on

Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6

Samsung Galaxy Grand Max yang beberapa bulan lalu resmi dirilis oleh pabrikan asal Korea untuk berkompetisi di kelas menengah harus berhadapan dengan kompetitor yang tak kalah populernya yaitu Asus Zenfone 6. Asus melakukan inovasi yang nyaris sempurna dengan memadukan kualitas tinggi dan harga terjangkau. Pada sisi lain meski Samsung Galaxy Grand Max tak terlalu inovatif namun nama besar Samsung berikut reputasi layanan purna jualnya tak bisa dikesampingkan begitu saja.

Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6 berikut hendak mengupas poin per poin pada kedua ponsel Android kelas menengah tersebut. Banderol keduanya yang tak terlalu berbeda satu sama lain tentu menjadi salah satu faktor yang membuat calon konsumen memperbandingkan satu sama lain sebelum membuat keputusan beli. Berikut adalah perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6:

Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6



Kupas Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6

Dari sisi desain Samsung Galaxy Grand Max sama sekali tak menawarkan inovasi, sebab secara garis besar maupun sampai pada level detil tak banyak perbedaan yang bisa diketemukan jika dibandingkan ponsel Android besutan Samsung lainnya. Dari sisi estetika jelas kondisi ini merupakan fakta negatif, namun dari sisi build quality tetap saja apresiasi layak diberikan kepadanya. Dengan dimensi 146 x 74.8 x 7.9 mm bobot 161 gram berikut material plastik, secara umum ponsel ini masih terasa nyaman sekaligus solid dalam genggaman.

Asus Zenfone 6 pada sisi lain menghadirkan desain yang inovatif sekaligus unik. Bezel dengan desain yang tidak umum serta finishing yang sekilas tampak bak casing berbahan aluminium merupakan poin positif di sektor desain. Dimensi 166.9 x 84.3 x 9.9 mm dan bobot 195 gram membuatnya tampak lebih besar sekaligus berat dibanding Galaxy Grand Max. Hanya saja pihak produsen asal Taiwan tersebut mampu membuatnya sedemikian rupa sehingga secara keseluruhan tampilannya tetap tampak langsing.

Desain tentu berpulang pada selera masing-masing, namun kami memberikan nilai plus untuk Zenfone 6 atas pertimbangan nilai inovasi yang lebih baik jika dibandingkan Galaxy Grand Max. Soal kualitas bagaimanapun keduanya berimbang.

Pada poin perbandingan layar Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6 keduanya kembali berimbang dari sisi kualitas. Kedua pabrikan sama-sama mengandalkan teknologi IPS dan resolusi 720 x 1280 pixels. Perbedaan hanya terletak pada ukuran layar dimana Asus menempatkan layar berukuran 6 inch dan pada sisi lain Samsung pilih menggunakan layar 5.25 inch. Perbedaan tersebut tidaklah terlalu signifikan untuk membuat salah satunya unggul atas yang lain.

Masuk ke poin perbandingan performa. Samsung menggunakan prosesor quad-core berkecepatan 1.2 GHz berikut RAM berkapasitas 1.5 GB. Sementara kapasitas memori internal yang disediakan adalah 16 GB berikut opsi menambahkan memori eksternal hingga kapasitas 64 GB.
Konfigurasi tersebut bertanggung jawab atas mulusnya kinerja sistem operasi Android KitKat dan tampilan antar muka TouchWiz yang bukan rahasia lagi selalu kaya akan animasi dan bloatware. Gejala lag beberapa kali dirasakan kala menjalankan aplikasi kompleks, selain itu tingkat fluiditasnya juga tidak terlalu baik karena memang tampilan antar muka besutan Samsung ini cukup boros dalam menggunakan sumber daya yang ada.

Asus di lain pihak mengandalkan prosesor dual core berkecepatan 2 GHz didampingi oleh RAM 2 GB. Memori internal yang disediakan berkapasitas 16 GB seperti Galaxy Grand Max, demikian pula dukungan memori eksternal hingga kapasitas 64 GB. Asus masih menambahkan lagi free cloud di Asus WebStorage dengan kapasitas 5 GB yang berlaku seumur hidup.
Di atas kertas konfigurasi perangkat kerasnya tak jauh beda dengan Grand Max, dan Zenfone 6 pun standarnya juga menjalankan Android KitKat. Hanya saja karena tampilan antar muka ZenUI tidak terlalu boros sumber daya seperti halnya TouchWiz maka tingkat fluiditas terasa lebih baik pada Asus Zenfone 6 ketimbang Samsung Galaxy Grand Max.

Masuk pada perbandingan fitur kamera Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6, keduanya sama-sama menawarkan kamera utama 13 MP berikut dukungan auto focus, LED flash, geo-tagging, face detection, panorama, dan video recording dengan resolusi 1080p pada 30 fps. Meski di atas kertas keduanya tampak imbang namun pada faktanya hasil foto yang ditampilkan keduanya sangat berbeda. Kamera ponsel Asus dengan teknologi Zen Master memang mampu menangkap objek lebih baik pada malam hari dibandingkan Samsung Galaxy Grand Max. Namun karena foto yang dihasilkan oleh kamera Zenfone lebih grainy dan terkadang tingkat smoothness-nya tidak tampak wajar maka kami memberikan kemenangan untuk Samsung Galaxy Grand Max pada poin perbandingan ini.

Kondisi yang serupa berlaku juga untuk kamera depan dimana Zenfone 6 hanya menawarkan kamera 2 MP sementara Galaxy Grand Max 5 MP. Sekali lagi, nilai MP memang bukan patokan namun dalam kasus ini faktanya kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera sekunder Galaxy Grand Max memang terbukti sedikit lebih baik dibandingkan kamera sekunder milik Zenfone 6.

Lazada Indonesia

Kesimpulan Hasil Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6

Pada perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Asus Zenfone 6 bisa dilihat bahwa dari sisi desain Asus Zenfone 6 jauh lebih menarik ketimbang Galaxy Grand Max, demikian pula performanya sedikit lebih baik. Namun pada sisi lain Galaxy Grand Max unggul di sektor kamera serta performa baterai. Dan pada poin lain keduanya berimbang.

Sulit bagi kami memberi rekomendasi mana yang lebih baik diantara keduanya karena selisih yang begitu tipis. Pada akhirnya Anda sendiri yang menentukan poin mana saja yang Anda anggap penting dan poin mana yang bisa ditolerir.