on

Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. LG G4

Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 merupakan babak baru persaingan dua perusahaan asal Korea itu di industri ponsel kelas high-end. Samsung yang merilis flagship model-nya terlebih dahulu banyak mendapat apresiasi dan respon positif, bahkan Galaxy S6 disebut sebagai smartphone Android terbaik tahun ini. Beberapa kemudian LG memperkenalkan LG G4 dengan klaim sebagai smartphone dengan kamera terbaik di kelasnya.

Identifikasi perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 dalam artikel kali ini tak semata dimaksudkan mencari tahu mana yang lebih baik diantara keduanya. Tujuan dari perbandingan ini lebih dimaksudkan untuk melihat kunci perbedaan antara keduanya sehingga calon konsumen bisa memiliki cukup informasi untuk membuat pertimbangan saat hendak melakukan keputusan beli. Berikut adalah beberapa kunci perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 dalam amatan kami.

Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. LG G4


Kunci Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. LG G4

Dalam beberapa tahun belakangan ini konsumen mempersepsi ada dua fitur penting yang dianggap mewakili kualitas sebuah smartphone yaitu layar dan kamera. Baik Samsung maupun LG sama-sama masih mempertahankan ukuran layar sebagaimana produk mereka di kelas high-end tahun lalu. Meski demikian dari sisi kualitas ada peningkatan cukup signifikan baik pada Samsung Galaxy S6 maupun LG G4.

Layar 5.1 inch pada Galaxy S6 kini mengadopsi resolusi Quad HD 2560 x 1440 pixels dengan teknologi Super AMOLED. Sejauh ini Galaxy S6 adalah yang terbaik dalam pengamatan kami jika bicara soal kualitas layar. Baik dalam hal ketajaman warna, tingkat kontras serta gambar yang lebih tampak hidup. Di sisi lain, tahun lalu LG sukses menempatkan LG G3 sebagai smartphone Android terbaik terutama di sektor layar. Namun jika dibandingkan Galaxy S6 maka layar LG G3 menjadi tampak inferior, warnanya cenderung pudar, demikian pula viewing angles-nya jadi terasa terbatas. Memang lewat LG G4, perusahaan yang juga bermarkas di Korea itu melakukan peningkatan signifikan pada resolusi layar, namun secara umum masih tetap tak mampu menyamai kualitas layar Galaxy S6.

Layar Samsung Galaxy S6 vs. LG G4

Pada poin desain, sebagaimana sudah diketahui bahwa Samsung Galaxy S6 meninggalkan material plastik sama sekali dan beralih ke paduan antara aluminum dan serat kaca. Nuansa premium jelas kental terasa pada generasi terbaru flagship model keluaran Samsung Mobile ini, sirna sudah kritikan yang ditujukan pada Samsung Galaxy seri S di tahun-tahun sebelumnya yang dianggap berkesan murahan.
Di sisi lain LG justru masih mempertahankan material yang sama yaitu plastik. Bedanya selain finishing tampak sempurna juga paduan dengan keramik dan leather terbukti sangat efektif menyingkirkan kesan murahan yang bisa ditimbulkan oleh material plastilk. Tak hanya itu, kualitas leather-nya pun seperti sudah dibahas pada artikel sebelumnya bukanlah sembarangan. Leather pada Motorola Moto X menjadi tampak inferior jika dibandingkan dengan LG G4.

Baik Samsung maupun LG sama-sama all out dalam merancang desain produknya, dari sisi kualitas kami menilainya berimbang. Namun karena LG G4 mampu menghadirkan kesan unik yang tak cukup mampu dihadirkan oleh Galaxy S6 maka secara subjektif kami menganggap bahwa LG G4 unggul atas Samsung Galaxy S6 di poin ini. Lebih-lebih LG masih mempertahankan removable battery serta dukungan micro SD yang tak terdapat pada kompetitor senegaranya itu.


Sementara untuk perbandingan spesifikasi antara Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 di atas kertas keduanya tampak berimbang. Dalam uji benchmark LG G4 memang mencatatkan poin yang kalah jauh dibandingkan Samsung Galaxy S6 maupun HTC One M9. Namun jangan lupa bahwa benchmark tak selalu mencerminkan kondisi di lapangan. Sebab poin tersebut tidak mencerminkan tingkat fluiditas sebuah smartphone. Salah satu contohnya adalah HTC One M8 yang jelas kalah pada uji benchmark dibanding flagship model keluaran tahun ini, namun nyatanya tingkat fluiditas HTC One M8 masih tetap terasa lebih baik dibandingkan HTC One M9, LG G4 atau Samsung Galaxy S6 sekalipun. Karena itu memang perlu uji coba secara langsung jika ingin membandingkan performa dua ponsel berbeda. Sayangnya kondisi ini tak bisa dilakukan di toko saat Anda hendak membeli sebuah smartphone.

Untuk alasan dan pertimbangan tersebut maka kami tidak bisa memberi rekomendasi mana yang lebih baik dari sisi performa antara Samsung Galaxy S6 vs. LG G4.

Di sektor kamera lagi-lagi semenjak diluncurkan Samsung Galaxy S6 langsung mendapatkan apresiasi di sektor ini, bahkan kamera iPhone 6 pun terbukti tak mampu mengungguli. Padahal sebelumnya kamera iPhone selalu dianggap yang terbaik dibandingkan kamera smartphone lain.

Kamera 16 MP pada bagian belakang Galaxy S6 dengan f.19 yang super cepat, image stabilization dan didukung dengan software yang mumpuni memang layak disebut sebagai yang terbaik. Namun itu adalah kondisi sebelum LG merilis LG G4. Sebab kamera LG G4 yang menggunakan f1.8, OIS serta laser autotocus di atas kertas tampaknya cukup mampu melengserkan Galaxy S6 dari singgasananya. Mungkin tak berlebihan jika pihak pabrikan berani mengklaim kamera G4 layak dijadikan kamera kedua bagi profesional di bidang fotografi.

Kamera Samsung Galaxy S6 vs. LG G4

Meski demikian untuk membuktikan klaim tersebut tentu harus diuji dulu keduanya secara langsung. Sayangnya sampai tulisan ini dibuat LG G4 masih belum beredar di Indonesia. Karenanya kami sekali lagi tak hendak memberi penilaian mana yang lebih baik diantara keduanya.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S6 vs. LG G4
Samsung Galaxy S6 LG G4
Harga Samsung Galaxy S6 Harga LG G4
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Kesimpulan Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. LG G4

Pada penelusuran perbedaan Samsung Galaxy S6 vs. LG G4 tampak bahwa di satu sisi Samsung lebih unggul dibanding LG namun pada sisi lain seperti kamera LG G4 memiliki potensi untuk menjungkalkan kompetitor sekelasnya itu. Untuk saat ini sulit untuk menilai mana yang lebih baik, namun jika memang kondisinya di lapangan sama dengan kondisi di atas kertas maka pada akhirnya faktor harga-lah yang bakal menjadi penentu pada perbandingan keduanya.