on

Pilih Beats atau BOSE?

Bicara soal smartphone suka atau tidak harus diakui bahwa beberapa aksesoris seperti earphone atau headphone sudah menjadi bagian penting diantaranya. Umumnya memang pabrikan sudah menyertakan sebuah earphone sebagai aksesoris bawaan namun kualitasnya tentulah jauh dari yang diharapkan. Itu sebabnya mereka yang gemar mendengar musik melalui smartphone atau perangkat mobile lainnya pasti akan beralih ke headphone after market.

Saat ini ada dua nama besar di industri audio yaitu Beats dan BOSE. Keduanya pun berkompetisi cukup ketat di pasar headphone dan earphone. Persaingan kedua merek ini begitu klasik dan tak kalah sengit jika dibandingkan persaingan Samsung vs. Apple di industri ponsel atau Nikon vs. Canon di industri kamera. Namun jika Anda harus memilih satu diantaranya, mana yang lebih baik antara Beats dan BOSE?

Perbandingan Beats vs. BOSE


Perbandingan Beats vs. BOSE

Beats by Dr Dre

Bagi sebagian besar konsumen terutama kelompok usia yang lebih muda nama Beats by Dr Dre lebih populer ketimbang BOSE. Saking kuatnya persepsi calon konsumen terhadap merek ini maka seringkali pula calon konsumen yang menghendaki perangkat headset berkualitas prima akan langsung menjatuhkan pilihan kepada Beats by Dr Dre tanpa terlebih dulu membandingkan dengan merek lain.

Bukan salah konsumen sebenarnya, sebab memang Beats bukan saja mampu memproduksi produk berkualitas tingi namun sekaligus pula ahli dalam hal memasarkan serta menjual produk tersebut. Jika bicara soal popularitas memang Beats adalah jagonya, sayangnya popularitas itu kemudian juga dipersepsi sama dengan “terbaik” menurut anggapan konsumen. Padahal sebenarnya tidak selalu demikian.

Dari sisi kualitas memang Beats by Dr Dre sangat layak diapresiasi, dan tak salah jika konsumen menjatuhkan pilihan kepadanya. Hanya saja pada saat yang bersamaan Beats juga cenderung mematok banderolnya terlalu mahal jika dibanding kualitas dan spesifikasi sebenarnya. Dengan harga sama, konsumen bisa mendapat spesifikasi yang lebih tingi dengan kualitas setara dari merek lain.

Selama Anda tak berkeberatan untuk membayar dengan harga lebih mahal maka tentu fakta ini tak menjadi masalah. Sebab seperti sudah disebut Beats by Dr Dre mampu menghadirkan kualitas suara yang bening, mantap dan bahkan mampu memunculkan suara-suara asli dari sebuah lagu yang tak terdengar kala menggunakan headphone biasa.

Perbandingan Beats vs. BOSE

BOSE

Di sisi lain BOSE lebih identik dengan generasi yang usianya lebih mapan. Ada dua faktor penyebab merek ini dipersepsi demikian. Pertama karena BOSE tidak melakukan kampanye pemasaran seagresif dan secedas Beats, dan yang kedua karena desain headphone BOSE cenderung mempertahankan desain klasik dan bukannya desain stylish seperti Beats.

Walau di telinga konsumen awam nama BOSE tidak dianggap semenarik Beats namun justru mayoritas profesional di bidang musik dan audio cenderung menjatuhkan pilihan pada merek ini dibanding kompetitornya.

Kualitas produk BOSE juga sangat layak diberi apresiasi, namun pendekatannya memang berbeda dengan Beats. Jika pada produk Beats Anda memperoleh suara bass yang dramatis maka BOSE cenderung lebih seimbang. Mungkin untuk alasan itu pulalah sebagian besar konsumen segmen usia yang lebih muda menjatuhkan pilhan kepada Beats.

Jadi Mana yang Lebih Baik Antara Beats atau BOSE?


Perbandingan Harga Beats by Dr Dre vs. BOSE
BOSE Beats by Dr Dre
Harga BOSE Harga Beats by Dr Dre
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Selama Anda menggemari suara bass yang dramatis juga popularitas merek merupakan hal penting dalam persepsi Anda maka jelas Beats adalah pilihan yang lebih pas.

Namun jika harus menyebut mana yang lebih baik antara Beats by Dr Dre atau BOSE kami sendiri lebih condong memilih BOSE.