambah 5 GB pada Asus WebStorage yang berlaku seumur hidup. Karenanya wajar jika mengunggulkan Asus Zenfone C untuk poin kapasitas media penyimpanan.

Dalam perbandingan kamera Asus Zenfone C vs. kamera Lenovo A6000 lagi-lagi keunggulan kembali berpihak pada Lenovo. Memang kamera 8 MP milik Lenovo A6000 masih jauh dari harapan sebagaimana pernah kami ulas sebelumnya, namun kualitas kamera Asus Zenfone tetap tak mampu menyamai kualitas kamera sang rival. Bukan nila MP yang menjadi patokan, melainkan hasil kualitas fotonya sendiri. Teknologi Asus PixelMaster yang digembar-gemborkan ternyata tak sedahsyat kampanye pemasarannya, selain hasil fotonya noisy juga warna putih sering cenderung menjadi pink pada foto yang dihasilkan oleh kamera Asus Zenfone seri manapun sejauh ini.

Perbandingan Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C

Perbandingan Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C

Sedangkan di bagian depan Lenovo menempatkan kamera selfie 2 MP dimana Asus hanya memberikan kamera dengan resolusi VGA. Sudah jelas kamera Lenovo A6000 pantas ditampilkan sebagai pemenang dibanding kamera Asus Zenfone C.

Kemenangan kembali diraih oleh Lenovo A600 atas Asus Zenfone C pada perbandingan dukungan kontektivitas dan jaringan. Meski 90% keduanya menawarkan dukungan sama namun keberadaan dukungan jaringan 4G pada Lenovo A6000 tetap harus dipandang sebagai kelebihannya atas Asus Zenfone C terlepas dari fakta bahwa kualitas jaringan 4G di Indonesia masih sebatas dagelan.

Kesimpulan dan Perbandingan Harga Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C

Harga Lenovo A6000 vs. Asus Zenfone C
Lenovo A6000 Asus Zenfone C
Harga Lenovo A6000 Harga Asus Zenfone C
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Harga Lenovo A6000 yang dibanderol resmi Rp 1.5 juta jelas terasa lebih worth ketimbang harga Asus Zenfone C yang beberapa ratus ribu lebih mahal dibanding kompetitornya yang berasal dari Cina tersebut. Satu-satunya poin kemenangan Asus dalam perbandingan Asus Zenfone C vs. Lenovo A6000 adalah pada media penyimpanan, dan itupun kapasitas yang disediakan oleh A6000 juga sudah sangat memadai.

Pada sisi lain kelemahan Lenovo A6000 dibanding Asus Zenfone C justru terletak pada ketersediaannya dimana sampai saat ini hanya dijual lewat sistem flash sale. Memang beberapa retailer baik online maupun tradisional sudah mulai menjualnya, namun dengan banderol yang lebih mahal ketimbang harga resminya. Sedangkan Asus Zenfone C bisa didapat hampir di setiap retailer tradisional maupun online. Tentu pada akhirnya pilihan kembali di tangan Anda sebagai calon konsumen. Jilka tidak berkeberatan dengan penjualan flash sale atau tidak keberatan membayar beberapa ratus ribu lebih mahal dibanding harga resmi maka jelas Lenovo A6000 lebih layak dipilih.