on

Perbandingan LG G4 vs. HTC One M9

Jangan tergesa-gesa menyingkirkan HTC One M9 dari peta persaingan flagship model di tahun 2015 ini. Memang ubahan yang diusungnya tak banyak berbeda jika dibandingkan One M8, namun bukan berarti One M9 inferior diperhadapkan dengan para kompetitor seperti LG G4. Karena itu pada artikel kali ini kami mencoba mengangkat perbandingan LG G4 vs. HTC One M9 yang tak lain adalah salah satu rivalitas sengit di segmen tertinggi.

Perbandingan LG G4 vs. HTC One M9 memang diprediksi tak bakal sepanas persaingan antara Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6 atau Galaxy S6 vs. LG G4 namun oleh karena masih ada segmen konsumen yang cenderung mempertimbangkan LG G4 dan HTC One M9 maka kami menganggap perbandingan keduanya layak disoroti.

Perbandingan Kualitas LG G4 vs. HTC One M9


Perbandingan Desain & Spesifikasi LG G4 vs. HTC One M9

Ada beberapa kesamaan antara LG G4 dan HTC One M9 mulai dari teknologi layar LCD yang digunakan, chipset yang sama-sama mengandalkan besutan Qualcomm, kapasitas RAM sama-sama 3 GB demikian pula memori internal 32 GB dan keduanya mendukung pula memori eksternal microSD. Kondisi yang sama juga berlaku pada dukungan jaringan serta konektivitas dimana LG G4 dan HTC One M9 menawarkan Wi-Fi, Bluetooth 4.1, GPS, NFC, built-in FM stereo Radio dengan RDS, microUSB port serta IR blaster.

Perbandingan Spesifikasi LG G4 vs. HTC One M9

Silakan menyimak tabel berikut untuk membandingkan spesifikasi LG G4 dan HTC One M9:

Meski ubahan HTC One M9 sangat minimal jika dibanding pendahulunya namun jika diamati dengan cermat terlihat bagaimana pabrikan asal Taiwan itu tak sembarangan kala melakukan beberapa ubahan minor tersebut. Ubahan pada desain misalnya, meski secara keseluruhan modelnya sangat mirip dengan One M8 namun One M9 jauh lebih nyaman digenggam. Demikian pula keputusan HTC untuk meyingkirkan kamera duo sebagai kamera utama karena dianggap gagal di tahun sebelumnya.

Dari sisi kualitas layar, di atas kertas layar Super LCD3 dengan resolusi 1920 x 1080 pixels dan kepadatan warna 441 ppi tak sebanding jika dihadapkan dengan layar Quad HD milik LG G4 yang kepadatan warnanya mencapai 538 ppi. Dalam keseharian perbedaan tersebut memang sedikit terasa namun bukan berarti kualitas layar HTC One M9 tergolong buruk. Nyatanya font berukuran kecil sekalipun bisa terlihat sangat jelas serta tajam pada layar One M9.

Perbandingan Layar LG G4 vs. HTC One M9

Di sektor performa sekalipun sama-sama mengandalkan chipsetQualcomm namun prosesor hexa-core yang terintegrasi pada Snaprdagon 808 dan menjadi andalan LG G4 secara teoritis tak lebih baik dari prosesor octa-core pada Snapdragon 810 yang kini menjadi andalan HTC One M9. Lagi-lagi pada prakteknya perbedaan tersebut tidaklah terasa signifikan. Sama seperti HTC One M8, HTC One M9 adalah salah satu smartphone yang tingkat fluiditasnya sama sekali tidak mengecewakan.

Justru perbedaan antara LG G4 vs. HTC One M9 yang paling signifikan terletak pada fitur kamera. Memang HTC menyadari bahwa duo kamera seperti yang digunakan pada HTC One M8 tak mencapai hasil sebagaimana diharapkan oleh karena itu mereka kembali menggunakan kamera konvensional. Sayangnya pihak pabrikan seperti melewatkan pentingnya fitur OIS yang sudah menjadi keharusan untuk sebuah smartphone kelas high-end.

Perbandingan Kamera LG G4 vs. HTC One M9

Pada sisi lain LG mempertahankan fitur unggulan di tahun sebelumnya yaitu laser autofocus, selain kemampuannya disempurnakan pihak pabrikan pun melakukan revisi signifikan di sektor hardware, seperti penggunaan sensor RGBW dan prosesor terpisah yang selama ini hanya diaplikasikan pada kamera DSLR.

Jika membandingkan kamera LG G4 vs. HTC One M9 maka kentara sekali bahwa flagship model buatan HTC ini menjadi begitu inferior.

Kesimpulan Perbandingan LG G4 vs. HTC One M9

Tak mudah untuk memilih mana yang lebih baik dalam perbandingan LG G4 vs. HTC One M9. Kualitas layar LG G4 lebih baik dibandingkan HTC One M9 sedangkan chipset Snapdragon 810 milik HTC One M9 lebih mumpuni dibanding Snapdragon 808 pada G4. Mengingat kedua hal tersebut lebih merupakan keunggulan di atas kertas maka kami mencoba melihat keunggulan yang manfaatnya bisa dirasakan lebih nyata oleh pengguna. Dalam hal ini adalah kamera, LG G4 bagaimanapun memiliki kamera terbaik diantara smartphone yang ada saat ini dan mungkin hanya kamera Galaxy S6 lah yang layak diperbandingkan dengannya. Atas pertimbangan itulah kami memberi poin plus sebagai poin kemenangan bagi LG G4.