on

Perbandingan Phablet Murah: Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE Blade S6 Plus

Popularitas phablet belakangan ini makin meningkat terutama di kalangan konsumen wanita yang tak berkeberatan terhadap konsekuensi kepraktisan dari layar berukuran besar tersebut. Produsen pun berlomba-lomba mengeksploitasi kecenderungan itu dengan merilis phablet untuk berbagai segmen, Di segmen menengah dua di antaranya adalah Microsoft Lumia 640 XL dan ZTE Blade S6 Plus.

Perbandingan Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE lade S6 Plus kali ini hendak mengupas sekaligus memberi gambaran bagi Anda yang tengah mempertimbangkan untuk membeli phablet di kisaran harga kurang dari Rp 3 juta-an. Keduanya dipilih karena dengan harga relatif terjangkau performa, fitur, serta build quality yang ditawarkan cenderung melebihi ekspektasi mayoritas konsumen.

Perbandingan Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE Blade S6 Plus


Bedah Perbandingan Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE Blade S6 Plus

Baik Microsoft Lumia 640 XL maupun ZTE Blade S6 Plus sebenarnya bukan produk yang dirancang dari nol, sebab keduanya merupakan pengembangan dari versi layar yang lebih kecil. Lumia 640 XL merupakan produk derivatif dari Lumia 640 demikian pula halnya Blade S6 Plus yang berawal dari Blade S6.

Dalam kasus Microsoft, Lumia 640 memang tak menarik banyak perhatian dari konsumen semenjak dirilis namun begitu kembarannya Lumia 640 XL dirilis reaksi konsumen seketika berubah. Phablet terbaru keluaran Microsoft bersistem operasi Windows Phone ini ternyata mendapat apresiasi sangat positif dari calon konsumen.

Pada sisi lain ZTE Blade S6 Plus dan ZTE Blade S6 sudah mengundang demikian banyak kontroversi bahkan sebelum produknya resmi dirilis kala itu. Pasalnya pabrikan asal Cina yang tahun lalu mencatatkan prestasi penjualan luar biasa tersebut dianggap mendompleng popularitas Samsung Galaxy S6 dalam pemilihan nama produknya dan menjiplak iPhone 6 Plus dari sisi desain. Terlepas dari kontroversi itu sendiri baik Blade S6 maupun Blade S6 Plus juga mendapat respon positif dari konsumen seperti halnya Lumia 640 XL.

Latar belakang sebagaimana disebut di atas itulah yang menjadikan kami tertarik untuk memperbandingkan keduanya, apalagi keduanya juga dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda satu sama lain.

Seperti biasa Microsoft Lumia 640 XL membawa ciri khas seri Lumia yang hampir selalu berani dalam menggebrak nilai-nilai konvensional ketika bicara soal desain. Dengan desain yang sama sekali berbeda dari phablet-phablet yang sudah ada selama ini berikut pilihan warna yang lebih hidup sejauh ini seri Lumia mampu mendapat tempat tersendiri di hati pelanggan setianya, tak terkecuali Microsoft Lumia 640 XL.

Dengan mengandalkan layar IPS LCD berukuran 5.7 inch, phablet Windows Phone terbaru ini menawarkan gambar serta warna yang jernih serta tajam dalam resolusi HD 720 x 1280 pixels dan nilai kepadatan warna yang mencapai 259 ppi. Seperti biasa seri Lumia selalu hadir dengan pelapis Corning Gorilla Glass 3 tak peduli segmen yang dibidiknya.

Sementara itu ZTE menggunakan layar dengan teknologi serta tingkat resolusi yang sama dengan Lumia 640 XL untuk Blade S6 Plus hanya saja ukuran layarnya sedikit lebih kecil yaitu 5.5 inch.

Pada perbandingan layar Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE Blade S6 Plus kami cenderung memberikan nilai lebih untuk Lumia karena ukuran layar yang lebih besar serta Corning Gorilla Glass 3. Biasanya memang kami tak menggunakan ukuran layar sebagai patokan dalam menilai, namun dalam kasus phablet pertimbangannya sama sekali berbeda. Sebab siapapun yang membeli phablet sudah pasti menimbang ukuran layar sebagai poin penting terlepas dari konsekuensi kepraktisan yang menyertainya.

Sementara itu untuk perbandingan performa Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE Blade S6 tidak ada perubahan apapun yang dilakukan oleh ZTE untuk Blade S6 Plus jika dibanding dengan Blade S6. Artinya phablet ini sama seperti kembarannya juga mengandalkan chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dengan prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1.7 GHz dan Cortex-A53 berkecepatan 1.0 GHz yang terintegrasi berikut GPU Adreno 405. Untuk mendukung kemampuan multitasking pihak produsen menempatkan RAM dengan kapasitas yang tergolong biasa saja untuk ukuran phablet kelas menengah yaitu 2 GB.

Sedangkan kondisinya menjadi sedikit lebih buruk pada Microsoft Lumia 640 XL karena masih mengandalkan chipset Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 yang sebenarnya merupakan produk tahun lalu dengan prosesor quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1.2 GHz dan GPU Adreno 305 yang terintegrasi. Microsoft kali ini juga tampak pelit dengan memberi RAM yang hanya berkapasitas 1 GB saja.

Tingkat fluiditas sistem operasi Windows Phone memang secara alamiah selalu lebih baik jika dibandingkan sistem operasi Android untuk versi yang lebih lawas dari generasi Lollipop. Demikian pula penggunaan sumber daya pada Windows Phone cenderung lebih efisien dibanding kompetitor yang lebih populer itu. Namun dalam kasus Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE Blade S6 Plus kali ini kondisinya tidak demikian, sebab spesifikasi Blade S6 Plus sudah jauh melampaui Lumia 640 XL. Selain itu Blade S6 Plus semenjak awal juga sudah menjalankan Android Lollipop dimana masalah lag yang sering muncul pada generasi-generasi pendahulunya sudah teratasi dengan baik. Karena itu untuk poin perbandingan performa kami menempatkan ZTE Blade S6 Plus sebagai jawaranya.

Untuk poin perbandingan kamera Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE Blade S6 Plus di atas kertas keduanya sama-sama menawarkan kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP. Dari sisi kualitas foto yang dihasilkan keduanya sama-sama mampu menghasilkan foto dengan kualitas detil yang baik, noise yang wajar serta reproduksi warna yang alamiah. Namun kamera utama ZTE Blade S6 Plus yang menggunakan lensa Sony IMX214 masih mampu menghasilkan kualitas foto yang lebih baik dibanding Microsoft Lumia 640 XL jika hasil keduanya diperbandingkan secara langsung. Lagi-lagi ZTE kembali muncul sebagai pemenang dalam poin perbandingan kualitas kamera.

Lazada Indonesia

Kesimpulan Hasil Perbandingan Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE Blade S6 Plus

Poin lain seperti konektivitas dan dukungan jaringan keduanya berimbang karena sama-sama mendukung dual SIM, 4G LTE demikian pula port-port yang disediakan. Dari sisi harga ZTE Blade S6 Pus memang sedikit lebih mahal dibanding harga Microsoft Lumia 640 XL. Namun karena dalam banyak hal nyatanya phablet Android buatan Cina ini memang lebih unggul maka kondisi itu terasa sangat wajar.

Karena pertimbangan-pertimbangan di atas maka kami memilih ZTE sebagai pilihan yang lebih baik dalam perbandingan Microsoft Lumia 640 XL vs. ZTE Blade S6.