on

Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Xiaomi Mi 4i

Samsung Galaxy Grand Max menghadapi rival kuat setelah dirilisnya Xiaomi Mi 4i beberapa waktu lalu. Seperti pendahulunya Mi 4i langsung mendapatkan respon positif dari konsumen semenjak diumumkan secara resmi. Sebaliknya di lain sisi Galaxy Grand Max unggul dalam citra merek serta layanan purna jual yang lebih kredibel dibanding kompetitornya.

Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Xiaomi Mi 4i bagaimanapun layak diulas sebab kedua ponsel tersebut dibanderol pada kisaran harga yang sama. Meski citra merek dan dukungan layana purna jual Xiaomi tak sebanding dengan Samsung namun penjualan Mi 4i yang langsung habis stoknya hanya dalam waktu 15 detik membuktikan dirinya tetap adalah ancaman bagi merek mapan seperti Samsung. Berikut adalah perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Xiaomi Mi 4i.

Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Xiaomi Mi 4i


Perbandingan Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Max vs. Xiaomi Mi 4i

Mengusung layar berukuran 5 inch dimensi Xiaomi Mi 4i terbilang kompak, sebab tebalnya hanya mencapai 7.8 mm sementara bobotnya pun hanya 130 gram. Namun untuk mempertahankan dimensi tersebut maka pihak produsen tidak menyertakan dukungan memori eksternal pada smartphone Android buatan mereka. Layar yang memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels dan kepadatan warna 441 ppi mampu menghasilkan warna dan gambar yang sangat baik. Lebih-lebih Xiaomi juga mengadopsi layar IPS yang dikenal unggul karena memiliki viewin angles sangat luas.

Dimensi Samsung Galaxy Grand Max juga tak kalah kompaknya, meski bobotnya sedikit lebih berat yaitu 161 gram. Ukuran layarnya memang sedikit lebih lebar yaitu 5.25 inch namun dengan resolusi yang hanya 720 x 1280 pixels maka gambar serta warna yang ditampilkan tampak tertinggal jauh dibanding Mi 4i.

Dari sisi kapasitas baterai Xiaomi memberikan baterai dengan kapasitas lebih besar yaitu 3120 mAh, sementara Samsung hanya memberikan baterai 2500 mAh untuk Galaxy Grand Max.

Di atas kertas spesifikasi Xiaomi Mi 4i memang tampak lebih menjanjikan dibanding spesifikasi Samsung Galaxy Grand Max. Tengok saja misalnya perpaduan prosesor Octa-core 1.7 GHz dan 2 GB RAM pada smartphone Xiaomi terbaru tersebut, padahal Samsung Galaxy Grand Max yang harganya lebih mahal hanya menawarkan prosesor Quad-core 1.2 GHz dan RAM 1.5 GB. Meski demikian pada sisi lain kapasitas penyimpanan Galaxy Grand Max lebih besar karena mendukung memori eksternal hingga kapasitas maksimal 64 GB.

Xiaomi Mi 4i kembali unggul atas Samsung Galaxy Grand Max berkat sistem operasi Android Lollipop dan MiUI 6.0. Samsung Galaxy Grand Max sendiri standarnya masih menggunakan Android KitKat dengan tampilan antar muka TouchWiz.

Sedangkan untuk perbandingan kamera Samsung Galaxy Grand Max vs. Xiaomi Mi 4i keduanya sama-sama menggunakan kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP. Samsung Galaxy Grand Max hanya menggunakan single LED flash sedangkan Xiaomi Mi 4i dual LED flash. Meski di atas kertas tampak imbang namun untuk menentukan mana yang lebih baik perlu diuji secara langsung terlebih dahulu. Sayangnya unit Samsung Galaxy Grand Max hingga saat tulisan ini dibuat belum ada di Indonesia.

Kondisi imbang lagi-lagi ditemukan pada dukungan konektivitas dan jaringan dimana Galaxy Grand Max mendukung jaringan 4G, WiFi direct, WiFi hotspot, Bluetooth 4.0, GPS dengan A-GPS dan GLONASS. Sementara Mi 4i mendukung jaringan pula 4G, GPS dengan A-GPS dan GLONASS, WiFi, WiFi hotspot, serta tentu saja Bluetooth 4.0.

Lazada Indonesia

Kesimpulan Hasil Perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Xiaomi Mi 4i

Dari beberapa poin perbandingan Samsung Galaxy Grand Max vs. Xiaomi Mi 4i di atas tampak bahwa kedua ponsel Android ini sebenarnya setara dalam banyak hal. Memang Galaxy Grand Max dibanderol lebih mahal, namun dukungan purna jual yang didapat oleh konsumen juga lebih terjamin.

Perlu diingat adalah bahwa perbandingan tersebut masih merupakan komparasi di atas kertas, untuk membuktikan langsung mana yang lebih baik masih harus mengunggu Samsung Galaxy Grand Max resmi dijual di Indonesia nantinya.